Asupan Nutrisi Cerpen Berkualitas Dosis Tinggi!

Ok, jadi kemaren itu banyak yang nanya nanya… “kak ini kok cerpen of the month mandek ya dari 2018? we need high quality story to read kak, butuh bacaan seru nih…”.

Jadi bisa dibilang dalam 2 tahunan terakhir Cerpenmu itu seakan mati suri, kiriman cerpen sih masih luar biasa banyaknya, moderasi tetep jalan, halaman cerpen pilihan masih tetep ke-update, hanya daya moderasi kita berkurang drastis yang membuat kita jadi kesulitan menentukan Cerpen of The Month… Penurunan daya moderasi ini lebih karena Cerpenmu harus melepas sebagian moderatornya mengingat dalam beberapa tahun terakhir ini bisa dibilang Cerpenmu mengalami masa masa sulit, ya begitulah dilema mengelola situs yang tidak diorientasikan ke arah komersil selama lebih dari 8 tahun, kalau bukan karena cinta cinta banget, situs ini mungkin sudah gak ada… hehee

Mohon do’anya agar kita bisa tetap diberikan “kesehatan” selama mengelola Cerpenmu kedepannya, di 2018 kak mimin sempet sakit berberapa bulan dan waktu itu imbasnya besar banget… kita gak berharap hal itu sampai terjadi lagi. Kita gak mau kalau sampai Cerpenmu hilang dan terlupakan, masih banyak hal yang ingin kita wujudkan melalui situs ini!

Fiiiuuuuh…
Tanpa berlama lama lagi, sekarang kita akan mulai mereview kembali cerpen cerpen yang menjadi Kandidat Cerpen of The Month dari sejak bulan Mei 2018 hingga Februari 2020, meski daya moderasi Cerpenmu menurun drastis dalam beberapa tahun terakhir ini, tetap saja kalau ditotal seperti ini jadinya buaanyak juga, karena kondisi yang abnormal ini kita jadinya gak akan menentukan Jawara Cerpen of The Month di setiap bulan, namun kita akan mengumumkan 9 Cerpen terbaik yang dipublikasikan di periode ini beserta semua kandidat Cerpen of The Month di setiap bulan, ok then, let’s begin!

Dari ribuan cerpen yang dimoderasi selama periode ini, diputuskan total ada sekitar 70an cerpen yang menjadi “Kandidat Cerpen of The Month”, jumlah ini bisa dibilang cukup sedikit, bahkan sedikit sekali menimbang ini merupakan periode selama 20 bulan lebih, dalam kondisi moderasi normal biasanya kita bisa mendapatkan Cerpen dengan standard kualitas Kandidat Cerpen of The Month sekitar 120 – 150an dalam periode yang sama.

Dari sekitar 70an cepen yang ditetapkan sebagai Kandidat Cerpen of The Month tersebut ada juga beberapa cerpen yang masih berstatus cerita bersambung yang belum selesai, namun kita sudah memberikan perhatian lebih terhadap cerpen tersebut dan menempatkannya ke dalam Kandidat Cerpen of The Month, karena memiliki kualitas dan keunikan cerita yang istimewa, kita ambil contoh seperti cerpen karangan Lily N yang berjudul Grandfather rules. Cerpen ini apabila di part part selanjutnya mampu mempertahankan konsistensi kualitas ceritanya maka potensinya akan sangat besar untuk menyeruak masuk ke dalam jajaran Jawara Cerpen of The Month di kemudian hari.

Cerpen cerpen yang masuk dalam jajaran Kandidat Cerpen of The Month masih didominasi cerpen bergenre Cinta, keluarga, kehidupan, fantasi, motivasi, komedi, hingga cerpen islami yang anti mainstream tentunya…

Langsung saja…

1. Jawara Cerpen pertama kita jatuh kepada cerpen karya Jennifer Dwicahyani yang berjudul Bahagia dalam Kesendirian, ini tipikal cerpen motivasi yang secara khusus diperuntukan bagi adik adik kakak yang mungkin lagi patah hati, cocok banget biar gak ngedown, “galaunya jangan kelamaan ya!”. Karena kebahagiaan itu bersumber dari dalam diri kita sendiri, jangan titipkan kebahagiaanmu di tangan orang lain… Eeeaaaaa…

2. Jawara kedua kita jatuh kepada cerpen karya Pradipta Alamsah Reksaputra yang berjudul Jalan Nur Rahmi. Ya dia lagi dia lagi!, ga asing ya namanya?, dari sejak 2017 namanya sering wara wiri di jajaran kandidat Cerpen of The Month, dan sempat menjadi Jawara juga di periode Mei 2017, so, secara kualitas, cerpen cerpen yang mampu dia telurkan sudah tidak diragukan lagi… kali ini cerpen yang dia bawakan gak akan bikin kamu sampai bercucuran air mata sih, melainkan lebih ke memberikan inspirasi bagi kita para pembaca dalam melihat orang lain dari sudut pandang yang berbeda, sebuah kisah ringan tentang kehidupan namun bermakna banget!.

3. Cia dan Pia Mau Beli PS4 karya Azizah Nurul, merupakan Jawara ke-3 yang kita pilih dan juga merupakan satu satunya cerpen bergenre komedi gokil! yang kita putuskan menjadi jawara, dari awal baca cerpen ini sampai akhir perut kakak udah berasa “dikocok” tanpa henti… entah karena sense of humor kakak juga yang aga berlebih atau gimana. Yang pasti kalau baca cerpen model gini, lepasin itu semua logika, soalnya logika kalian gak akan ada yang masuk ahahahaa. Asli lah ini cerpen buat refreshing asik banget…

4. Next, cerpen Live a Life karya Charissa E sebagai Jawara Ke-4. Di cerpenmu ini sebenernya jarang banget ada penulis ngangkat cerita bergenre fantasy thriller kayak gini, jadi ketika kita nemu cerpen bergenre ini biasanya bakal narik perhatian banget, bayangan ceritanya udah kaya di film film anime atau film aksi holywood dengan ide cerita yang cukup fresh, kita bakal dikenalkan dengan istilah istilah seperti Mutageners, Phoenixmetal dan lain lain, so… ni cerita seru!.
Untuk sebuah genre yang bisanya didominasi oleh penulis cowok, Charissa membuktikan bahwa cewek pun ternyata ga kalah,~ eh bentar… Charissa ini beneran cewek kan ya? Soalnya salah satu top author cerpenmu yang namanya Listya yang dulu kakak pikir dia cewek nyatanya cowok tulen donk… nama bisa menipu! jangan jangan kakak salah lagi… ~_~,

5. Setelah Fantasi dan komedi, selanjutnya kita akan ajak kamu buat terharu bareng bareng setelah membaca cerpen karangan Polar Bear aka. Siti Aisyah yang berjudul Penyesalan Seorang Ayah, judulnya mainstream banget ya… tapi isi ceritanya engga! ^_^ ini merupakan salah satu cerpen keluarga yang secara alur cerita dan konflik batinnya “ngena” banget lah, sebuah cerita yang menggambarkan betapa besarnya rasa sayang seorang ayah kepada anaknya, sehingga bersedia mengorbankan apapun bahkan nyawanya sendiri, oooh… love u dad!.

6. Ngomong ngomong soal cerita fiksi/fantasi penulis yang bakal kakak sebutin sebagai jawara ke-6 ini sudah menjadi “Legend” di Cerpenmu, seorang penulis cerpen fiksi “Brilliant” yang kalo dia sampai bikin buku kakak pasti bakal beli!!!, ada yang punya banyangan dia siapa? Ya… Aliffiandika, seorang penulis yang tiap kali mempublikasikan karya hampir pasti masuk jajaran Kandidat Cerpen of The Month, namun belum pernah jadi jawara sekalipun karena dia Apes!!!, ya apes lah, soalnya cerpen cerpennya seringkali dipublikasikan berbarengan di periode bulan yang sama dengan kemunculan para penulis penulis “kawakan” Cerpenmu lainnya, alhasil tiap kali dia dan “mereka” muncul di suatu bulan, hampir pasti bakal bikin Mimin dilema dalam menentukan siapa Jawaranya!. Cerpennya kali ini berjudul: Dunia Dalam Tengkorak, dan seperti biasa… yang ada di pikiran kita setelah selesai baca cerpen ini “kok bisa ya ni orang punya ide cerita segila dan sekeren ini!?”

7. Gak lengkap rasanya kalau dari kesembilan jawara yang ada, tidak menyertakan satupun cerpen bergenre Cinta, sementara genre ini di Cerpenmu begitu mendominasi sekali!, ada satu cerpen Cinta yang menarik perhatian kita banget dari sejak part pertamanya keluar dan dipublikasikan di periode April 2017, Cerpen ini bahkan sudah dinyatakan sebagai Jawara Cerpen of The Month saat itu, padahal saat itu cerpen ini baru keluar sampai Part 2!. Part 3, 4 dan 5 dari cerpen ini dipublikasikan di periode bulan April 2019 dan si penulis nampaknya mampu mempertahankan konsistensi kualitas ceritanya, baca cerita ini dari awal sampai akhir dan… uughh… kalian pasti bakal kebawa geregetan!. Ya cerpen berjudul The Crazy Boy karya Herlisa Cikis kembali kita angkat ke permukaan sebagai salah satu jawara di Cerpenmu. Kalau mau baca dari Part 1, klik halaman penulisnya ya!

8. Jawara selanjutnya di posisi ke-8, ~ hhhaaaaaaaah ~ kakak perlu sedikit menarik napas panjang terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke sebuah cerita pendek yang sudah sukses meremas remas perasaan dan emosi, sebuah kisah menyentuh sekaligus membawa pesan moral yang luar biasa untuk kita agar tetap selalu berusaha berbuat baik dalam kondisi apapun, cerpen yang kakak maksud merupakan cerpen karya Nugibara yang berjudul Bulan Yang Merangkul Malam, ini mungkin merupakan salah satu cerpen inspiratif sekaligus mengharukan terbaik yang pernah ada di Cerpenmu, dari 1000 cerpen yang kita moderasi belum tentu nemu 1 cerpen model ini.

9. Cerpen terakhir, namun juga tidak kalah kualitasnya dengan para Jawara yang lain, adalah sebuah cerita karya Gany Fitriani yang berjudul Aku Tidak Terlambat Mencintaimu, ini tipikal cerita yang klimaksnya nendang banget! Dan buat yang suka baperan baca cerita cinta sedih, jangan lupa siapin tisue! ^_^ karena dijamin!, semakin mendekati klimaks cerita, perasaan kalian akan semakin diaduk aduk sama penulis…

Yah demikianlah kesembilan jawara kita untuk periode moderasi Mei 2018 sampai Februari 2020… Semoga bisa sedikit menuntaskan dahaga penantian kalian akan pilihan cerpen cerpen berkualitas di Cerpenmu!

Oya, disini kakak ingin sekalian mengumumkan juga, kita berencana ingin memberikan apresiasi lebih kepada semua penulis yang Cerpennya pernah dinobatkan sebagai Jawara Cerpen of The Month, kesembilan penulis yang kakak sebutkan diatas juga termasuk ya!. Jadi kita ada rencana kedepan untuk membuat sebuah halaman apresiasi khusus yang namanya Author Masterpieces untuk mempromosikan karya karya kalian, apabila kalian memiliki karya komersil dalam bentuk buku cetak atau digital yang ingin kalian jual, kalian bisa memanfaatkan Cerpenmu sebagai media promosi kalian.

Para penulis yang karyanya pernah dinobatkan sebagai Jawara Cerpen of The Month kita anggap telah memiliki “value” yang layak untuk kita berikan “pijakan” untuk melangkah lebih tinggi, disamping itu di Cerpenmu ini kalian tentunya dianggap telah memiliki kredibilitas yang baik di mata para pembaca, itu juga akan menjadi salah satu nilai unggul kalian. Kita tidak membatasi penerbit yang kalian gunakan, kita membebaskan itu, namun yang perlu ditekankan, disini kita hanya membantu “mempromosikan” bukan menjualkan! dan kita tidak akan meminta sepeserpun dari kalian.

Hubungi Moderator N apabila ingin memanfaatkan fasilitas ini. Setiap Jawara Cerpen of The Month masing masing akan mendapatkan jatah untuk mempromosikan 1 karya komersil kalian di Cerpenmu, kecuali bagi penulis yang dinobatkan sebagai Jawara lebih dari sekali, tentunya akan mendapatkan jatah lebih… Dan karya komersil yang bisa dipromosikan harus merupakan karya tunggal kalian, jadi bukan merupakan tipe karya “kolaborasi” dengan penulis lain.

Dan satu lagi kabar gembira, untuk semua penulis Cerpenmu yang cerpennya pernah masuk Kandidat Cerpen of The Month, ya Kandidat!, jadi bukan hanya Jawara saja, semua kandidat akan memiliki kesempatan karyanya dipilih untuk di-buku-kan. “kenapa tidak hanya jawaranya saja yang dibukukan?” karena nyatanya banyak Kandidat Cerpen of The Month yang memiliki kualitas cerita yang gak kalah bagusnya dari para Jawaranya itu sendiri. Cerpenmu sudah mencetak buku pertama, dan akan segera kita rilis… Gratis! (Non Komersil), stay tune pokoknya!.

buku cerpenmu

Kita baru menjajaki dunia percetakan, begitu kita mulai mampu mencetak buku dengan standard dan kualitas yang sesuai harapan, baru kita akan mulai melangkah ke pembuatan buku Cerpenmu semi-komersil, untuk buku semi-komersil nantinya tentu akan mulai ada sistem royalti bagi penulis yang cerpennya terpilih, semoga bisa terwujud ya!.

Tujuan utama kita membukukan karya karya istimewa adalah untuk MENGABADIKAN! karya kalian, agar karya karya kalian nantinya bisa dinikmati oleh lebih banyak pembaca di luar sana, diwariskan ke anak cucu… Because your story is your precious legacy… Karena ceritamu adalah hartamu yang sangat berharga!

Kita sadar kalau 2 impian terbesar dari seorang penulis adalah melihat karyanya diterbitkan dalam bentuk cetak (dibukukan) dan dibuat film, ada beberapa karya penulis Cerpenmu yang sudah diwujudkan kedalam bentuk film pendek yang bisa kamu temukan di halaman Film Cerpenmu, namun sebelum sebelumnya Cerpenmu belum pernah mencetak satu buku pun, karenanya melalui situs sederhana kita ini, kita coba mewujudkan impian para penulis Cerpenmu yang belum terwujud itu… Semoga semua bisa berjalan lancar.

“Udah selesai ya?”
Belum!!!

Karena kita punya kebiasaan untuk mempublikasikan juga para Kandidat Cerpen of The Month, maka disini kita akan rilis juga seluruh kandidat Cerpen of The Month untuk periode Mei 2018 sampai Februari 2020, 78 cerpen yang kita urutkan di bawah ini merupakan karya karya cerpen berkualitas yang tidak kalah dengan para jawara di atas, mereka penulis penulis yang gak kalah istimewanya!.

Akhir kata… selamat menikmati karya karya berkualitas dari para penulis terbaik Cerpenmu, semoga karya karya mereka bisa mewarnai hari harimu!

Kandidat Cerpen of The Month Februari 2020

Ibu (Part 1) | Oleh: Polar Bear
Berujung Luka | Oleh: Sheila Zar
Friend Forever | Oleh: Kristina Dewi

Kandidat Cerpen of The Month Januari 2020

Camelia Putih | Oleh: Rin Aimee
Mr. Outside | Oleh: Anita Della
Love Yourself | Oleh: Ulan Albaar
Grandfather Rules | Oleh: Lily N

Kandidat Cerpen of The Month Desember 2019

Rain After Sunset | Oleh: Nurillaiyah
When You’re Gone (Part 1) | Oleh: Iga Selvani
Gramaphone yang Bernama “Indonesia” | Oleh: Farhan Anas
Titik Buta | Oleh: MGal
Wanita Di Bawah Hujah | Oleh: Polar Bear

Kandidat Cerpen of The Month November 2019

Ksatria Subuhku | Oleh: Reza Nurseptiani
Aku Tidak Terlambat Mencintaimu | Oleh: Gany Fitriani

Kandidat Cerpen of The Month Oktober 2019

Tuhan, Aku Lelah! | Oleh: Ika Septi
Cinta Yang Tak Pernah Padam | Oleh: ResMul
Berhijab Dalam Penantian | Oleh: Abdul Rosyid
Pesugihan | Oleh: Achmad Soefandi
Keluarga dan Arti | Oleh: Nisrina Delia Rosa

Kandidat Cerpen of The Month September 2019

Aline Dan Ceritanya (Part 1) | Oleh: Atikah Nabila
Luka Lisa Lusa Lalu | Oleh: Elsa Rahmi
The Greatest Fear | Oleh: Harni Haryati

Kandidat Cerpen of The Month Agustus 2019

Cahaya di Ujung Sana | Oleh: Creafids
The Gap | Oleh: Mee_Ayam
Setengah Jam di Pulau Tanpa Nama | Oleh: Rosa D S

Kandidat Cerpen of The Month Juli 2019

Masih, Kamu (Part 1) | Oleh: Desy
Sebatang Lilin Kehidupan | Oleh: Nugibara
Sahabat Sejati | Oleh: Nugibara
Jangan Biarkan | Oleh: Fiznyraya

Kandidat Cerpen of The Month Juni 2019

Bulan Yang Merangkul Malam | Oleh: Nugibara
Melihat Bulan Menggantikan Sunset | Oleh: Nugibara
Gaun dan Sebatang Coklat | Oleh: Nathania Christabel. G
Unexpected | Oleh: Rany Chairunnissa

Kandidat Cerpen of The Month Mei 2019

Punk’s Not Dead | Oleh: Ika Septi
Step Mother | Oleh: Anggun Septa Devita Sary

Kandidat Cerpen of The Month April 2019

The Crazy Boy (Part 5) Special | Oleh: Herlisa Cikis
The Crazy Boy (Part 4) | Oleh: Herlisa Cikis
Cincin Berlian | Oleh: Naura Rafifa
The Crazy Boy (Part 3) | Oleh: Herlisa Cikis
Sepucuk Surat Buat Ayah | Oleh: Riski Surya Romadhon
Dasar! | Oleh: Choco Haya
Dunia Dalam Tengkorak | Oleh: Aliffiandika

Kandidat Cerpen of The Month Maret 2019

Jendral Ketumpahan Kopi | Oleh: Abyan Rai
Confetti | Oleh: Ika Septi
Siapa Pemiliknya? | Oleh: Annisa Larasati
The Enemy | Oleh: Warnengsih

Kandidat Cerpen of The Month Februari 2019

Penyesalan Seorang Ayah | Oleh: Polar Bear
Sugar Boy | Oleh: Permaisita Tiaras

Kandidat Cerpen of The Month Januari 2019

Karena Jerawat | Oleh: Nanda Insadani
Saraf Dan Kebohongan | Oleh: Reza Putra Nugraha
The Quirky Life Of Beang | Oleh: Mella Amelia
Rantai Kenangan | Oleh: Adz Dzahabi

Kandidat Cerpen of The Month Desember 2018

Kandidat Cerpen of The Month November 2018

Magang | Oleh: Jene Pradana Wisanggeni
Suara | Oleh: Syifa Fadhilah
You Can Be a King Again | Oleh: Charissa E
My Secret Identity | Oleh: Hening Winda
Best Partner-in-Crime | Oleh: Charissa E

Kandidat Cerpen of The Month Oktober 2018

Mentari Penggantiku | Oleh: Luthviyah Choirotul Muhimmah
Mata Pisau (Part 1) | Oleh: Diar Abinuanto
Dermaga Tania | Oleh: Faisal Firmansyah
Hidup Sampah | Oleh: Hafizh Pragitya

Kandidat Cerpen of The Month September 2018

Live a Life (Part 1) | Oleh: Charissa E
Cia dan Pia Mau Beli PS4 | Oleh: Azizah Nurul

Kandidat Cerpen of The Month Agustus 2018

Dari Rahim Yang Sama | Oleh: Fuad Muba
Mimpi | Oleh: Ririn Rizeela
Derita Di Penghujung Usia | Oleh: Nuriah Muyassaroh
Dentingan Piano Adelia | Oleh: Ayu Pratiwi
Hitam Penyesalan | Oleh: Abyan Rai
Pulang Malam | Oleh: Dany Danger
Purnama Merah | Oleh: Alfiah Sundara

Kandidat Cerpen of The Month Juli 2018

Peri Cinta Via | Oleh: Feni Rahmi
Tubuhmu Membiru | Oleh: Tina Wiarsih
Papa Mama Ajari Aku Cara Membenci Tuhan | Oleh: Dian Anantara
Jalan Nur Rahmi | Oleh: Pradipta Alamsah Reksaputra

Kandidat Cerpen of The Month Juni 2018

Suci, Hidup Tak Selayak Nama | Oleh: Yosnalita
Dunia di Balik Dinding | Oleh: Devian Amilla
Sahabat Sejati | Oleh: Listya Adinugroho
Bahagia dalam Kesendirian | Oleh: Jennifer Dwicahyani

Kandidat Cerpen of The Month Mei 2018

Neo Age (Part 2) | Oleh: Mustolih Senja
When Love Comes Involuntary | Oleh: Aldi Murti Firdaus
Impian dalam Karantina | Oleh: Nurul Anggraini

Google+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *