Liburan Seru Ke Desa

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Liburan
Lolos moderasi pada: 25 March 2017

Namanya Alivura Puteri Pratama Furryo Jackson. Akrabnya dipanggil Ivura. Seperti namanya, ia putri pertama dari pasangan Furry dan Ryo. Anaknya cantik, putih, pintar lagi, kaya, rambutnya saangaat hitam sepunggung, dan sebagainya. Ivura kelas 5-A2 sekolah dasar International Girls Elementary School (IGES). Ivura adalah blasteran Inggris-Indonesia. Dadnya namanya Ryo Jackson (Dadnya yang orangtuanya asli Inggris) dan momnya bernama Furrysta Asivana. Ia mempunyai impian, yaitu pergi ke desa tempat kemenakan perempuannya, Virfa yang masih umur 2 tahun. Ia juga ingin melihat gunung-gunung yang dikelilingi awan atau kabut yang indah, hamparan sawah yang luas, air sungai yang jernih, sejuknya dan bersihnya udara, dan yang lain. Maklum guys, Ivura tinggal di kota dan waktu liburan ia dan keluarga besar dari dad ke Inggris menjenguk grandpa Nick dan grandma Licey yang tinggalnya di salah satu kota di Inggris.

Ujian kenaikan kelas sudah siap. Hari ini adalah Jumat, besok sabtu yang bertepatan penerimaan hasil belajar siswa (Rapor). Ivura menatap kekalender di kamar. “Wah!! besok penerimaan rapot, kali ini… Mungkin liburannya ke desa, semoga…,” gumam pelan Ivura. “Permisi non Ivura! makan malam siap,” ucap seseorang wanita berkepala 3 yang tiba-tiba di kamar Ivura. Itu Asisten rumah tangga keluarga Ivura, namanya Mbok Darnia. “Baik, mbok! aku segera ke dapur…!” Jawab Ivura. Ivura bergegas ke dapur. Sesampainya, ia duduk di salah satu kursi makan yang berada di dapur. Menu hari ini Steak, omelet bayam, ayam krispi, jus mangga meises warna-warni, dan makanan pencuci mulut buah-buahan dan es krim bubble gum, euhm yummy!!

“Mom, dad, kita liburan kemana nanti?” tanya Ivura disela-sela makan. “Kami masih merahasiakannya dari kamu, Iv. Tapi, kita menginap selama setengah bulan,” jawab Furry. “Kapan berangkat, mom?” tanya Ivura, lalu menyeruput jus mangganya yang dingin. “Lusa, jam delapan!” jawab Ryo. Usai makan, Ivura ke kamar dan beres-beres atau Packing-packing. Hari makin larut, Ivura sikat gigi, mengganti pakaian dengan piyama, lalu tidur. Zzz…

Wake Up!! Wake Up!! bunyi jam beker milik Ivura. Ivura terbangun dengan mata setengah terpejam. “Hoam!!!” uap Ivura seraya mematikan jam bekernya. Setelah matanya 100% terbuka, ia segera mandi. Kan hari ini penerimaan rapor, jadi boleh memakai pakaian bebas. Ivura memakai baju kaus lengan pendek merah, celana kodok jeans biru dari dada kesemata kaki. Jam tangan, kaus kaki putih, sepatu hitam, dan rambutnya dikepang 1 dan diberi bando bergambar buah stroberi. Ia lalu menuju meja makan. “Good morning my mom and dad!!” sapa Ivura seraya duduk di salah satu kursi makan. “Morning honey!!” sapa mereka serempak. Mbok Darnia dan mbok Tias (ART keluarga Ivura juga) menyiapkan menu sarapan hari ini yaitu bubur ayam dan buah-buahan. Minumannya, kalau Ivura susu stroberi kesukaannya, Furry dan Ryo cokelat panas yang diberi Marsmellow. Usai sarapan, mereka berangkat ke sekolah dengan mobil pribadi Ryo. Karena jarak sekolah dengan rumah Ivura memang jauh. Sesampainya, Ryo memarkirkan mobilnya di depan halaman sekolah. Ivura langsung turun dan menuju kelasnya. Di kelas, ia melihat 2 sahabatnya, Narna dan Merty sedang mengobrol. “Good morning, Nar, Mer!!”sapa Ivura seraya ikut gabung mengobrol. “Morning juga, Iv!!” sapa mereka kompak. “Eh, Iv, kamu liburan ke mana? aku keBali tempat kakakku kerja,” kata Narna. “Kalau aku ke pantai pangandaran nginep di sana 5 hari!” seru Merty. “Aku masih dirahasiakan,” jawab Ivura. “Semoga ke desa tempat impianmu, ya Iv…,” doa Merty. “Semoga,” gumam Ivura.

Ting, ting, ting… bunyi bel masuk. Seluruh siswa baris di halaman depan sekolah. Mr. Hendy, kepala sekolah IGES, memberi kata sambutan. Menit demi menit, pengumuman juara kelas. Saatnya kelas Ivura, Merty, dan Narna. “Peringkat 5 jatuh kepada Ananda Mertykana Sarida!! Peringkat 4 jatuh kepada Narnasya Futry!! Peringkat 3 jatuh kepada Ilsya Fitrianingsih!! Peringkat 2 jatuh kepada Safitry Frasica!! dan peringkat 1 jatuh kepada, ALIVURA PUTERI PRATAMA FURRYO JACKSON!!!” Seru Mr. Hendy dengan Mik. Ivura senang sekali!ia semester 2 mendapat peringkat 3. Furry mengambil rapot Ivura yang wali kelasnya Mrs. Naumy. Usai mengambil rapor, mereka pulang.

Wake Up!! Wake Up!! seperti biasa, jam beker Ivura berbunyi pukul 6.00 WIB. Ivura bangun, kali ini matanya melek 100% full. Ivura mematikan jam bekernya. Ia bergegas mandi. “Oya hari ini, kan aku mau ke suatu tempat yang dirahasiakan mom and dad!” ujar Ivura. Ivura mengenakan kaus lengan pendek putih, rok jeans sepaha, stoking warna putih, mantel yang dipadati bulu-bulu biru lembut, jam tangan, sepatu pergi mirip sepatu balet warna ungu berhias bunga tulip, jam tangan, dan rambutnya digerai dan diberi bandana. Lalu ia membawa 2 tas ke bagasi mobil. Kebetulan di bagasi mobil ada Ryo yang memasukkan barang-barang kemobil. Ryo juga memasukkan barang Ivura. Lalu mereka sarapan. Mbok Darnia dan Mbok Tias diliburkan, tetapi gajinya tetap seperti biasa. Usai sarapan, Furry mengunci semua pintu dan jendela, lalu berangkat. Ting tung! bunyi smartphone Ivura. Ivura mengecek smartphonenya. Rupanya itu kakak sepupunya, kak Merfa. Isinya:

Semoga sampai tujuan!!

Ivura heran, kaget, bingung, campuraduk. ‘Kok, kak Merfa tahu aku di perjalanan?’ batin Ivura. “Kenapa sayang?” tanya Furry melihat puterinya terheran-heran. “Eh, nggak papa, mom!” jawab Ivura. Ivura tak peduli. Ia mendapat Sms dari kak Zellifta, anak dari kakak Ryo sekaligus ibu Virfa. Isinya:

Kami tunggu di sini!!

Ivura tak mau ambil pusing. Ia memainkan game balet favoritnya di smartphone. Kantuk mulai menyerang Ivura. Ivura mematikan smartphonenya. “Mom, aku tidur dulu, ngantuk!” izin Ivura. “Iya sayang, masih jauh soalnya…,” ucap Furry. Ivura segera tidur.

“Iv, Iv, bangun sudah nyampe!!!” seru Furry. Ivura bangun. “Hah!!” seru Ivura setengah kaget dan senang, juga setengah heran. Senangnya, ia rupanya ke desa tempat kak Zellifta tinggal. Herannya lagi, ia berhenti di rumah berdinding bercat putih yang kosong melompong, seperti ditinggal oleh pemiliknya!

Ivura segera masuk, dan… “Happy brithday Ivura!!!” seru orang didalam rumah itu. “Wah!!” seru Ivura terharu. Ia lupa bahwa hari ini ia ultah ke-12 tahun. Sepupu sebayanya, Axevia memberikan kue ultah stroberi favorit Ivura bertingkat 3! “Happy Brithday Ivura!! Happy brithday Ivura, happy brithday, happy brithday, happy brithday Alivura Puteri Pratama Furryo Jackson!!!” mereka menyanyi buat Ivura. Ivura meniup lilinnya. Ivura diberi banyak hadiah oleh sanak saudaranya. Rupanya semua berkumpul di desa!

‘Liburan kali ini mengasyikkan!!’ batin Ivura. Mereka jalan-jalan ke antara sawah-sawah, melihat sunset di balik gunung, mandi diair sungai yang masih jernih, menikmati udara segar, keair terjun, dan masih banyak lagi! Ivura juga memfoto tempat-tempat ia kunjungi. Ia juga liburan ke luar desa, ke candi borobudur, candi prambanan, kebun binatang, dan masih banyak lagi.

Ivura sudah di rumahnya. Ia masih mengingat kejadian didesa. Pada pertama sekolah, kelas Ivura disuruh membuat karangan pada saat liburan. Ini isi punya Ivura:

Liburan ke Desa
Karya: Alivura Puteri Pratama F. J. (Ivura)
Kemarin aku liburan kedesa, tempat dimana kemenakan perempuanku, Virfa tinggal. Aku di sana berjalan-jalan ke sawah, melihat gunung yang biasa kulihat hanya di gambar, mandi di sungai yang airnya jerniih sekali dan dingin. Di sana kami juga menangkap ikan. Kami juga melihat dan berfoto di Air terjun. Kami juga ke candi borobudur, candi prambanan, kebun binatang, dll. Walaupun di desa belum secanggih kota, tapi disana suasananya nyaman, asri. Tidak seperti kota! Aku rasanya betah di desa. Semoga liburan nanti aku kedesa sama Mom, dad, grandpa Nick, grandma Licey, sepupu Axevia, kak Merfa, kak Zellifta, George, Joshes, Nernita, Rihanna, Ruby, Jeremy, Bob, Stuart, Halsyiah, bang Dhenio (suami kak Zellifta), Tante Lianty, tante Serenity, om Jordan, om Zerro, tante Alicie, tante Resfy, Om Rianto, om Leonard, dan kemenakan perempuanku tercinta: Livirfa Sarinyta Terryzka Pratiwi Jackson. Pengalaman yang takkan kulupa seumur hidupku!!

“Makasih tuhan, mengabulkan impianku!!semoga aku liburan nanti kedesa lagi, amin!!” doa Ivura. Oya!! Karangan Ivura dapat nilai 99,5!

Cerpen Karangan: Alyaniza Nur Adelawina
Facebook: Alya Aniza

Cerpen Liburan Seru Ke Desa merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Sahabat Gak Pernah Ketemu

Oleh:
Temenku yang satu ini setengah feminim dan setengah tomboy persis kayak aku. Oh ya hampir aja lupa namanya Dhita, emang dia agak manja tapi aku senang punya temen kayak

Misteri Tempat Minum

Oleh:
Tommy dan Tisha melangkah ke tempat duduk mereka, Tommy dan Tisha adalah anak kembar, mereka sangat identik. Saat Tommy dan Tisha menaruh tempat minum mereka, seluruh anak kelas IIIC

Bakat Lisa

Oleh:
“Lis, kamu tuh nggak pantas sekolah di sini. Di sini tuh sekolah anak mahal!” Ejek Liara anak paling sombong di sekolah Bangsa Nasional, dia mengejek Lisa Melisa. “Iya, nggak

Lolo Si Anak Serakah

Oleh:
Pada suatu hari di sebuah sekolah yaitu SDN HUTAN 1, ada anak yang sangat serakah, anak itu bernama Lolo ia sering menyuruh teman temannya dan membully teman temannya, ia

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

2 responses to “Liburan Seru Ke Desa”

  1. Lita says:

    Cerpenya bagus, tapi aku gak ngerti. Berkepala tiga (maksudnya umur 30 an?) kok sudah dipanggil mbok?

    Ivura dapat ranking 1 atau 3?

  2. Alyaniza N.A says:

    Kak Lita:Ya,agak bedaan gitu deh(habis kata wkwk)
    peringkat 1 itu,salah tulis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *