Catatan Ucok Si Jomblo

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Fantasi (Fiksi), Cerpen Gokil
Lolos moderasi pada: 3 August 2016

Konon pada zaman dahulu kala, ada seorang Siluman Kera yang dikurung di sebuah gunung karena telah mengacaukan kerajaan langit. Namanya adalah Sun Go Kong, namun cerita itu adalah cerita tentang Kera Sakti dan tidak hubungannya dengan cerita ini, jadi penulis tidak akan menceritakannya.

Suatu malam yang terang benderang dibawah sinar petromax, seorang pemuda yang wajahnya kelihatan tua terlihat menulis di sebuah catatan yang nampak usang. Namanya adalah UCOK, dari namanya sudah bisa ditebak bahwa Ucok adalah pemuda asli SUNDA. Ayahnya adalah orang TURKI (Turunan Kidul) dan Ibunya asli PERANCIS (Perapatan Ciamis). Ucok lahir di Ambon dan besar di Papua. Oleh karena itu Orangtuanya menamakan dia Ucok. Nama dan asal usulnya benar-benar tidak sinkron, sungguh aneh kedua orangtua Ucok ini.

Ucok adalah anak TUNGGAL yang paling BUNGSU. Sebagai anak Sulung yang paling muda, dia harus memikul beban di pundaknya sebagai Kepala Keluarga. Itu dikarenakan Ayahnya Ucok yang berasal dari TURKI bernama NARUTO, telah tewas ketika mengemban tugasnya sebagai Hansip di Kampung Tumaritis. Naruto tewas terkena panah Arjuna yang merupakan pencuri HATI wanita di kampungnya.
Ketika itu, Naruto berhasil menggagalkan aksi tercela Arjuna yang hendak mencuri hati Ayu Ting-tong, “kembang pasir” dari Kampung Face B*ker. Kendati berhasil menggagalkan aksi pencurian Arjuna, tindakan heroik tersebut harus dibayar mahal Naruto yang harus kehilangan HATINYA karena dicuri Arjuna. Akhirnya Naruto meninggal karena sakit LIVER, akibat hatinya yang telah hilang.
Sejak saat itu Ucok menjadi Kepala Keluarga, bekerja keras membanting tulang dan memeras keringat untuk memenuhi kebutuhan nafkah keluarganya. Bahkan demi menggantikan peran Sang Ayah sebagai kepala keluarga, Ucok rela meninggalkan Kuliahnya di ‘DANGDUT AKADEMI”.

Kemudian Ucok berikhtiar mencari nafkah dengan mencoba keahlian dan talentanya dengan mengikuti ‘TUMARITIS NEXT TOP MODEL” dan “TUMARITIS IDOL”. Bahkan dia juga ikut casting acara misteri “UKA-UKA TUMARITIS” sebagai pemeran pendukung yang kesurupan. Namun karena dirinya yang serba kekurangan, yaitu kurang ganteng (jelek), kurang tinggi (pendek) dan kurang berani (mental cemen empat roda) akhirnya dia gagal dalam semua ajang tersebut.

Akhirnya, Ucok banting haluan menjadi penjual Cireng Isi Trio Macan dan Tahu Isi Durian. Tanpa diduga, usahanya berhasil dan menjadikan dia seorang pemuda berparas jelek (Apa hubungannya usaha dengan muka jelek?). Dia bahkan sukses meluaskan usahanya di bidang Kuliner. Bekerjasama dengan Mas Ponari dan Om Sumanto, Ucok berhasil menciptakan produk berupa minuman dengan merek “Es Kobokan Ponari” dan produk makanan “Baso Isi Mayat”.
Usahanya ini laku keras, menjadikan Ucok sebagai Milyuner di usia muda, meskipun wajahnya terlihat tua. Demi mempromosikan produknya, Ucok bahkan menyewa Model dan Aktris Terkenal di dunia maupun di akhirat, yaitu ‘SENDAL JENNER” yang merupakan adik dari KIM JONG UN, aktris dari acara Reality Show Termehek-mehek.
Dengan uang hasil usaha dan Pesugihan yang dia dapat, Ucok mampu membeli sebuah Apartemen Riverside (Rumah Pinggir Kali), Mobil Mewah Roda Tiga merk “Maria Marcedes” dan Jam mewah merk “COLEX”.

Tapi dibalik semua kemewahan itu, jauh di lubuk hatinya yang terdalam Ucok merasakan kehampaan tanpa seorang pendamping. Akhirnya dia memasang iklan di Koran untuk lowongan sebagai pendamping hidup, setiap pelamar harus menyertakan Ijazah dan Daftar Riwayat Hidup untuk dia pelajari.

Pada suatu waktu, ketika Ucok hendak pulang ke rumahnya, tanpa sengaja dia melewati Jembatan Ancol. Tanpa diduga, dia melihat seorang wanita cantik berbaju putih berambut panjang dan wajah rupawan mirip dengan Dewi Persik, pemeran Kuntilanak dalam sebuah film romantis.
Wanita tersebut berada di mulut jembatan, menatap aliran sungai dibawahnya dengan tatapan kosong, seolah siap melompat mengakhiri hidupnya. Melihat hal itu, Ucok bergegas turun dari Mobil Bemo antik kesayangannya. Dengan pelan Ucok mendekati wanita tersebut untuk menyapanya.
“Maaf Mba! sebaiknya menjauh dari pinggir jembatan tersebut! bahaya!” ucap Ucok dengan logat Jawa yang khas.
Ketika mendengar suara Ucok, si Wanita kemudian mengibaskan rambut lebatnya persis dengan iklan shampoo di TV agar terlihat keren. Lalu ia menoleh ke arah Ucok. Dengan raut muka kaget dan penasaran, dia bertanya.
“Mas bisa lihat saya? Mas ini siapa?” tanya si wanita tersebut.
“Nama saya Ucok, saya tinggal di Apartemen pinggir Kali Ciliwung! Kebetulan saya lewat sini dan melihat Mba yang terlihat murung! Akhirnya saya turun dan mencoba untuk menawarkan bantuan kepada Mba!” ucap Ucok dengan nada khawatir. Sejurus kemudian Ucok melanjutkan perkataannya.
“Mba namanya siapa? Apa ada yang bisa saya bantu? Kalau Mba gak keberatan, saya bisa antar Mba pulang, karena hari sudah malam, tidak baik wanita pulang sendirian di malam hari, banyak begal Mba!” ucap Ucok menawarkan tumpangan untuk pulang kepada si wanita.
“Nama saya Maryam, panggil saja Mawar! Saya tinggal di Tanah Kusir, kalau Mas Ucok gak keberatan, saya bersedia diantar pulang Kok!” ucap Maryam dengan nada malu-maluin.
“Ah, gak keberatan kok! asal jangan digendong kaya Mbah Surip!” ucap Ucok sembari tersenyum.

Akhirnya Maryam menaiki Mobil Bemo Antik milik Ucok untuk kemudian diantarkan pulang ke rumahnya di Tanah Kusir. Kendati baru kenal dan bertemu, Ucok dan Maryam alias Mawar nampak akrab dan mesra layaknya pasangan Ahmad Dhani dan Mulan Jamila.
Mereka terlihat asyik masyuk bercerita tentang Syaiful Jambal yang masuk jeruji karena mengebor saluran pembuangan hingga bubarnya Band Fenomenal Kangen Rindu Band. Dengan Nada mirip Fenie Rose, Maryam alias Mawar yang sangat suka bergosip menceritakan tentang dirinya yang merupakan penggemar Penyanyi kharismatis dan tampan, KIWIL.
Ucok yang memperhatikan Maryam alias Mawar rupanya terpesona dengan kecantikannya yang natural dan alami, mungkin karena Maryam sering mengkonsumsi Natur-F. Begitu juga dengan Maryam alias Mawar, terpesona dengan wajah Ucok yang AWET TUA, meskipun dirinya masih muda.

Mereka berdua saling berpandangan tanpa kata, persis adegan video klip RAN “Dekat di Hati”. Ucok yang terlihat suka dengan Maryam alias Mawar tidak lagi bisa membendung dirinya untuk mengungkapkan rasa sukanya kepada Maryam. Dia pun lalu berkata kepada Maryam dengan nada lembut, selembut bedak bayi Talicyl.
“Mawar, saya tahu kita baru bertemu dan berkenalan! tapi meski begitu, saya sudah jatuh hati kepada Mawar! maukah Mawar menerima cinta saya!” ucap Ucok dengan nada lembut.
Mendengar ucapan Ucok, hati Maryam alias Mawar berdetak kencang. Dia tidak menyangka Ucok memiliki perasaan yang sama dengan dirinya. Namun dia harus berkata jujur kepada Ucok tentang dirinya yang sebenarnya. Sembari menarik napas panjang, Maryam berkata kepada Ucok.
“Mas Ucok, Mawar mau berkata jujur! Mawar bersedia menerima cinta Mas Ucok, tapi dengan syarat bila Mas Ucok bersedia menerima Mawar apa adanya!” ucap Mawar dengan nada sedikit khawatir.
Mendengar ucapan Mawar, Ucok menganggukkan kepalanya dan berkata.
“Mas Ucok siap menerima diri Mawar apa adanya!”
Dengan raut muka kaget, Mawar kemudian mulai kembali berkata.
“Mawar sebenarnya adalah Putri Dedemit dari Kerajaan Jin Pantai Laut Utara (PANTURA). Mawar melarikan diri dari rumah karena tidak mau dijodohkan dengan seorang Pangeran dari Korea bernama Lee Min Ho. Tapi Mawar menolaknya karena Lee Min Ho adalah Pangeran yang gemar berj*di dan main Gapleh. Akhirnya Mawar melarikan diri dan berniat mengakhiri hidup dengan meloncat dari Jembatan Ancol! tapi Mas Ucok menyelamatkan Mawar dan membuat Mawar jatuh hati! Jadi, apa Mas Ucok bersedia menerima Maryam alias Mawar apa adanya?” ucap Maryam alias Mawar.
Selesai mendengar penuturan Maryam alias Mawar, Ucok tampak terkesiap dibuatnya. Dia tidak menyangka bahwa Mawar adalah Putri Jin dari PANTURA. Awalnya dia menyangka jika Mawar adalah aktris Jessica Mila yang bermain di Sinetron GGG (Ganteng Ganteng G*y). Namun, sebagai lelaki sejati, Ucok harus menerima diri Mawar apa adanya, karena itulah yang dikatakan sebagai bentuk cinta citata.
“Mawar, Mas Ucok bersedia dan ikhlas menerima Mawar apa adanya!” Ucap Ucok dengan raut muka tersenyum.
Mawar yang mendengar jawaban Ucok sumringah, dia tidak menyangka jika Ucok bersedia menerima dirinya sebagai Putri dari Kerajaan Jin PANTURA. Akhirnya mereka berdua berpelukan, mirip dengan adegan romantis di Film “KUCH KUCH HOTA HAI”.

Setelah kejadian itu, Ucok melamar Maryam alias Mawar kepada kedua orangtuanya dan resmi menjadi pasangan suami istri. Dari hubungan tersebut Maryam melahirkan anak bernama Afgan Istan dan Raiso opo opo yang kemudian akhirnya menjadi penyanyi terkenal di Jagat Hiburan bangsa dedemit.

ADIOS AMIGOS!!!

Cerpen Karangan: Algi Azhari
Blog : http://algigemini.blogspot.com
Facebook : https://www.facebook.com/algi.azhari
Saya suka Miley Cyrus dan Nicki Minaj, bukan karena lagunya, tapi karena….

Cerpen Catatan Ucok Si Jomblo merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Tumbuhan dan Tanaman Ajaib

Oleh:
Pada suatu hari nirina mengunjungi taman yang berada di belakang pabrik. Tetapi tanaman itu tidak pernah di rawat, semua tanaman pada layu. Kata orang setempat taman ini tempat yang

Bunga Itu Mawar

Oleh:
Sebulir peluh menetes melewati rahangku. Jantungku berpacu cepat, berlomba-lomba dengan adrenalin yang mengalir deras melalui pembuluh darahku. Tak sedetik pun aku memelankan langkah, berzig-zag di antara pepohonan, melompati akar-akar

Wujud Asli Sang Perantau Tampan

Oleh:
Suatu pagi nan indah di sebuah desa yang terletak tidak jauh dari kaki Gunung Susa, hiduplah seorang pemuda rantauan dari sebuah kota besar yang padat, Jakarta. Seluruh masyarakat desa

Negeri Balita

Oleh:
Aku terlempar ke sebuah tempat, entah di mana. Semua yang kutemui anak-anak, termasuk orang yang kukenal selama ini berubah menjadi anak-anak semua. Aku tertegun. Aku mengusap-usap mata. Aku tak

End of The World (Part 1)

Oleh:
Kristal salju pertama jatuh di atas helaian surai vermillion Alcor. Dia menatap ke langit Aincrad City dengan pandangan lurus tanpa ekspresi. Uap putih buram terlihat mengepul seirama dengan hembusan

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

4 responses to “Catatan Ucok Si Jomblo”

  1. ahmad riduwan says:

    izin mas algi untuk mengambil cerpennya 🙂

  2. wulan says:

    hebat patut di ajungin jempol.lima jempol buat kmu ehh sory empat jempol.ntu tapi karena apanya?

  3. Sinara Yaslee says:

    bikin ketawa sih,, tapi rela bagi-bagi 😀

  4. Sulastri says:

    Lucu juga. Wkwkwkwkwkwk. Punya bakat buat ngelawak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *