City Yang Menyelamatkanku

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Cinta
Lolos moderasi pada: 23 August 2019

Nama gua Edo, gua mau cerita tentang kisah cinta temen gua yang menurut gua aneh membingungkan dan entah apa yang dia rasain saat ini. Apakah itu jatuh cinta? Ataukah itu jatuh hati?. Yang jadi pertanyaannya, apa yang membedakan jatuh cinta dengan jatuh hati?. Oke disini gua mau mencurahkan semuanya tentang cerita temen gua, siapa tau gua tau apa perbedaan jatuh cinta dengan jatuh hati.

Temen gua punya teman jenis kelaminnya cewek, mereka berteman udah cukup lama, yaps mereka berteman dari mulai sekolah dasar, menurut temen gua dia itu salah satu orang yang nyebelin, selain itu dia juga tukang ngadu alias bocah pengaduan, ketika teman gua berbuat jail pasti dia laporin ke guru, hingga pernah suatu ketika temen gua jail sama dia, dia aduin juga ke neneknya hahahaha, untung aja neneknya gak dateng ke sekolah buat negor temen gua itu.

Masa-masa sd begitu terasa cepat berlalu, sehingga temen gua akhirnya melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu smp, siapa sangka ternyata temen gua itu malah satu sekolah lagi sama cewek nyebelin itu. Selama kelas 7 smp gak terlalu banyak cerita tentang cewek itu, singkat cerita temen gua itu naik kelas ke tahap selanjutnya, yaps kelas 8 karena di smp sistemnya berbeda setiap naik kelas pasti dirolling seisi kelas. Entah sue atau gimana, temen gua itu malah satu kelas lagi di kelas 8 ini sama si bocah pengaduan itu.

Tapi seiring berjalannya waktu mungkin dia udah makin dewasa dan gak nyebelin ataupun bocah pengaduan lagi, di kelas 8 ini temen gua itu malah berteman baik sama dia, bahkan dia manggil teman gua itu dengan panggilan “abang” hahahaha entah apa yang terjadi sama mereka berdua pada saat itu.

Singkat cerita temen gua udah dipenghujung masa-masa smpnya, temen gua itu sibuk untuk nyiapin anggota bandnya soalnya dia ingin mengisi acara perpisahannya nanti, yaps sekali lagi sesuatu hal yang tak terduga kembali terjadi, karena kedekatan hubungan mereka yang layaknya abang sama adek temen gua itu mutusin buat ngejadiin dia vokalis bandnya dan temen gua ngisi vokal 2, walaupun akhirnya temen gua itu ngerekrut satu orang lagi buat ngisi suara vokal 2.

Acara perpisahanpun sudah terlewati, lalu temen gua itu melanjutkan sekolahnya ke tingkat SMA, dan akhirnya temen gua galau karena dia tidak bisa masuk ke sekolah yang temen gua idam-idamkan, temen gua dan temen ceweknya itu akhirnya berbeda sekolah. Jika saja temen gua itu masuk di sekolah yang dia ingin pasti dia satu sekolah lagi bersama temen ceweknya itu, 12 tahun satu sekolah hahahh apa gak bosen hahaha. Di perjalanan selalu menuju SMA ternyata si cewek temen gua itu deket sama salah satu sahabatnya temen gua, tapi temen gua itu ngedukung hubungan mereka karena pada saat itu temen gua sama si cewek itu statusnya abang adek gitu, yaaa walaupun akhirnya sahabat temen gua sama si cewek itu gak jadian tetap saja itu berdampak negatif yang besar.

Selama masa SMA, temen gua gak pernah sekalian kontekan sama temen ceweknya itu, hingga akhirnya mereka berdua lulus sekolah SMA. Temen gua itu akhirnya memutuskan untuk bekerja di salah satu hotel berbintang 4 yang berada di bandung, tepat di jalan Ir. H Juanda.
Dan temen ceweknya itu melanjutkan studynya di salah satu kampus swasta yang kebetulan berada di bandung juga, tepatnya berada di jalan Taman sari, yaps tempat kerja temen gua ama kampus si cewek itu gak jauh jaraknya, bisa ditempuh dengan jalan kaki juga. Karena mungkin temen gua sama si ceweknya itu gak saling tau, yaaa selama mereka sama-sama di bandung belum pernah ketemu.

4 bulan sudah temen gua bekerja, salah satu sahabatnya yang dulu pernah deket sama si cewek itu mengunjungi ke tempat kostnya dan menginap beberapa hari, dan itu adalah salah satu moment yang akhirnya temen gua dan si cewek itu bertemu lagi untuk pertama kali. Karena waktu itu sahabat temen gua ingin main sama cewek ketika berada di bandung, padahal waktu itu sahabat temen gua udah punya pacar, tapi mereka berdua merahasiakannya dari si cewek itu agar mereka bisa main sama cewek selama di bandung.

Temen gua itu pertama kali ketemunya lagi di tempat kostnya si cewek itu, sebab asal mulanya mereka bisa ketemu lagi dengan alasan yang konyol sekali, menghubungi si cewek itu lewat media sosial bbm, dengan memakai akun temen gua, alesan konyolnya itu dengan berpura-pura ikut mandi karena di wc tempat kostnya airnya habis dan gak bisa nyala keran airnya. Akhirnya si cewek itu membolehkan mereka berdua mengunjunginya ke tempat kostnya yang berada di daerah dago dekat dengan salah satu hotel ternama di bandung yang berada di daerah dago, akhirnya mereka bertemu dan temen gua menjadi salah satu yang berperan aktif dalam membuka pembicaraan. Temen gua pun merasa ada perbedaan dengan sikap si cewek itu yang sekarang, sekarang si cewek itu tampil lebih asik dan kocak saat berbincang, walaupun begitu tetapi tetap aja temen gua menganggap hal yang biasa. Lalu mereka bertiga pun main bersama sampe malem dan memutuskan untuk nonton di bioskop BIP, setelah satu hari itu berlalu mereka beritga pun berpisah kembali, dan gak pernah ketemu lagi untuk sampai temen gua itu berhenti bekerja dan kembali ke kota asalnya.

2 tahun berlalu temen gua itu belum pernah bertemu lagi sama si cewek itu. Sekali lagi moment mempertemukannya, lewat acara buka puasa bareng bersama temen satu angkatan sewaktu di smp, tapi di acara itu temen gua kembali bertemu dengan cewek yang dulu pernah dekat dengannya yang tak jauh cewek itu adalah sahabat dari si cewek bocah pengaduan itu, dan si cewek bocah pengaduan itu bertemu lagi sama sahabat temen gua.

Berkat acara bukber itu temen gua dan juga geng semasa smpnya membuat satu acara liburan ke pantai, dengan kesepakatan bersama akhirnya liburan pun terlaksanakan. Banyak hal-hal yang tak terduga terjadi, temen gua itu bisa deket lagi sama gebetannya sewaktu di smp dan si cewek bocah pengaduan itu bisa deket lagi sama sahabat temen gua, yaps karena kejadian itu temen gua kasmaran lagi sama gebebetannya sewaktu di smp walaupun dia udah punya pacar, toh mereka masih saling suka dan memendam perasaan satu sama lain. Hasil dari liburan itupun berdampak besar terhadap perasaan si temen gua itu, karena dia telah jatuh cinta di tempat yang salah, di tempat yang sudah ada pemiliknya, dan itu diibaratkan lo bikin rumah di atas tanah pemerintah, walaupun lo bisa nyaman diam di tempat itu dan membangun sebuah rumah, pada akhirnya lo bakalan bersengketa dengan pemerintah itu dan lo dipaksa untuk pindah ke tempat lain dan rumah lo yang lo bangun di atas tanah milik pemerintah dirobohin dan sudah hancur berkeping keping sedangkan lo belum tau kemana lo harus pergi. Yapsssss disitu lah temen gua bener-bener ngerasa galau segalau-galaunya, temen gua itu pun selalu curhat sama si cewek pengaduan itu tentang masalah hatinya karena dia adalah temen baiknya gebetan temen gua itu, sebaliknya si cewek pengaduan itu pun merasakan hal yang sama persis yang temen gua alamin, ketika dia seperti menemukan suatu harapan agar dia bersatu dengan sahabat temen gua itu dan ternyata itu hanyalah isapan jempol belaka sebab sahabat temen gua itu balikan lagi sama mantannnya.

Karena temen gua sering saling curhat dan sering chat di applikasi whatsapp bersama si cewek pengaduan itu, mulailah temen gua itu merasa banyak persamaan dalam hal kegalauannya masing masing. Ada satu hal dimana si temen gua itu mulai tertarik kepada si cewek pengaduan itu, saat itu malam minggu temen gua itu ngajak hang out sama si cewek pengaduan itu, dia menyetujui akhirnya temen gua ngejemputnya di depan gang rumahnya, awalnya biasa aja waktu pertama bertemu saling sapa dan gak lupa saling memberikan senyuman. Dia pun naik dan duduk di jok motor temen gua, sepanjang perjalanan mereka berdua ngobrol sambil tertawa lepas, entah apa yang obrolin mereka berdua sehingga mereka berdua tertawa begitu lepas dan kencang.

Pada awalnya temen gua itu ngajak hang out si cewek pengaduan itu hanya untuk ngebahas masalah hati antara temen gua dan gebetannya semasa smp, yaps pada awalnya memang itu. Tapi ada hal lain dari hasil perbincangan itu, temen gua itu jadi ngerasa nyaman saat bersamanya dan temen gua itu jadi seolah ingin selalu bersamanya, karena si temen gua itu melihat hal yang berbeda dari diri si cewek pengaduan itu. Temen gua itu terpikat oleh tuturnya, seolah olah dia tersihir olehnya, tersihir oleh kepribadiannya, oleh sikapnya yang seolah polos tapi sebenernya tidak hahahah, terpikat oleh kekonyolannya saat bercanda, yaps perasaan itu tumbuh secara alami dan bukan hanya sekedar nafsu akan keegoisan hati ini yang terkadang selalu muncul saat ingin mencari pelarian disaat galau.

Semakin hari semakin menjadi-jadi rasa nyaman itu muncul ke permukaan hatinya, tapi si temen gua itu bingung bagaimana harus mengutarakan perasaan yang secara alami tumbuh dan semakin kuat itu. Di sisi lain dia takut saat mengutarakan perasaanya kepada si cewek pengaduan itu malah jadi marah, sebab si cewek itu adalah sahabat dari gebetan temen gua semasa smp, di sisi lain dia ingin sekali mengutarakan perasaanya sebab dia ingin tau hasilnya dan jika hasilnya positif maka si temen gua itu akan menetapkan pilihan hatinya pada si cewek pengaduan itu dan mau memperjuangkannya sampai jika mereka berjodoh si temen gua itu ingin si cewek pengaduan itu menjadi istrinya kelak, di sisi lain si temen gua itu bingung karena si cewek pengaduan itu belum bisa move on dari sahabatnya si temen gua itu. Sedangkan si cewek pengaduan itulah yang sudah berhasil menyelamatkantemen gua itu dari keterpurukan kisah asmaranya, berkat si cewek pengaduan itulah dia bisa bangkit dan bisa menyembuhkan rasa sakit hatinya. Walaupun si cewek pengaduan itu gak ngerasa bahwa dirinya yang telah menyelamatkan temen gua itu, tapi akan ada saatnya di mengetahui semuanya, sebab lambat laun temen gua itu bakalan terus terang pada si cewek pengaduan itu, apapun hasilnya itu mau baik atau buruk, bisa dimiliki atau tidak tapi bolehkan si temen gua bisa selalu di dekat lo?, iya elo SI BOCAH PENGADUAN saat masa SD bersama temen gua.

Yapssss sekarang gua mulai faham apa itu bedanya jatuh cinta sama jatuh hati, menurut gua jatuh cinta itu bisa kapan aja, di mana aja dan kepada siapa saja yang menurut lo terlihat cantik/ganteng. Karena pada dasar cinta berawal dari mata dan turun ke hati, sedangkan apapun yang lo liat pake mata, itu akan menimbulkan hawa nafsu, dan biasanya hawa nafsu itu bersifat sementara, maka tak jarang dari mereka yang merasakan jatuh cinta pada pandangan pertama lalu mereka menjalin suatu hubungan dan akhirnya ada yang tersakiti dari salah satu mereka yang menjalin hubungan itu dan perpisahanpun tak bisa dihindari. Hmmmm sama aja kan sementara, seperti yang sebelumnya gua katakan, bahwa jatuh cinta itu hanya ekspresi hawa nafsu yang bersifat sementara.

Sedangkan jatuh hati menurut gua itu adalah kebalikannya dari jatuh cinta, yappps jatuh hati tidak bisa kapan saja terjadi, tidak bisa di mana saja, dan pastinya tidak bisa kepada siapa saja. Sebab jatuh hati bersifat alami tumbuh dari perasaan lalu menjalar ke hati, seperti yang cerita temen gua di atas, walaupun mereka bertemen sudah 14 tahun lamanya dia baru timbul perasaan di saat dia memperhatikan kepribadiannya, sifatnya, dan kelakuannya sehari hari. Dan ketiga unsur itulah yang membuatnya jatuh hati dan tulus menerima kelebihan dan kekurangan, karena perasaan itu timbul bukan dari hawa nafsu, walaupun akhirnya tak bisa menyatukan hati sama-sama, tapi setidaknya akan merasa senang saat deket bersamanya dan gak kan ada yang tersakiti.

Satu hal lagi ketika lo melihat satu pasangan, si ceweknya cantik dan si cowoknya katakanlah biasa aja atau yang lebih parahnya jelek, atau sebaliknya cowoknya ganteng dan si ceweknya biasa aja atau yang lebih parahnya jelek, atau ada juga misalkan salah satu di antara mereka cacat fisik, nah itu termasuk dari orang yang asalnya jatuh hati bukan karena jatuh cinta. Karena yang harus lo ingat jatuh hati terdapat 3 unsur yaitu kepribadian, sifat, dan kelakuan, itu yang jadi penyebab timbul perasaan yang begitu alami. Sedangkan jika jatuh cinta gak kan mungkin bisa menyatukan kriteria seperti itu, karena jatuh cinta berawal dai mata dan turun ke hati dan biasanya apa yang kita lihat pake mata akan menimbulkan hawa nafsu dan rasa egois. Hawa nafsu bersifat sementar dan raa egois yang bisa menghancurkannya.

Nah itulah teori gua mengenai perbedaan jatuh hati dan jatuh cinta. Hmmmm katanya cinta banyak bentuknya, tapi walaupun banyak mungkin saat ini gua bakalan milih jatuh hati, sebab sekarang sudah saatnya untuk serius dan mencari yang mau menemani gua di saat gua belum jadi orang besar sukses kaya raya dan dermawan AAMIIN YARABB.

Sukabumi, 10 September, 2017

Cerpen Karangan: Edoardo Abdul Aziz
Blog / Facebook: Edoardo Abdul Aziz

Cerpen City Yang Menyelamatkanku merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Hujan

Oleh:
Rintik hujan mulai membasahi atap rumahku… entahlah, mungkin dia sudah tidak kuat menampung segala air yang ada di dalam dirinya… dan mulai menumpahkan segalanya ke atas bumi. Aku ingin

Cinta Di Awang Awang

Oleh:
Hari ini aku akan menyatakan cinta pertamaku pada seorang wanita pujaanku namanya icha.Aku dan icha hanya beda meja saja, hehe kami berada di lokal yang sama yaitu kelas X

Cinta Sahabatku

Oleh:
Mungkin aku tak pernah sadar jika ia telah melepaskan aku, aku tidak berhak lagi untuk memilikinya. Mungkin aku adalah orang yang paling gila di dunia ini, aku dengan berani

About You and Him

Oleh:
Berawal dari pertemananku dengan Seorang gadis bernama Nigea, aku mengenalnya saat olimpiade Matematika di salah satu universitas negeri di kota kami, saat itu kami masih sama-sama duduk di bangku

Boarding Love On (Part 2)

Oleh:
Setelah jam pelajaran selesai kami berkumpul di taman sekolah untuk menceritakan kejadian yang terjadi sehari tadi di sekolah. Aku pun bercerita bersama Nisa sedangkan Via dan Novi pun juga

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *