Mengusir Harimau

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Fabel (Hewan)
Lolos moderasi pada: 27 January 2018

Dahulu kala di sebuah hutan lebat terdapat seekor kancil dan tikus mereka bersahabat baik.
Suatu hari tikus berlari terbirit birit menemui kancil di rumah kancil “Kancil, kancil?” ucap tikus tergesa gesa kancil segera membuka pintu dan ikut panik “ada apa tikus kenapa kamu terlihat khawatir?” tanya kancil pada tikus, tikus pun bercerita “kan kan kancil” ucapnya dengan nafas tersedak sedak kancil pun berkata “Tenang tikus tarik nafas panjang dulu lalu buang setelah itu baru kamu cerita ya” ucap sang kancil.

Tikus menghirup nafas panjang lalu bercerita “begini cil keadaan hutan kita sekarang dalam bahaya karena kini hutan kita dikuasai oleh keluarga harimau cil, hewan hewan lain kini sudah berpindah entah ke mana mereka pergi, aku juga berniat untuk pindah ke hutan lain apa kamu mau ikut aku kancil, ayolah!” pinta dan jelas tikus, kancil berpikir sejenak dan memutuskan untuk tetap tinggal dan mencari cara agar dapat mengusir harimau.

Kancil pun menyuruh tikus mengumpulkan semua hewan hutan, tak lama kemudian para hewan berkumpul dan saling protes kepada kancil, kancil pun melihat ayam dan ikan kemudian kancil mendapat ide “aku tau, Wahai rakyat hutan aku punya sebuah ide tapi kita semua harus bekerja sama, nanti…” Mereka sepakat untuk melakukannya.

Keesokan harinya, mereka semua berkumpul di depan goa tempat harimau itu tinggal, kancil mengedipkan sebelah matanya lalu ayam sengaja berkokok sekeras mungkin di depan goa tersebut, seperti dugaan mereka harimau keluar dan berniat menangkap ayam untuk santapan, ketika harimau akan menerkam ayam, kerbau dan anjing membawa ayam lari, tentu saja harimau mengejarnya, di dekat pohon besar kancil, ular dan tikus menyiapkan tali dan jebakan bawah tanah dan berhasil, harimau itu tersandung dan jatuh ke bawah tanah.

Setelah kejadian itu hutan menjadi aman kembali, Kancil dan hewan hutan kini tidak khawatir lagi.

TAMAT

Cerpen Karangan: Aisyah Clarisa Putri
Ig: @aisyahclarissa

Cerpen Mengusir Harimau merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Maafkan Dela Bunda

Oleh:
“Bunda! Dela mau minum, tolong ambilkan!” Perintah Dela kepada Bundanya. “Tapi kan, Dela bisa ambil sendiri. Bunda lagi cuci piring, nak.” Jawab Bunda lembut. “Argh!” Gerutu Dela kesal lalu

Raja Yang Mengemis

Oleh:
Namaku Ben, di mata teman-temanku aku ini seorang Raja yang mempunyai mahkota yang mewah. Tapi bagiku, mahkota itu sangat berat dan aku merasa lelah serta bosan memilikinya. Ya.. Aku

Shely and Shyla

Oleh:
“Ayah… ini tidak adil. Ayah yang senang tetapi, rakyat yang miskin. Pokoknya kalau ayah masih begitu aku akan pergi dari sini” ucap Shely. Shely adalah seorang putri dari kerajaan

Maniak Internet

Oleh:
“Ardan…! Makan dulu!” seru Ibu dari bawah. “Sebentar lagi bu. Lagi ada yang chatting-ngan sama Ardan!” seru Ardan lagi. Ardan adalah orang yang maniak internet. Sejak Ayahnya membeli komputer,

Remy ku yang Malang

Oleh:
Remy. Kelinci putih berbintik bintik hitam yang selalu menemani hari hariku. Remy sangat lucu, imut, manis, namun sayangnya, ia kelinci jantan. Padahal aku sangat berharap untuk memiliki kelinci betina.

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *