Pesawat Kertas

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Cinta, Cerpen Persahabatan
Lolos moderasi pada: 14 February 2014

Sahabat Pesawat Kertas
Senja telah tiba
Siang telah berlalu…
Gelap malam telah menanti dengan senyum beribu bintang….
Yang setia menemani bulan….

Seperti Kyky Larasasti yang setia mendengar cerita Andika Diano yang tak henti hentinya selalu menanyakan kebiasaan pacarnya yang sekaligus cewek itu adalah sahabat Kyky, tak Cuma bertanya dia menyodorkan Hpnya agar Kyky bisa membaca sms dari cewek itu dan ia bisa mendengar komentar dari kyky tentang sosok pacarnya. Tapi kyky hanya terdiam memendam rasa sakit, sakit hati seorang wanita yang telah dicampakkan tanpa dihargai keberadaan cintanya namun ia tetap tegar dengan tatapan mata yang tajam dan berkaca-kaca Kyky, mulai merangkai kata untuk mengungkapakn isi hatinya “kenapa, kenapa kamu selalu minta aku seperti ini ka kenapa kenapa lo selau minta pendapat gue, lo pacarnya seharusnya lo lebih tau daripada gue tapi kenapa lo selalu nanya itu terus kalau aku bilang dia masih sayang sama mantanya apa lo percaya ka apa lo bakal nurutin gue kalau gue bilang loe putusin dia, loe tu harus sadar sekarang lo udah punya dia ka dan dia prioritas utama lo saat ini kan sampai sms dari gue aja lo gak bales atau mungkin di hp lo udah gak ada kata kyky”. Kata-kata itu dibalas Dika dengan tawa yang terbahak-bahak dengan memegang tangan kyky dan menatap matanya dia bilang “Asal kamu tahu ky kamu itu udah kayak ibu aku dokter aku kakak aku adik aku kamu itu segalanya untuk aku tanpa jadi pacar aku pun kamu punya tempat sendiri di hatiku yang gak bisa ditempati orang lain”
“Ya terserah lo lah Ka loe mau bilang apa juga aku percaya, aku mau pulang aku capek aku mau mandi”
“ky.. ky loe tu ya cewek cantik cantik kok sore gini belum mandi, pantesan aja gak punya pacar eh ya ky I love you, I Miss U, I need U FOR EVER” kyky hanya tersenyum dan pergi sambil mengusap air mata yang sudah nggak bisa di tahan dari kelopak matanya dan ia sembunyikan dari dirinya sendiri kalau dia tak hanya cinta dengan cowok itu tapi dia tulus untuk menyayanginya dan menerimanya

Saat Kyky belajar Hpnya bunyi satu sms masuk dari Andika “Ky lo lagi apa aku ganggu gak aku nyusahin lo gak aku mau curhat ky please kamu kesini ya temenin aku, aku butuh temen aku butuh kamu caby sekarang dia berubah ky aku mau putus menurut mu gimana Ky”
“Terserah itu hak kamu putus atau pacaran terus, apapun pilihan mu gak bakal ada untungnya buat aku”
“Yah lo ky kok gitu sumpah ky gue butuh nasehat lo sini ow ky lihat bintang sama aku sambil curhat curhatan”
“Males gue lagi belajar!!! besok aja ya kalau nggak gitu lo sms aja deh pasti gue bales”
“Yah lo ya udah deh lo belajar aja dulu SELAMAT BELAJAR CABIE!! Gue curhat ke ita aja ntar pasti ita ceritanya ke lo juga”
“Ya pastinya to, kan dia sohib gue semoga lo bisa pilih yang terbaik ya amin”
“Andai esok aku tak akan bisa lagi menatap bintang, melihat bulan dan merasakan desiran angin akan kah aku tetap bisa bercanda dengan mu sahabatku, masih bisakah aku melihat tawamu, dan masih sanggupkah aku mengusap air matamu”
“Andika Diano itu kata kata kata gue kenapa lo buat puisi”
“aku gak bercanda, ky sumpah gue bingung harus gimana? ya udah lah ky mungkin hanya sampai di sini aja”
Dan saat kyky baca sms dari andika yang terakir, air mata Kyky telah mengalir dari sela-sela kelopak nya, entah mengapa Kyky tak pernah sanggup melihat sahabatnya itu mengalah dengan keadaan dan menyerah begitu saja tanpa harapan. Karena air mata yang terus menetes itu buku pelajaran kyky telah basah bahkan tugas puisi yang Kyky buat telah luntur oleh tetesan air matanya sendiri. Karena itu Kyky berhenti mengerjakan tugasnya dan mengambil satu kertas di sampingnya dan tangannya mulai menggores kan tinta dengan rangkaian kata tentang isi hatinya.

Mungkinkah ini yang namanya kasih sayang, aku harus rela melepaskan orang yang aku cintai demi kebahagiaannya, atau mungkinkah ini yang namanya pengorbanan aku harus tersenyum melihat mereka berdua walau kadang hati ini sakit, Ya Alloh aku tahu cintaku ini cinta terlarang karena itu aku berusaha menghapus cintaku. Ya Alloh bantu hambamu yang lemah ini untuk belajar ikhlas melepas seseorang yang bukan untuku ampuni aku jika aku memaksa diriku untuk terus melupakannya. Ya ALLOH bantu dia menemukan titik terang dari masalahnya amiin.

I LOVE YOU ANDIKA

Setelah Kyky selesai menulis surat, ia lipat suratnya menjadi pesawat kertas dan diterbangkannya ke angkasa agar bintang yang tersenyum di malam itu bisa tahu isi hatinya walaupun ia tahu tak mungkin surat pesawat kertasnya itu bisa sampai ke bintang, tapi satu yang ia yakini doa setiap insan manusia akan selalu terdengar oleh sang Maha Kuasa yang selalu yang tak pernah tidur karena menjaga hati para umatnya. Itu yang membuat kyky selalu sujud padanya dan berdoa semoga diberikan jalan terang di setiap langkahnya dan setiap tindakannya.

Semenjak itu Kyky tak bertemu dengan dengan Andika bahkan inbox yang biasanya penuh dengan celotehan sahabatnya itu, kini satu pun tak ada nama Andika. Tapi semua itu tak seburuk yang Kyky bayangkan karena saat kyky berjalan ke tempat neneknya, tepat di samping rumah Andika ada suara yang memanggilnya dari dalam rumah “Ky mau kemana? ntar kalau mau pulang kesini dulu aku mau cerita penting”

Ketika kyky pulang andika sudah duduk di depan rumahnya tapi kyky tetap berjalan dan tak menghiraukannya tapi suara andika terdengar jelas di telingganya
“Ky tunggu kenapa lo ngehindar dari aku”
Sepontan kyky berhenti dan berjalan menghampiri Andika
“Duduk ow ky aku mau cerita”
“Cerita apa lagi, katanya putus apa lagi yang mau di ceritain lo mau cerita papanya Latri marah lihat tingkah lo, dan semua itu gara gara adik ku atau lo mau aku kesini karena lo mau marah atas kesalahan adik ku, ya aku minta maaf tapi satu sebenarnya itu salah lo sama cewek lo sendiri”
“Hus, ini ni minum dulu biar adem hatimu gak ngomong terus, ky aku udah gak bisa ngelanjutin hubungan itu lagi karena aku sadar semua yang kamu bilang itu ada benernya dia masih cinta sama Tomi dan kata hidup dengan dia itu bagaikan drama cinta itu sekarang aku tahu maknanya saat ini aku mau kayak kamu fokus ke sekolah biar bisa jadi pak dokter naik helikopter dan aku aka setia sama kamu aja boleh kan?”
“Ya ya ya… he maksud loe apaan ka?”
“Aku akan setia jadi sahabatmu selamanya”
“Bicara sih enak tapi buktinya kemarin lusa lo kemana?”
“Aku sibuk belajar dari kamu jadi orang baik yang selalu jalani hidup ini dengan senyum walau sebenarnya sakit hati tapi nggak pernah lihatin semua itu masa walau kadang jengkel dan marah tapi kamu gak pernah benci sama orang yang membuatmu marah”
“Semua itu tinggal gimana kita bisa beradaptasi dengan suasana, dan lo gak bakal bisa jadi gue karena Andika Diano itu bukan Kyky Larasasti cewek bodoh yang ada di depan loe yang selalu dapet cemoohan karena semua hasilnya, tapi cemoohan itu yang membuat seorang Kyky larasati bisa duduk di sampingmu saat ini dan tetap kuat jalani hidupnya karena yang dia tahu hidup itu hanya sementara dan untuk dijalani bukan untuk dirasakan, ditangisi apa lagi di sesali”
“Karena menurut lo penyesalan dan menangisi nasib hanyalah menyia-nyiakan waktu, seperti tokoh yang ada di novel Frist Love Dilema yang menganggap waktu itu kejam ia datang dan pergi begitu saja bahkan waktu membawa hari baru yang mungkin itu akan jadi hari terakir kita bersama orang orang yang kita sayangi, ky janji ke aku ya jangan ninggalin aku sendiri.”
Kyky hanya tersenyum dan meledek nya “lebay lo, aku mau pulang ni gelasnya, makasih es nya ya lain kali gak usah lebay aku itu akan ada buat kamu kapanpun itu”
“Ya udah pulangnya sama aku ya tak boncengin sekalian aku mau main ke rumah Arip” Saat mereka berdua naik sepeda semua mata tertuju pada mereka dan sedikit kata yang menyakiti hati kyky terlontar dari mulut tetangganya “lho lho yang dulu apa udah basi kok ganti baru” Andika pun hanya tersenyum dan berhenti tepat di depan rumah kyky. Tapi Alloh telah berencana lain saat kyky turun mantan Andika lewat dengan tatapan sinis ke mereka berdua, saat kyky turun dari sepeda pergi ke rumah Latri untuk ngejelasin semuanya tapi sahabatnya itu marah dan menganggap kyky yang merusak semuanya hingga dia putus dan kyky juga yang merebut Andika dari dirinya, karena selama ini hanya kyky yang dekat dengan Andika.
“Gue kira loe teman masa kecil gue yang bisa jadi sahabat selamanya tapi ternyata? hanya ita yang bisa jadi sahabat gue gak usah kamu anggap aku sahabat lagi pergi lo pergi!”

Tanpa sepatah kata kyky pergi dari tempat itu dan saat ia melangkah ia melihat burung dara yang jatuh karena sayapnya terluka tapi burung itu tetap berusaha untuk terbang walau mungkin terbangnya tidak sempurna. Dari situ kyky sadar mungkin semua ini adalah ujian dan ia harus kuat untuk kembali memperbaiki semua ini walau dia tahu nanti tak akan bisa sesempurna yang dulu karena telah ada retakan di persabatanya itu.

Esok setelah beberapa hari kyky hanya kontak dengan andika dan ita, mereka sepakat ketemu di danau tempat mereka dulu bermain bersama dan mereka bertiga mengungkapkan isi hatinya berawal dari ita “Maaf aku gak terlalu mengerti dengan urusan ini yang aku tahu kamu putus dengan latri ya sudah semua selesai ternyata aku salah dan jika kamu tau kerena hubungangmu dengan latri persabatan kita bertiga rusak karena latri selalu urusin kamu dan cowok cowoknya yang lain” disambung Kyky “Memang keretakan ini berawal dari pertama kamu nembak latri saat itu dia berubah di tambah kemarin dia tahu kamu boncengin aku mungkin kita akan tetep jadi sahabat selamanya tapi gak selamanya kita akan bersama terus seperti dulu yang selalu bercanda lari larian dan kegilaan kegilaan yang lainnya tapi persahabatan kita yang sekarang akan selalu ada saat kita sedih saat kita senang bahkan disaat kita menangis karena srehabat akan selalu ada dimanapun kita berada karena dia tempatnya di hati kita.”
Andika “Maafin aku, karena aku kalian jadi begini tapi apapun yang terjadi kita akan jadi sahabat dan jika kalian kembali ke teman masa kecil kalian titip salam maafku karena aku gak mu yang katanya dengan ngungkapin isi hati kita di secarik kertas dan menerbangkanya bisa buat kita lega dan agar semua tahu persahabatan sangatlah berarti jika kita saling mengerti” saat itu Latri datang bersama mantanya Tomi dan teriak “Apa itu yang namanya sahabat dan apa aku bukan sahabat kalian lagi? maafkan aku ya karena aku telah lupa kalau ada kalian disaat aku terjatuh kalian yang selalu ada walau aku terkadang buat kalian jengkel tapi kalian tetap sayang sama aku dan buat andika maafin aku karena aku gak mencintaimu dan aku memilih dia. Maafin aku ya karena mungkin kita lebih baik jadi sahabat,” kalimat itu di potong dengan Ita “kelamaan pidatonya ayo kita terbangin pesawatnya aja terus ntar beli corah di traktir yang baru jadian tu.. satu dua tiga yeee. pesawat kertas itu telah terbang mereka nyanyiin lagu soundtrack suatu sinetron di RCTI

tunjukanlah pada dunia sahabat sejati kan abadi selamanya…
jangan pernah kau bersedih, jangan pernah kau rasakan sepi
jangan pernah kau bersedih jangan pernah kaurasakan sepi
meski semuanya telah pergi sahabat kan datangi sahabat yang sejati…

lagu itu yang selalu mereka nyanyiin saat mereka bersama dan lagu itu yang menjadi inspirasi buat mereka walaupun banyak perbedaan di antara mereka tapi mereka tetap menjadi sahabat.

Selesai

Cerpen Karangan: Intan Risky
Facebook: Intan Risky

Cerpen Pesawat Kertas merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Cerita Untuk Hujan

Oleh:
Senja itu ku susuri jalanan yang berair karena hujan. Huft hujan, entah mengapa ketika nama itu ku sebut seluruh peredaran darahku terpacu dengan kerasnya sampai-sampai terasa menyakitkan. Tenang-tenang, aku

Aku Harus Pulang

Oleh:
Sepasang kaki mungil itu berjalan mendekatiku. Aku merentangkan tanganku lebar, bersiap menangkap bocah yang menyambutku dengan senyuman, menghadirkan lesung pipit di wajah polosnya. Aku berjongkok mensejajarkan tinggiku dengan tubuhnya.

Sahabat yang Hilang

Oleh:
Disuatu sekolah ada dua orang yang memiliki persahabatan yang bernama Risa dan Salki. Mereka berdua sangat akrab. Dimana ada Risa disitu juga ada Salki dan sebaliknya dimana ada Salki

Dekapan Sahabat

Oleh:
Hembusan angin membelai lembut pipi chubbynya, ketika kedua tangan ini memeluk tubuhnya dan mengusap jilbab kelabunya. “Menangislah. Aku disini, Aku hanya datang untukmu. Untuk menghapus air matamu. Tumpahkanlah semua

Aku dan Kamu Sama

Oleh:
Bagaikan sebuah bunga yang tak dapat kugenggam ataupun kupetik begitulah dirimu, andai dapat kulakukan itu ingin kumiliki dirimu selamanya, Terkadang impian ini ibarat sebuah cangkang telur kapan saja bisa

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *