Raden Jakawantoro

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Cinta, Cerpen Dongeng (Cerita Rakyat)
Lolos moderasi pada: 26 August 2017

Pada suatu hari lahir bayi tampan, putra dari pasangan jaya wantoro dan sri yantuniyalara. Kedua orangtua itu sangat bahagia dengan kehadiran bayi di tengah-tengah mereka. Sangat banyak calon-calon nama untuk bayi itu dan akhirnya nama yang terpilih adalah Raden Jaka Wantoro.

Setelah usia raden jaka 18 tahun ia diberi tugas oleh ayahnya, mencari pedang sakti di lereng bukit tidak jauh dari kabupaten walang sangon dimana bupati setempat sahabat Ayahnda raden jaka.

Keesokan harinya saat raden jaka bersiap-siap ibunya tidak setuju putra kesayangannya pergi sendiri. Ayanda berkata kepada ibunya “wahai istriku, tugas ini hanya putra kita yang bisa melaksanakannya karena ia keturunan terakhir wantoro untuk saat ini”. Ibundanya menjawab “iya mas, berilah pengawal untuknya agar bisa menjaganya”, dan ayah pun setuju akhirnya raden jaka pergi dengan 2 Prajurit terpilih.
Saat raden jaka hendak naik delman ayahnya berpesan ia harus singgah di istana walang sangon.

Setelah 8 jam perjalanan raden pun sampai di istana walang sangon ia disambut oleh bupati yang bernama Darma Angen Toro dan istrinya Sriyati Sekartya Nugroho. “Raden jaka sudah sampai silahkan masuk” kata istri bupati itu. Setelah itu raden pun beristirahat, setelah istirahat raden pun dipersilakan makan, saat makan ia diperkenalkan dengan putri bupati itu yang bernama Angena Sekartya Putri Toro Nugroho, raden jaka dan putri sekar jatuh cinta pada pandangan pertama.

Saat sore putri sekar sedang menyiram bunga raden jaka menghampirinya dan berkata “putri Angena rajin sekali”, “ah tidak raden, sekar sudah terbiasa”, “oh sang putri panggilannya sekar, menurut saya putri rajin sekali karena bunga sebanyak ini putri yang mengurus”, “tidak juga terkadang saya dibantu dengan dayang. Oh ya panggil saja sekar soalnya lebih enak didengar”.

Sejak saat itu mereka semakin dekat, kedua orangtua raden jaka dan putri sekar pun berniat menjodohkan mereka berdua.

Cerpen Karangan: Lelis Handayani
Facebook: Lelis Handayani
Hallo nama saya Lelis Handayani, saya mahasiswi teknik lingkungan semester pertama di uin ar raniry banda aceh. Kalian bisa menyapa saya di:
FB: Lelis Handayani
Twitter: @Lelis_Handa98
IG: lelis_handay98

Cerpen Raden Jakawantoro merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Mimpi Indahku (Part 1)

Oleh:
Suatu hari, Tania menghadiri acara pernikahan temannya, Yogi. Acara pernikahan itu sangat meriah. Tania sempat membayangkan, acara pernikahannya dengan Sandy nanti akan lebih meriah dan megah dari pernikahannya Yogi

Jam 00:18, 118 Langkah

Oleh:
Embun pagi menghiasi pagiku yang dingin. Dinginnya pagi menyelimutiku yang bahkan berselimut jaket tebal. Termenung sendiri di dalam kelas kosong yang hening dan sepi. Sebagai penghuni pertama di kelasku,

One By One

Oleh:
Yang bisa bertahan hidup dialah yang akan menjadi penguasa. Begitulah hukum rimba yang berlaku. Kita hanya bisa mensyukuri betapa nikmatnya hidup walau terkadang kita juga harus hati-hati dengan kematian.

Tetaplah Bersamaku (Part 2)

Oleh:
Keesokan harinya segala kegalauan meliputi diri, mulai dari keinginan berpisah, rasa rindu, dan lain lainnya yang begitu mengganggu, hingga akhirnya aku ingat bahwa esok adalah anniversary kami yang kedua

Manisnya Cinta Bersama 3 PPL

Oleh:
Centil, sok akrab dan mudah jatuh cinta merupakan karakter yang dimiliki Rara. Di sekolah, banyak sekali cowok yang dekat dengannya. Di tahun pelajaran baru, seperti biasanya pasti ada mahasiswa

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *