Menunggu Mentari Bersinar

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Cinta, Cerpen Persahabatan, Cerpen Sedih
Lolos moderasi pada: 20 December 2012

Aku bersikap cuek karena aku menganggap dia hanyalah junior ku dan aku adalah seniornya, wajahnya yang begitu polos membuat aku selalu ingin ngerjainnya, kami sering bertemu dalam suatu perkumpulan, ternyata dia lebih tua dari ku bahkan dia adalah dosen ku.

Liburan telah usai dan perkuliahan dimulai, jantung ku berdetak kencang saat mendengar berita dari teman bahwa ada seorang dosen baru yang tampan, pintar dan baik lulusan dari Newzeland yang akan mengajar kami mata kuliah Statistik namanya Pak rino. Aku syok setelah mendengar berita itu “ ini gawat bisa-bisa nilai ku dapat E” ujar ku. Emangnya kenapa??? Kok bisa dapat E proses pembelajaran belum dimulai. “ ya,,, panjang ceritanya “ kamu kenal dengan pak rino??? “ ya kenal makanya aku takut karena aku sering ngerjain pak rino melalui sms dan aku tidak tau kalau dia adalah dosen baru di kampus kita. “ itu makanya jangan sering ngerjain orang kamu kena imbas nya. Mereka langsung tertawa. beberapa menit kemudian pak rino masuk dan langsung mengajar statistik, aku pura-pura tidak kenal.

Ternyata asik juga belajar dengan pak rino orang nya pintar dan hebat kata teman ku riri. Aku langsung memukul kepalanya “ Ah biasa saja tidak ada yang spesial, “ mmmm kok kamu ngomong kayak gitu jangan-jangan kamu cemburunya dan kamu suka sama pak rino. Aku hanya terseyum dan kami langsung pergi ke RS untuk mengambil hasil tes pemeriksaan aku kemaren. Ternyata aku di ponis penyakit yang mematikan dan aku hanya bisa bertahan hidup beberapa tahun lagi. Tubuhku gemetar setelah mendengar hasil pemeriksaan teman ku riri langsung memeluk tubuh ku dan berkata kamu harus bertahan hidup untuk keluarga dan masa depan mu riri langsung menghapus air mata yang membasahi pipi ku.

Aku berjalan keluar dengan wajah yang nunduk aku tidak bisa menerima semua kenyataan ini, riri selalu mencari cara untuk menghibur ku tetapi tetap tidak berhasil. Beberapa bulan kemudian penyakit ku kambuh, aku tidak suka dirawat di rumah sakit jadi aku hanya berbaring dan dirawat dirumah, kakak via datang menjenguk dia langsung marah karena tidak memberitau dia kalau aku sakit, kakak punya kabar baik untuk kamu? Ternyata rino ketua anak kerinci itu dosen di kampus kita. Aku hanya cuek dan berkata aku sudah tau. Kok kamu cuek ,, dia bukan siapa-siapa saya kenal aja hanya selintas ya mungkin dia sudah punya pacar untuk apa nganggu orang sudah punya cewek buang-buang waktu saja, awasnya kalau nanti kamu jatuh cinta. Telpon berbunyi no tidak dikenal,,, hallo selamat pagi ini dengan Ami “iya” ini dari pihak rumah sakit mau memberitau bahwa diagnosa penyakit anda kemaren salah karena data anda tertukar dengan orang lain jadi diagnosa anda hanya gejala maaq. Bearti aku tidak jadi mati sus “ujar ku” sambil tertawa lepas. “ Iya ami “ terima kasih sus atas informasinya. Ami langsung berteriak kencang sambil berkata Aku tidak jadi mati.

Tugas mulai numpuk banyak yang harus dikerjakan tugas akhir sudah menunggu. Aku pusing tidak tau apa yang harus dikerjakan, selintas dibenak ku teringat Rino dosen dikampus, aku langsung menghubungi kak via dan minta no kak Rino. Untuk apa kamu no kak Rino “ujar Via” aku mau nembak kak Rino jadi cowok aku,,, aku langsung tertawa dan bilang tidak…….. cuman bercanda… ini mau minta bantuan, sekarang aku sibuk nyusun terus contoh skripsinya tidak ada ya mungkin dia bisa bantu aku untuk pinjam skripsi di perpustakaan, kalau mahasiswa tidak diperbolehkan bawa pulang ya harus minta bantuan sama kak Rino mungkin cara itu bisa. Aku langsung menghubungi kak Rino karena dia seorang dosen aku panggil dengan sebutan Pak Reno, Pak Reno ini Ami anak kerinci,, maaf bukan Reno tapi Rino sory no nya tidak di save kemaren. Ya tidak apa-apa pak aku langsung menceritakan maksud dan tujuan, ya nanti Sore saya antar ke rumah kamu “ujar Rino”. Ya pak makasih,, jam menunjuk pukul 05:00 wib kak Rino belum juga datang dan sms, aku jadi panik jangan-jangan dia bohong, akhirnya aku sms dan menanya kapan dia mau mengantar skripsi, ya dia Balas sebentar lagi, satu sms masuk, gimana kita jalan-jalan sore, maaf pak sebentar lagi magrib coba tadih siang bapak ngajak pasti kami bisa. Ya sudah bapak sudah di depan rumah kamu cepat keluar. Aku langsung keluar dan menghampirinya silakan duduk pak. Tidak usah soalnya sudah magrib Rino langsung memberi skripsi dan dia berpesan jangan disimpan tapi dibaca. Rino langsung pamit pulang. Sejak itu aku sering bertemu dia dan smsan, aku tidak tau setan apa yang telah masuk kedalam pikiran ku, aku selalu teringat dengan wajah, seyum dan tawanya di setiap sujud ku aku slalu berdoa yang terbaik karena aku tidak mau disakiti dan menyakiti, aku baru sadar dan teringat janji aku kepada papa kalau kedatangan aku kesini hanya mencari ilmu bukan mencari yang lain.

Aku tidak tau perasaan apa yang telah Allah kirimkan. Aku menangis dalam setiap sujud, mungkin ini cobaan untuk ku. Aku tidak mau menyakiti hati seseorang akhirnya aku memutuskan Rino menjadi kakak ku selama aku kuliah di Bandung. Setiap hari aku selalu ngerjain dan menganggu aktivitas pak Rino agar aku tidak merasa kesepian dan sendiri di bandung. Ke esokannya aku duduk di bawah pohon sambil memandang langit yang begitu luas, seorang wanita datang menghampiri ku dengan wajah yang sedih dan kecewa, lalu aku bertanya, kenapa kamu sedih? Wanita itu hanya terdiam. Kalau ada masalah ceritakan biar perasaan kamu bisa tenang dan lega, berlahan-lahan wanita tersebut langsung memeluk ku dan dia mulai menceritakan masalahnya. Kak saya mencintai orang yang salah, dia tidak mencintai saya, dia hanya menganggap saya sebagai teman. saya begitu berharap dia akan mengatakan kalau dia suka dan cinta. kami sering bertemu dan jalan berdua. Saya baru tau kalau dia juga sering jalan dan Cetting dengan teman kuliah, hati saya begitu hancur dan sakit kak. Betapa bodohnya saya mengharap dia menjadi pacar saya, Aku langsung mengusap punggung dan berkata sabar, mungkin dia bukan yang terbaik untuk kamu, jika dia adalah jodoh kamu Insaallah Allah akan mempersatukan kalian dan menunjukan jalan yang terbaik untuk kamu dan dia. Kalau boleh kakak tau siapa orang yang kamu suka, dengan malu-malu dia menjawab Pak….. Pak Rino,,, Apaaaa????? Aku terkejut pak Rino? Ya kak dia orang kerinci dan dosen di kampus kita. Ooo Pak Rino masih satu kampung dengan kakak, kakak sering sms dia bahkan kakak kerjain dia hanya sebatas kakak adek. Sekarang dia sudah tau, apa belum kalau kamu sayang dan cinta dengan pak Rino. Kalau belum katakan semua perasaan kamu, jika dia menolak tanya apa alasan dia menolak. selesaikan masalah ini dengan kepala dingin. Maafnya kakak harus pergi soalnya mau ngembali skripsi.

Aku merasa kasian dan sedih apa yang telah terjadi dengan wanita tersebut, Ya Allah apakah aku nanti akan merasakan seperti itu? Cinta tak terbalas itu sangat menyakitkan. Aku langsung sms Rino Ass, kak dimana sekarang? aku mau ngembaliin skripsi, sekarang Aku sudah di depan perpustakaan. “ Wss, kakak di kampus depan.” Aku langsung menghampirinya dan memberi skripsi. Dalam Hati ku berkata Mungkin ini yang terakhir kali aku melihat kamu, aku tidak ingin mencintai orang yang tidak mencintai ku dan aku takut cinta bertepuk sebelah tangan karena itu sangat menyakitkan, lebih baik aku menghindari bertemu dengannya. Kakak terima kasih sudah memberi pinjaman skripsi, mungkin lain kali kita tidak akan bertemu lagi. Aku langsung pergi. Rino langsung berteriak “ Tidak mungkin pasti kita akan bertemu lagi “. Semenjak itu kami tidak pernah bertemu dan sms.

3 bulan menjelang wisuda. aku sibuk dengan tugas dan pekerjaan kuliah, entah kenapa malam itu wajahnya, seyumnya dan candanya terlintas dibenak ku. Akhirnya aku langsung menghubunginya dan menanyakan kabar. Beberapa hari kemudian bayangannya selalu menghantui ku, aku tidak sanggup kalau seperti ini. Akhirnya aku memutuskan untuk bertemu dia dilapangan agar bayangannya hilang,
“Ass. Kak… nanti sore sekitar jam 04:00 wib kakak sibuk?
“wss. Kakak ada rapat
“ kalau kakak bisa nanti aku joging di lapangan sepak bola sore nanti, aku ingin bertemu kakak untuk terakhir kali aku janji setelah kita bertemu aku tidak akan ganggu kakak, 3 bulan lagi aku akan pergi dari kota ini dan tidak ada lagi yang ganggu kakak. ?
“ Ya,, Insaallah ya,,,,
Hati ku lega karena dia bilang insaallah, bearti dia akan datang. Sore harinya sudah berjam-jam aku menunggu dia sambil joging, tetapi batang hidungnya tidak kelihatan, jam menunjuk pukul 06:00 wib dengan menutup mata berlahan-lahan aku melangkah pulang dengan perasaan kecewa. Aku merasakan apa yang dirasakan oleh wanita yang aku temui di bawah pohon kemaren.

“” Ass. Kakak jahat,,, aku sudah menunggu kakak berjam-jam tetapi kakak tidak nongol sedikit pun.
“ Wss. Kakak tadih ada pertemuan dengan keluarga siswa, ngajar juga, terus rapat jadi tidak bisa datang.
“ ya kalau Job kakak padat kenapa tidak langsung nolak aja, kan gampang. Kalau kakak bilang insaalloh bearti kakak berat ke Iya alias kakak datang.
Sms ku diabaikan begitu saja, ya mungkin pertemuan itu tidak penting bagi dia tapi pertemuan itu sangat penting bagi aku agar aku bisa lupa dan bisa menghilang bayangannya di pikiran ku supaya rasa suka dan cinta tidak muncul. Tidak ada kata maaf darinya dan tidak ada rasa bersalah.. ? begitu tega dia menyakiti perasaan cewek. Aku berusaha sabar dan tegar. Aku langsung menarik nafas dalam dan aku serahkan semua ini kepada sang pencipta mungkin Allah tidak mengizinkan aku dan dia untuk bertemu mungkin ini lebih baik dari yang terbaik.

1 bulan menjelang wisuda,,, aku merasa terbebani dengan perasaan ini aku tak sanggub lagi menahan semua ini akhirnya aku memutuskan untuk mengungkap perasaan dan memberanikan diri, iya atau tidak itu terserah agar pikiran aku bisa tenang walaupun aku sudah tau kalau dia tidak menyukai ku tapi aku ingin mendengar dari diri dia sendiri biar mendapat jawaban yang pasti. aku harus menyiap mental agar tidak syok, aku berusaha mencari waktu yang tepat untuk mengatakan semua unek-unek. Malam itu sepulang dari kampus aku berbaring sejenak kata demi kata telah aku rangkul menjadi sebuah kalimat.

Aku : Ass. aku mau nanya sesuatu, mau kah kamu menjawab?
Rino : Wss. Ya, apa? (dengan cuek dia membalas)
Aku : aku sayang kamu, apakah kamu sayang kepada aku?
Rino : iya sayang sebatas kita kenal.
Aku : ok,,, sip hanya sebatas kita kenal. mungkin kamu sudah tau perasaan aku, kalau aku suka sama kamu, aku mau nanya satu kali lagi apakah kamu punya perasaan kepada aku?
Rino : tidak hanya sebatas kita kenal (“ wow jawabannya begitu tersentuh, aku hanya bisa menarik nafas panjang “)
Aku : ok mantap,,, hanya sebatas kita kenal (Berlahan-lahan aku mencoba untuk melupakannya dengan melakukan pekerjaan yang sesibuk-sibuknya) semua jawaban telah aku dapat dari kamu ternyata cinta aku bertepuk sebelah tangan. Aku mencintai orang yang tidak mencintai ku, biarkan waktu ini akan menghapus semua kenangan. Aku mencintai nya karena Allah dan untuk saat ini Aku ingin menghapus rasa itu karena Allah.

Mungkin dia bukan terbaik untuk ku dan sebaliknya. Jika dia adalah jodoh ku pasti Alloh akan mempersatukan kami jika tidak jadikanlah kami kakak adek, Alloh mendengar ucapan itu suatu saat semuanya akan terjawab. Cinta tak harus memiliki dan cinta tak perlu di pendam kalau di pendam rasanya sakit. Cinta tak harus malu mengungkapkan karena cinta adalah fakta bukan fatamargana. cinta bukan mainan karena cinta berhubungan dengan perasaan. Cinta bukan untuk dipendam tapi cinta untuk di ungkap, cinta sebagai kakak adek, cinta sebagai keluarga dan cinta sebagai seorang kekasih. Cinta ku kepada seseorang adalah tulus dengan ketulusan dan keiklasan cinta akan hilang setelah tau kalau orang yang kita cintai tidak mencintai kita secara berlahan-lahan.Mungkin dimata manusia, harga diri jatuh gara-gara mengungkapkan perasaan tetapi dimata Alloh kita tidak tau.

Dengan berjalannya waktu aku memutuskan untuk melanjukkan study ke New zeland, biarkan semua ini tinggal kenangan, Betapa bodohnya kita ternyata selama ini kita selalu memikirkan orang yang tidak pernah memikirkan kita, setelah kita mengetahui perasaannya kepada kita baru kita sadar bahwa jangan menyia-nyiakan waktu untuk orang yang tidak mencintai kita. Ungkapkan dengan jujur apa yang kita rasakan walaupun jawaban menyakitkan.

Cerpen Karangan: Iis Tri Utami
Facebook: Iis Trie Utami

Cerpen Menunggu Mentari Bersinar merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Menatapmu Dari Kejauhan

Oleh:
Sekarang aku benar benar melihatmu karena kita saling pandang. Aku ingat hal yang paling berarti di hatiku sekarang adalah dirimu sebagai temanku tapi, aku salah ternyata aku ingin lebih

Patah Hati

Oleh:
Patah hati. Itulah yang sedang dirasakan oleh Kania. Dadanya terasa sangat sakit dan sesak. Hatinya tak mampu menahan rasa sakit yang terasa. Begitu perih. Air matanya tak berhenti mengalir

Rusy, Kelinciku

Oleh:
“Hoaaamm…!” aku terbangun di pagi yang cerah. “Wah, sudah pagi rupanya! Aku sholat subuh dulu, deh!” gumamku. Lalu, aku pun membereskan ranjangku, dan pergi ke kamar mandi yang kebetulan

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

One response to “Menunggu Mentari Bersinar”

  1. Aliyahima says:

    Kalau cerpenkubsdh jadi insyallah ingin bergabung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *