Kisah Meyra (Part 1)

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Cinta, Cerpen Remaja
Lolos moderasi pada: 1 January 2022

Meyra, itu nama yang diberikan oleh ayah dan ibuku. Inilah aku, anak dari seorang tukang becak. Ibuku sudah meninggal beberapa tahun yang lalu. Aku putus sekolah saat kelas 10 SMA karena tidak ada biaya untuk sekolah. Aku memiliki adik laki laki bernama Farran. Dia anak kelas 8.

Ayahku bekerja pas pasan. Hasil dari kerjanya pun tak terlalu banyak namun cukup untuk menghidupi keluarga kecilnya. Ayahku adalah seorang yang sangat penyayang dan pekerja keras. Ia selalu terlihat bahagia di depan anaknya. Walaupun ada kesedihan di hatinya.

Pagi ini, mentari mengintip di jendela kamarku. Aku beranjak dari tempat tidurku. Kicauan burung terdengar di teras depan. Ayahku sudah bersiap siap untuk kerja. “Meyra, nanti ke pasar ya. Ini uangnya” ucap ayahku sembari menyodorkan uang 50.000. Ayahku berangkat kerja sedangkan aku membangunkan adikku yang masih molor hahaha dia anaknya memang sedikit pemalas.

“WOY BANGUN TUKANG TIDUR” ucapku sembari menggoyang-goyangkan tubuh adikku
“APA SIH MASIH JAM 5 SUBUH JUGA!” Ucap adikku setengah sadar
“JAM 5 SUBUH MATAMU! INI DAH JAM 8 LOH NANTI REZEKIMU DIPATOK AYAM!!” ucapku
“Iyaa iyaa”

“Kamu ikut ke pasar ga?”
“Ikut aja deh”
“yaudah ayok”

Aku dan adikku menuju pasar. Sesampainya di pasar aku pun membeli tomat. “Bu, ini tomat 1 kilo berapa ya?” Tanyaku kepada ibu penjual tomat. “Sepuluh ribu neng, mau beli berapa?” ucap ibu itu dengan ramah. “Beli 2 kilo ya bu ini uangnya” ucapku. “Iyaa neng” jawab ibu itu.

Tiba tiba ada keributan di ujung pasar. Semua orang yang ada di pasar langsung menuju lokasi keributan tersebut. Aku pun mulai penasaran. “Ibu, kalau boleh tau itu disana ada apa ya?” Tanyaku kepada ibu penjual yang sama. “Ohh ibu kurang tau neng” jawab ibu itu. “Oh gitu gapapa deh, ibu lihat adik saya gak tadi di samping saya” tanyaku. “Lah mana saya tau neng, mungkin udah disana di keributan itu” ucap ibu penjual itu

Aku menuju keributan itu. Tak disangka sangka. Ayahku tertabrak mobil. Sedangkan pelaku yang menabrak ayahku pergi begitu saja. Farran berada disana. Ia sedang menangis. Aku masih tak menyangka itu ayahku sendiri. Setelah dilakukan pengecekkan ternyata ayahku sudah tidak bernafas lagi. Ya, sosok yang aku cintai itu sudah meninggal dunia. Aku tersontak tidak percaya. “Nak, ayahmu sudah tiada. Kamu yang tabah ya” ucap seorang warga menenangkanku. Tiba tiba mentari ditutupi awan hitam. Seketika keadaan disana mulai gelap. Mulai turun rintik rintik hujan. Aku pulang mengikhlaskan ayahku. Begitu juga dengan adikku, Farran.

Selang beberapa bulan, hari hari sudah dilakukan biasa saja oleh meyra dan farran. “Kak, gimana kalo aku putus sekolah aja ya?” ucap farran kepada meyra. “HAH!? emangnya kenapa??” Ucap meyra. “KAKAK TAU GAK? AKU DI SEKOLAH DILEDEKKIN MULU TAU! TRUS SPP DARI BULAN LALU JUGA BELUM DIBAYAR JADI SEKALIAN AJA AKU GA USAH SEKOLAH!!” ucap Farran dengan nada tinggi. “YAA!! KALO GITU JALAN KELUARNYA BUKAN PUTUS SEKOLAH! NANTI KAKAK CARI KERJAAN” ucap Meyra. Keesokan harinya meyra ketemu dengan sahabatnya, Aisha. Aisha terlihat membawa koper layaknya mau bepergian jauh. Aku yang melihatnya langsung menyapa Aisha.

“Shaa, kamu mau kemana sampe bawa koper begitu” tanyaku
“Ohh inii, aku mau ke luar kota nyari kerjaan”
“Kemana sha?”
“Ke jakarta Mey”
“Udah dapet kerjaannya?”
“Udah, kamu mau cari kerjaan juga?”
“Mau dong”
“Kamu bisa hubungin no ini aja ya, masih ada lowongan kerja jadi pembantu ibu kantin di sekolah. Mau ga?” Ucap aisha sembari memberikan secarik kertas berisi no telp.
“Wahhh… mau banget, makasii yaa aishaa cantikkk” ucapku kegirangan
“Iyee sama-sama semangat yaa kerjanyaa, aku mau ke stasiun dulu ya nanti ketinggalan kereta, dadaa meyra” ucap Aisha
“Daa aisha, semangat ya”

ADVERTISEMENT

Aku pulang dengan hati gembira. Aku akan cepat cepat ke jakarta. Aku juga berniat mengajak Farran. “FARRANN!!” teriakku. “APA SIH KAK” ucap Farran marah. “Eitss.. jangan marah dong kakak mau kasi kabar gembira lhoo penasaran ga??” ucapku kegirangan. “Penasaran dong, apa emangnya kabar gembiranya?” ucap Farran. “Jadi gini, tadi kakak ketemu aisha temen kakak. Dia ngasi kakak nomor telepon pekerjaan jadi pembantu ibu kantin di sekolah. Kita berangkat ke Jakarta minggu depan ya dek” ucapku. “Hah? Yang bener?? Yeyy, tapi kakak yakin ini bukan penipuan?” tanya Farran. “Yaa engga dong, aisha aja udah dapet kerjaan” ucap Meyra meyakinkan.

Seminggu kemudian aku dan Farran sudah bersiap siap menuju bus jurusan Desa Sukabumi-Kota Jakarta. Aku dibantu oleh Pak Cahyo, teman ayahku saat semasih hidup. Aku dan Farran berangkat pagi-pagi sekali supaya tidak ketinggalan kereta. Sesampainya disana aku menemui Pak Cahyo. “Gimana? Sudah semuanya disiapkan??” tanya Pak Cahyo. “Sudah dong pak” jawabku. “Oke buruan sana masuk busnya nanti ketinggalan rusak rencana kamu ke kota” jawab Pak Cahyo. “Iyaa pak, sebelumnya saya mau berterima kasih banyak sudah membantu saya semenjak ayah saya meninggal” ucapku penuh rasa syukur. “Iyaa sama-sama, kamu sudah saya anggap anak sendiri kok” ucap Pak Cahyo.

Aku bergegas mengajak Farran ke dalam bus. Di dalam, bus tampak bergoncang karena masih melewati pedesaan yang dipenuhi bebatuan. “Kak, kakak yakin ini bukan penipuan?” tanya Farran. “Iyaa, kakak yakin kok, udah deh ga usah terlalu dipikirin mending kamu tidur aja dulu nanti kalo sudah sampai kakak bangunin deh” ucap Meyra.

Sementara di SMA 1 Jakarta. Terlihat anak anak sekolah itu sudah mau pulang. Di kelas 3 SMA ada 2 cowok terkenal karena parasnya yang menawan. Mereka bernama Rashka dan Kayana. “Rash, lo mau basket ga siang ini?” tanya Kayana. “Gak dulu deh Kay, gue capet banget mending langsung pulang” Jawab Rashka. “Ohh oke gue juga ga ikut kalo gitu” jawab Kayana. “Yaudah ayok” ajak Rashka. “Ke mana?” tanya Kayana. “Ohh mau pulang sendiri? Okey” jawab rashka dingin. “Yaelah canda doang kali”
Mereka berdua pun pulang bersama.

Di dalam mobil
“Kay, kita ke cafe deket terminal dulu ya soalnya kalo gue pulang juga bosen orangtua gue ga ada di rumah” ucap Rashka
“Emang orangtua lo kemana Rash?”
“Biasaa… ke luar kota” ucap Rashka.

Sesampainya mereka di cafe deket terminal, mereka memesan 2 gelas kopi dan sepiring pisang goreng. “Eh kay, mintai password WiFi dulu sana sama mbak kasirnya” ucap Rashka. “Yaelah, kaya doang tapi masih suka minta password WiFi” ejek Kayana. “Heh anak kambing! Inget yang traktir lo siape?? Gue, udah sono” ucap Rashka tidak menoleh sedikit pun ke Kayana. “Candaa woe, iye iye” jawab kayana.

Sementara itu. Bus Meyra sudah sampai di terminal. “Dekk! Bangun sudah sampai” ucap Meyra, Aku pu mengajak adikku keluar dari bus. Tak lupa mengucapkan terima kasih kepada bapak sopir. Aku mulai merasakan haus di tenggorokkanku. Kebetulan tak jauh dari terminal terlihat ada cafe. Aku dan Farran menuju cafe tersebut. Disana terlihat Kayan sedang meminta pasword WiFi kepada mbak kasir.

“Mba, air putih satu ya” ucap Meyra
“Dih tunggu, saya mau layanin mas ganteng ini dulu” ucap Mba kasir
“Ehh gapapa mba layanin dia aja dulu, toh saya cuman mau minta password WiFi doang kok” ucap Kayana
“Gak sekalian minta yang lain gitu? Kayak nomor WA saya?” ucap mba kasir menggoda Kayana
“HEH MBA!! Ibu kartini susah ngangkat derajat seorang wanita, sekarang mbaknya malah enteng banget ngejatuhin harga diri begini. Pasang muka malu dong mbak, masa sama cowok baru murahan banget sih” omel meyra tiba tiba
“Hadeh, kayaknya kakak gue kesurupan motivator lagi nih. Udah kak beli air di warung sebelah aja yuk” ucap Farran menenangkan Meyra
“Gak bisa dek!! kakak mau nasihatin mbak ini dulu biar gak kebiasaan kayak begini” ucap Meyra
Mbak kasir yang melihatnya langsung terdiam kesal. Sedangkan Kayana tertawa kecil melihat Meyra seperti itu. Meyra dan Farran akhirnya meninggalkan cafe tersebut

“Dih saya jadi takut deh, dia waras gak sih? Kayak orang ga waras aja’ ucap mbak kasir
“Kayaknya yang ga waras itu mbak deh hahaha yaudah password WiFi nya apa mba?”
“belanjadulu”
“Lah saya kan tadi sudah belanja mbak”
“Iya saya tau, password WiFi nya ‘belanjadulu’” ucap mbak kasir
“Ohh okey makasi mbak” ucap Kayana. Kayana menuju Rashka yang masih sibuk dengan gamenya.

“Ehh rash, tadi kan gue digodain tuh sama mba mba kasirnya. Terus ada cewek kek ngomel ngomel gitu sama mbak kasirnya”
“Hm”
“Yaelah noleh dikit kek, game mulu”
“Apa sih, mending lu kasi tau password WiFi nya!”
“Giliran Wifi lo langsung semangat. belanjadulu”
“Kan tadi kita udah belanja”
“Iyaa gue tau. Maksudnya password WiFi nya belanjadulu huruf kecil semua”
“Ohh oke makasii yaa”

Keesokan harinya. Meyra dan Farran menuju kantin sekolah tersebut. “Permisi mbaa” ucap Meyra sopan. “Iyaa, ohh ini ya nak meyra. Kenalin nama ibu Bella. Makasi ya udah berniat sudah mau membantu ibu. Kebetulan ibu juga lagi kekurangan tenaga kerja” ucap Bu Bella menjelaskan. “Hehe iya bu, kenalin ini adik saya Farran” ucap Meyra.

Tiba-tiba terdengar suara bel sekolah DRINGGG!!! “Bu, itu suara apa ya?” tanya meyra. “Itu suara bel, masa kamu ga tau” ucap Bu Bella. Ini baru pertama kali ia mendengar suar bel sekolah. Di desa tidak ada yang seperti itu. Meyra kembali bertanya “Itu tandanya bakal ada apa ya?”. “Tandanya bakal ada tsunami manusia alias ada murid murid yang akan berbelanja di kantin ini” ucap Bu Bella. “Hah yang bener?” ucap farran. “Iya bener itu dia tsunami manusianya” ucap Ibu bella.
Tampak ada segeromolan siswa di SMA 1 Jakarta tersebut. Suasana di kantin langsung riuh.

Selesai melayani seperti biasa Meyra dan Farran membersihkan Kantin tersebut.
Setelah siswa siswa tersebut pulang Ibu bella bilang “Meyra, kalo boleh tau kalo diusiakan dalam jenjang sekolah kamu sudah umur berapa ya?” tanya Bu Bella.
“Kalo saya kelas 3 SMA bu” ucap Meyra
“Kalo aku kelas 3 SMP bu” ucap Farran
“Wah kalian memang anak yang baik, orangtua kalian pasti bangga memiliki anak seperti kalian berdua ini” ucap Bu Bella

Cerpen Karangan: Ni Putu Gavrila Anindita Sudiartha
Blog / Facebook: Dita Ingga Narda

Cerpen ini dimoderasi oleh Moderator N Cerpenmu pada 1 Januari 2022 dan dipublikasikan di situs Cerpenmu.com

Cerpen Kisah Meyra (Part 1) merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

WhatsApp


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Ayu

Oleh:
Pagi ini aku bangun sekitar pukul 07.00 WIB. Oh iya, namaku Aji dan aku tinggal di kota Surakarta. Tetapi aku kuliah di kota Semarang. Setiap aku pulang ke rumah

Cintamu Adalah Bahagiaku

Oleh:
Berdiri di sebuah suasana yang begitu sunyi dan tak dapat ku temui siapa pun. Hati ini mengharapkan ketenangan yang abadi. Kamu begitu berarti untukku lupakan. Ketika cuaca mulai mendung

Awkward Couple

Oleh:
Ini bukan sepenuhnya salahnya, aku juga turut andil dalam hal ini. Aku pusing. Sudah seharian ini dia tak memberiku kabar. Aku juga tak cukup berani untuk sekedar menanyakan kabarnya.

Bukit Angin

Oleh:
Bukit mungil itu berdiri di pinggir Desa Sunyi. Di punggungnya ilalang tumbuh dengan subur. Pohon besar yang tumbuh di sana tak sampai 20 batang. Belasan pohon jambu mente tersebar

Antara Dia dan Sahabatku

Oleh:
– Karena aku yakin apa yang aku perhatikan adalah cinta yang masih membekas di hati lelaki yang menjadi sahabatku lebih dari 5 tahun lalu – “Eh Len, kamu tau

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *