Penyesalan Sang Perwira

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Cinta, Cerpen Penyesalan
Lolos moderasi pada: 28 July 2016

Matahari bersinar menerangi bumi ini membuat bunga-bunga bermekaran dengan indahnya, tapi cahaya yang terang itu tidak dapat menyinari hati dan perasaan Laras.

Laras adalah seorang gadis yang tumbuh dengan sejuta mimpi dan harapan yang harus ia raih suatu saat nanti, ia sangat terobsesi dengan yang namanya abdi negara. ia memiliki cita-cita bahwa suatu saat nanti ia ingin sekali menemui orangtuanya setelah ia selesai menempuh pendidikan dan bisa memakai baju yang ia inginkan sejak kelas satu SMK, yaitu pakaian dinas harian yang berwarna biru tua, yang tak lain seragam itu adalah seragam PDH milik angkatan laut.

Laras memang menyukai hal-hal yang berkaitan dengan semi militer karena ia bersekolah di salah satu SMK yang memiliki sistem semi militer maka tak heran bahwa ia sangat selektif dalam memilih teman, karena ia berpikiran bahwa hanya sesama tarunalah yang bisa mengerti kerasnya pendidikan dan sengsaranya menjadi seorang taruna, apalagi di tahun petama pendidikan, saat mereka menyandang gelar sebagai junior. dalam tahun pertama masa junior adalah masa yang sangat menegangkan sekaligus sangat berkesan bagi Laras dan teman-temannya, karena pada masa ini yang namanya junior akan selalu salah di mata seniornya. karena seorang senior mempunyai hak untuk menghukum juniornya walaupun si junior melakukan kesalahan sekecil apapun, dan tak jarang juga kadang tangan lembut senior mereka membelai lembut pipi juniornya dengan kecepatan tinggi (menampar), ditambah dengan pernyataan ada pasal yang menyatakan bahwa Pasal 1: senior tidak pernah salah dan Pasal 2: apabila seorang senior melakukan kesalahan maka kembali ke pasal 1. Jadi intinya seorang junior akan selalu salah di mata seniornya oleh karena itu bagi mereka masa junior adalah neraka bagi seorang taruna.
Hal itu yang membuat Laras lebih suka berteman dengan sesama taruna dan hal itu juga berlaku pada kebiasaan Laras, ia hanya membalas pesan atau BBM dari teman yang berseragam dan menggunakan tanda kepangkatan taruna di pundaknya dan berasal dari kalangan pelayaran ataupun penerbangan saja.

Sampai suatu hari ia dikirimi pesan singkat melalui BBM oleh seseorang yang tidak ia kenal, pesan itu berisi suatu ucapan terima kasih karena ia sudah mau menerima permintaan pertemanannya, namun Laras hanya membalas pesan itu dengan sepatah kata saja yaitu “iya” tapi pria itu terus mengimi Laras pesan setiap harinya, hingga tak terasa 1 bulan Laras saling bertukar pesan dengan pria yang tak ia kenal tersebut, hingga mereka memutuskan untuk bertemu di suatu acara perlombaan yang diadakan di salah satu kampus yang ada di Yogyakarta.

Laras bertemu dengan pria itu dan ia tidak menyangka bahwa pria yang yang sering chatingan dengan nya, dan yang dikira sebagai mahasiswa biasa itu datang menemuinya dengan menggunakan baju PDH yang mirip dengan baju TNI AU serta pangkat yang melekat di pundaknya dan juga potongan rambut yang masih botak. Pria itu bernama Doni dan ia kuliah di salah satu kampus penerbangan yang ada di Yogyakarta, Doni adalah taruna tingkat 1 jadi tak heran jika kepalanya masih botak karena ia masih jadi junior, Laras tak menyangka bahwa selama ini ia saling bertukar pesan dengan seorang taruna karena selama di BBM Doni tidak pernah memasang foto saat menggunakan seragam jadi Laras tidak tahu sama sekali.

Setelah pertemuan itu Laras dan Doni menjadi semakin dekat dan akrab, mereka sering pergi jalan-jalan berdua meski tanpa ada status yang jelas di antara keduanya. dan Laras sadar bahwa ia suka dengan Doni dan ia merasa nyaman saat berada di samping Doni, dan Doni pun merasakan hal yang sama. mereka berdua sering curhat tentang keluarga dan masalah yang sedang mereka hadapi.
Tapi beberapa bulan kemudian sikap Doni berubah kepada Laras, dan ia tak sebaik dulu dan akhirnya mereka bertemu, dan Doni mengatakan bahwa ia sudah memiliki seorang kekasih yang ia rasa jauh lebih baik daripada laras karena kekasih Doni adalah wanita yang berhijab dan tidak seperti Laras. Laras sangat sedih dan kecewa dengan perkataan Doni, dan hal itu yang membuat Laras termotivasi bahwa ia harus menjadi seorang yang sukses suatu saat nanti agar ia bisa membeli mulut orang-orang yang pernah menyakitinya dulu.

Semenjak peristiwa itu Laras semangat untuk meraih cita-citanya dan setelah ia lulus dari SMK ia memutuskan untuk daftar BINTARA TNI AL, setelah mengikuti seleksi yang panjang dan rumit akhirnya Laras berhasil masuk menjadi salah satu taruna angkatan laut dan ia meninggalkan kota Yogyakarta untuk menjalani pendidikan TNI AL di Surabaya. semenjak itu Laras dan Doni sudah tidak pernah bertemu lagi karena Doni juga sibuk dengan kuliahnya yang ada di Yogyakarta karena Doni berencana akan mendaftar menjadi TNI AU. namun saat Doni telah menyelesaikan kuliahnya Doni harus merasa kecewa karena kekasihnya lebih memilih meninggalkan Doni dan pergi bersama orang lain. pada saat itu juga Doni ingat pada Laras. ia merasa bersalah karena dulu ia telah meninggalkannya demi wanita yang telah meninggalkan Doni.

Semenjak itu Doni mendaftar dan mengikuti pendidikan sebagai perwira TNI dan setelah menyelesaikan penidikan Doni yang saat itu sudah perpangkat Letnan Dua (Letda) ditugaskan di Kota Malang, Doni merasa senang karena ia mendapatkan kabar bahwa Laras juga sudah menjadi TNI dan dinas di Malang juga. Setelah sampai di Malang Doni tidak mengenal siapapun hingga pada akhirnya ia bertemu dengan seseorang yang sangat baik yang bernama Rendy. Rendy adalah seorang Perwira TNI AU berpangkat Letnan satu (Lettu), ia sangat baik pada Doni dan akhirnya mereka berdua menjalin suatu persahabatan. Rendy sering menceritakan tentang istrinya, ia sering merindukan istrinya karena mereka hanya bisa bertemu 2 atau 3 kali saja dalam seminggu karena Rendy harus tinggal di asrama padahal Rendy mengaku jika mereka baru menikah.

Tapi saat Doni bertanya pada Rendy mengapa istrinya tidak diajak untuk tinggal bersama dan membeli rumah yang dekat dengan tempat kerjanya Rendy menjawab bahwa istrinya juga seorang abdi negara, jadi ia harus siap untuk tidak tinggal serumah meskipun mereka masih baru menikah, karena ia sadar bahwa demi tugas cintanya terbatas untuk sang istri dan istrinya pun menyadari hal itu.

Mendengar perkataan Rendy, Doni jadi membayangkan jika seandainya hal itu juga terjadi pada Doni dan Laras seandainya mereka berdua menikah, dan Doni juga berfikir pasti hidupnya akan bahagia jika suatu saat Laras lah yang akan menjadi pendamping hidup Doni, dan Laras akan selalu menemani hari-hari Doni dan Laras akan mengenakan baju yang demi baju itu Doni rela disiksa saat pendidikan, baju itu adalah seragam PIA ARDHYAGARINI, sebuah baju yang khusus diberikan untuk istri TNI AU dan baju itu adalah baju yang diimpikan oleh Laras sejak dulu. Doni terus membayangkan hal itu sampai dia lupa, bahwa ia harus siap-siap untuk upacara penyambutan komandan baru di LANUD tersebut dan ia melihat Rendy yang sedang bersiap-siap untuk pulang karena ia akan mengajak istrinya untuk menemaninya dalam pesta penyambutan tersebut lagipula setiap prajurit di haruskan untuk membawa pasangan masing-masing, oleh karena itu Rendi segera pergi dan meninggalkan Doni di barak sendirian.

ADVERTISEMENT

Hari sudah berganti dan upacara itu siap dilaksanakan semua prajurit bersama istrinya masing-masing sudah berkumpul, semuanya terlihat rapi karena untuk para prajurit mereka semua diharuskan untuk memakai PDH sedangkan para istri memakai sragam khusus istri TNI AU. Namun yang membuat Doni kaget adalah sahabatnya, karena Rendy datang dengan ditemani oleh seorang wanita berambut pendek yang mengenakan sragam istri prajurit. Mereka datang mendekat ke arah Doni, dan hal itu membuat Doni merasa sakit hati dan kecewa karena wanita yang ada di samping Rendy itu, tak lain adalah Laras, wanita yang di cari oleh Doni selama ini. ternyata Laras adalah istri sahabatnya sendiri dan Doni marah dan kecewa pada Laras tapi Laras berkata pada Doni, jika ini semua bukan Salah laras karena dulu Doni lah yang telah pergi meninggalkannya demi wanita lain. Dan akhirnya Doni sadar bahwa ia dulu telah meninggalkan wanita yang sangat berharga hanya demi wanita lain yang tak setia.

Cerpen Karangan: Fanara S
Facebook: Fana Fanara

Cerpen Penyesalan Sang Perwira merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

WhatsApp


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Bersamaku Di Istana Bintang

Oleh:
Mobil berwarna silver itu melaju kencang di jalanan yang cukup lengang. Di dalamnya seorang gadis berada di balik kemudi mobil itu. Hujan semakin deras mengguyur. Isak tangisnya tak juga

Demam Test

Oleh:
Nama ku roro aku kelas X di SMA 1 MEJOBO KUDUS, aku lulusan SMP 1 JATI KUDUS. Pagi itu aku bangun kesiangan untuk berangkat sekolah, sementara best friend ku

Berawal Dari Sebuah Nama

Oleh:
Namaku Farrenia Zaviera Alkhatiri aku tinggal di kota Bandung, saat ini aku bersekolah di salah satu SMA terfavorit di Bandung dan duduk di kelas 11-IPA 2. Aku termasuk salah

Ku Tunggu Janjimu

Oleh:
13 april 2010 tepat hari ini, setahun sudah ku menjalin hubungan dengan seorang lelaki yang selalu menemaniku dan selalu menjelma sebagai kekasih sekaligus kakak buatku, dan malam ini kami

Kesalah Pahamanku

Oleh:
Hai, perkenalkan nama aku Sandy, aku duduk di bangku SMA kelas XII, aku memiliki seorang sahabat yang sangat aku sayangi namanya Karin, dan aku juga memiliki seorang pacar, namanya

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *