Si Pencuri

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Fabel (Hewan)
Lolos moderasi pada: 4 December 2017

Di sebuah hutan hiduplah sekelompok hewan. Di kelompok hewan tersebut ada hewan gajah, harimau, kerbau, kelinci, kancil dan monyet mereka sering berkumpul dan berbincang bincang bersama.

Pada suatu hari teman-teman dari kelinci yaitu gajah, kerbau, harimau menanam buah-buahan di kebun mereka sendiri. Sedangkan si monyet tidak senang jika mereka selalu bersama dan menanam buah-buahan bersama. Mereka menanam buah mangga, manggis, pisang, apel dan lain-lainnya. Setiap hari mereka menyiram dan merawat tanaman dengan baik, sehingga tanaman buah-buahan mereka sudah berbuah banyak dan segar. Mereka ingin merencanakan sesuatu untuk makan buah-buahan.

“Teman-teman apa ide yang bagus untuk makan buah-buahan?” tanya harimau.
“Aku punya rencana yang bagus yaitu pesta buah.” jawab kelinci.
Mereka senang sekali dengan rencana yang dibuat oleh kelinci. Rencana mengadakan pesta buah. Mereka akan mengundang semua hewan-hewan di hutan. Waktu dan tempat mereka telah memilihnya. Dan untuk besok pagi mereka akan menyusun buah-buhan di meja yang telah mereka siapkan. Mereka ingin membuat acara pesta buahnya menjadi meriah dan menyenangkan.

Namun, keesokan harinya ketika mereka ingin mengambil buah-buahan yang mereka tanam telah dicuri. Buah-buahan habis tidak ada yang tersisa sama sekali. Mereka tidak tau siapa yang telah mencuri buah-buahannya. Gajah, kerbau, kelinci, dan harimau sedih karena mereka tidak bisa merayakan pestanya.

“Bagaimana ini. Buahnya hilang semua dan pesta tidak akan terjadi, siapa yang telah mencurinya.” tanya kelinci.
“Aku juga tidak tau.” jawab kerbau.

Mereka merasa bingung. Tiba-tiba kancil muncul di depan gajah, kerbau, harimau dan kelinci. Dan kancl menceritakanya bahwa, ketika malam hari si monyet yang mencuri buah-buahan di kebun. Si monyet tidak senang melihat semua teman kelinci bahagia. Kelinci dan teman-teman terkejut mendengar semua cerita kancil, dan sejak itu si monyet tidak mempunyai teman lagi. Dan si monyet merasa sedih sekali.

Cerpen Karangan: Dita Dwi Puspita
Facebook: Dita Dwi Puspita
Dita dwi puspita / smpn 1 puri / mojokerto / jawa timur

Cerpen Si Pencuri merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Koko, Beruang Yang Baik Hati

Oleh:
Pada hari Selasa, 10 Januari 2017, ibu Lana hendak bercerita kepada anaknya yang bernama Lana yang sudah mau tidur malam. “Di suatu pulau terdapat desa yang hanya dihuni oleh

Kesombonganku Adalah Sengsaraku

Oleh:
Di taman yang indah dan sejuk, hiduplah kupu-kupu dan lebah yang sangat cantik warnanya. Mereka bersahabat dan selalu bermain bersama. Kupu-kupu itu mempunyai warna nan elok bagaikan warna pelangi,

Too Weird to Live, Too Rare to Die

Oleh:
Mentari telah bangkit dari peraduannya. Lagi-lagi, satu hari sudah berlalu. Bagiku, satu hari itu terasa bagai satu tahun. Bagaimana tidak? Hidupku bagai dikurung dalam jeruji, senantiasa terkekang dan terbelenggu.

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *