Kisah Sang Raja Hutan

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Fabel (Hewan)
Lolos moderasi pada: 7 August 2019

Pada zaman dahulu kala, terdapat sebuah hutan yang luas dan banyak persedian makanannya. Tetapi hutan tersebut tidak terdapat sungai atau sumber air lainnya. Keadaan ini membuat para binatang di hutan harus masuk ke pemukiman warga untuk mencari sumber air. Para binatang-binatang tersebut tidak mengganggu para warga di pemukiman karena hutan dibatasi oleh persawahan.

Di dalam hutan tersebut, tinggallah seekor harimau yang terkenal karena ia pernah pergi ke berbagai hutan di sekitarnya. Ia juga terkenal karena ia sangat baik dan suka menolong.
Suatu hari, harimau sedang mencari makanan di hutan. Ketika hendak memakan buah yang berada di bawah pohon, tiba-tiba harimau mendengar suara binatang meminta tolong. Harimau akhirnya pergi mencari sumber suara tadi. Setelah lama mencari, akhirnya ia menemukan kelinci yang berada di lubang yang sangat dalam.

“Wahai harimau yang baik, apakah engkau bisa membantu saya untuk keluar dari lubang ini?” tanya kelinci berharap harimau bisa menolongnya.
“Baik, akan aku usahakan kelinci. Tunggulah di dalam sana. Aku akan memcari cara untuk menolongmu”, jawab harimau.
Harimau mondar-mandir sambil melihat ke arah lubang tadi sambil berpikir.

Ketika sedang berpikir, tiba-tiba ia teringat hutan yang pernah ia kunjungi. Di dalam hutan tersebut, terdapat sebuah sungai yang sangat dalam airnya. Harimau berpikir untuk menggali lubang tersebut seperti sungai itu.

Dengan cekatan, harimau menggali lubang dari atas sampai ke bawah sehingga menyerupai sungai yang dalam. Setelah menggali cukup lama, akhirnya kelinci dapat naik ke tepi lubang tersebut. Kelinci berterima kasih kepada harimau. Harimau dan kelinci akhirnya meninggalkan lubang tersebut.

Pada suatu hari, terjadi hujan yang lebat selama berhari-hari. Sehingga membuat hutan hampir terendam air. Para binatang dengan terpaksa meninggalkan hutan. Ketika hendak meninggalkan hutan, harimau teringat lubang yang ia gali ketika menolong kelinci. Harimau segera memanggil para binatang untuk membantunya menggali lubang tersebut lebih dalam lagi.

Setelah menggali cukup lama, lubang yang mereka gali semakin bwsar dan dalam. Pada akhirnya, semua air pun masuk ke dalam lubang yang mereka gali dan membentuk sebuah danau yang sangat luas dan dalam airnya. Para binatang pun berterima kasih kepada harimau dan mengangkatnya sebagai raja hutan. Akhirnya danau tersebut menjadi sumber air bagi para binatang di hutan. Mereka hidup bahagia di dalam hutan.

Cerpen Karangan: Nina Fui
Blog / Facebook: Nina Fui
Nina fui bercita-cita sebagai seorang artis.

Cerpen Kisah Sang Raja Hutan merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Singa Dan Bison

Oleh:
Pada suatu hutan, hiduplah Bison yang bernama Sison yang sangat baik hati, jujur dan suka menolong. Tapi pada suatu hari saat Sison jalan-jalan di hutan dia bertemu dengan seekor

Di Balik Sarang Burung Walet (Part 2)

Oleh:
Tanpa mencarikan adiknya makan terlebih dahulu, Welly langsung pergi untuk bertemu Titiraram. Ternyata Titiraram berada di sebuah terumbu karang besar berwarna kuning. “Rupanya, kau telah mengingatku…?” Kata Titiraram. “Maaf,

Ant-ant, Kau hebat!

Oleh:
Perjalanan panjang adalah perjalanan yang lama dan berat. Seperti yang sedang dilakukan Ant-ant. Ant-ant tidak seperti yang lain. Selama ini Ant-ant sering tertinggal di belakang. Namun dia bisa mengumpulkan

Curahan Hati Pom Pom

Oleh:
Sang senja kembali menyapa. Matahari jingga beringsut menghilang, digantikan ufuk-ufuk merah pertanda waktu maghrib akan segera datang. Saatnya aku harus segera kembali ke rumah. Dari segelintir cerita orang tua

Kesedihan Yang Melanda

Oleh:
Pada suatu hari di sebuah hutan yang sangat lebat hiduplah berbagai macam hewan salah satunya ialah si anak kelinci yang bernama Lulu, Lulu adalah anak kelinci yang barusan lahir

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *