Monyet Yang Rakus

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Fabel (Hewan)
Lolos moderasi pada: 9 May 2017

Pada zaman dahulu hiduplah seekor monyet rakus. Ia tidak pernah memikirkan teman-temannya yang sedang kelaparan. Ia hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan nasib binatang lain di hutan.

Pada suatu hari ada seekor kancil dan kura-kura yang sedang berkebun. Mereka menanam berbagai macam buah-buahan ada pisang, semangka, manggis dan melon.

Pada siang hari monyet sedang kelaparan. Ia sulit mencari makanan karena musim kemarau.
“Huh… huh… Haus… Lapar…” keluh monyet.

Tiba-tiba ia melihat kancil dan kura-kura yang sedang memanen buah semangka. Monyet berniat untuk menghampiri kancil dan kura-kura untuk meminta hasil kebun mereka.
“Hai kancil, hai kura-kura” sapa monyet.
“Hai monyet” Jawab kancil dan kura-kura dengan serempak.
“Apa aku boleh meminta buah-buahan kalian? Aku sangat lapar.” Permintaan dan keluh monyet.
“Silahkan monyet. Kami tidak bisa menghabiskan semuanya berdua saja. Tapi sisakan untuk kami.” Ucap si kura-kura.
Dengan gembiranya monyet langsung memakan buah-buahan di kebun kancil dan kura-kura. Tetapi, monyet tidak mendengarkan ucapan kura-kura, ia menghiraukan pesan kura-kura.

Tiba-tiba monyet melihat banyak sekali pohon pisang, ia berniat untuk memakannya. Tetapi, si kancil mencegahnya karena pisang tersebut belum matang.
“Jangan dimakan monyet. Pisang itu belum matang.” Perintah kancil
Monyet tetap memakannya. Tetapi, monyet memuntahkannya kembali karena rasanya masih sangat asam. Sampai akhirnya monyet menemukan pisang yang sudah matang. Ia memakannya sendiri dan tidak membagikannya kepada kancil dan kura-kura. Ia memakannya sambil bersantai di bawah pohon pisang.

“Turun kau monyet. Jangan kau habiskan pisang itu.” Perintah kancil dengan amarahnya yang sudah memuncak. Namun, monyet tidak mempedulikan ucapan kancil.

Kancil dan kura-kura berencana untuk membuat jebakan untuk monyet. Kancil bertugas untuk mengumpulkan kotoran dan kura-kura bertugas untuk mengumpulkan daun-daunan kering. Kotoran hewan tersebut diletakkan di bawah pohon pisang tempat monyet memakan pisang, kotoran tersebut ditutupi oleh daun-daunan kering. Setelah menghabiskan pisang di pohon itu, monyet turun dari pohon dengan meloncat ke bawah dengan penuh kegembiraan. Dan hasilnya tubuh monyet pun jatuh tepat di atas kotoran hewan. Monyet berguling-guling ke tanah untuk menghilangkan kotoran itu.
“Aaaaaaa…” Teriak monyet.
“Ahahahaa rasakan akibatnya monyet.” Ucap kancil dan kura-kura dengan tertawa.

Monyet pun melihat sungai dan langsung meloncat ke air ia menangis karena badannya bau dan kotor. Dengan perasaan iba Si kancil dan Si kura-kura membantu monyet membersihkan diri di sungai.

Akhirnya, monyet pun menyesal dengan perbuatannya. Ia meminta maaf kepada kancil, kura-kura dan binatang hutan lainnya. Ia berjanji tidak akan menjadi monyet yang rakus. Dan mau berteman dan berbagi ke binatang lainnya. Kancil, kura-kura dan binatang hutan lainnya memaafkan monyet. Mereka bersahabat baik dengan monyet. Monyet dan binatang lainnya pun bahagia

Cerpen Karangan: Nurul Fadhillah
Facebook: Nurul Fadhillah
nama saya nurul fadhillah lahir di mojokerto 16 juli 2003. pelajar di SMPN 1 PURI.

Cerpen Monyet Yang Rakus merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Nana Si Burung Baik Hati

Oleh:
Suatu hari hiduplah seorang burung nuri baik hati di hutan amazon, yakni nana. Dia sudah banyak sekali dikenal oleh hewan-hewan lain karena dia suka sekali tolong menolong, memberi dan

Kodok Keputusasaan

Oleh:
Di sebuah desa terpencil, hiduplah seekor kodok yang bernama Kodok keputusasaan. Kodok keputusasaan selalu mengeluh dan menyerah pada setiap usaha yang dilakukannya. Semenjak kejadian 2 tahun yang lalu, Kodok

Saudara Yang Berbeda

Oleh:
Dikisahkan hiduplah dua merpati bersaudara yang hidup di hutan. Namun mereka memiliki sikap yang berbeda, si sulung bernama Merti, Merti memiliki sikap yang sangat beda jauh dengan adiknya, Merti

Raja Hutan

Oleh:
Di sebuah hutan, hidup berbagai macam hewan seperti kucing, kelinci, kerbau, harimau, gajah, singa, zebra, dan lain-lain. Mereka selalu hidup rukun dan damai. Mereka saling membantu, berbagi, dan saling

Si Kancil Suka Bersedekah

Oleh:
Halo aku adalah seekor kancil hidupnya di hutan hujan tropis di Pulau Jawa, tepatnya di daerah Kabupaten Bandung, di hutan tempat tinggalku belum ada sistem pemerintahan, dan mungkin tidak

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

One response to “Monyet Yang Rakus”

  1. Komandan berdasi says:

    Sangat membantu kak makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *