Strike!

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Fantasi (Fiksi), Cerpen Gokil
Lolos moderasi pada: 20 October 2016

“STRIKE!! STRIKE!!” Joko memanggil Strike dengan penuh semangat. Strike Leonardo Esmeralda adalah seorang remaja yang sangat terobsesi pada dunia kepemancingan. Bersama Joko Rossoneri, ia telah menggeluti bidang kepemancingan selama kurang lebih 10 tahun. Mereka sudah mengalami asam manis dunia kepemancingan, mulai dari pancingnya dimakan ikan teri, ikan tangkapannya sedang asyik bermain gadget dan mengajaknya selfie, sampai kapal yang ia gunakan untuk memancing di tengah laut lupa ia bawa, padahal mereka sedang ada di tengah laut. Tenggelam deh.

Mereka sudah menjajal berbagai laut sebagai spot memancing mereka, mulai dari laut asmara sampai laut luka dalam. Karena anak muda sukanya bereksperimen, mereka pun juga sering bereksperimen dengan umpan yang mereka gunakan. Pernah mereka mencoba memancing ikan menggunakan rubik cube, namun hasilnya nihil. Mungkin ikannya tidak tertarik pada permainan asah otak ini. Pernah juga mereka memancing menggunakan umpan sebuah buku. Hasilnya juga sama, bahkan lebih parah. Ini karena buku yang ia gunakan untuk memancing adalah buku “How to Build Unbeaten Kingdom”. Setelah ikan membaca buku itu, laut tempat mereka tinggal sudah menjadi sebuah kerajaan tak terkalahkan.

Lain ladang lain belalang, lain dunia masih dunia lain, lain umpan lain hasilnya. Ada yang lain di senyummu. Ciee. Banyak sekali varian hasil tangkapan mereka selama ini, mulai dari ikan bawal, atlet renang, kapal selam, bangkai kapal, dan pernah juga mereka mendapat strike sebuah bumi. Waktu itu kailnya terasa menyangkut di dasar laut, setelah berusaha keras di tarik ke udara, ternyata itu bumi tempat ia tinggal. Hahahaha.

Namun kisah pasangan itu akan segera berakhir. Joko harus rela meninggalkan Strike menjalani dunia perpancingannya sendiri. Besok ia harus segera take off ke planet seberang dalam acara villain exchange pertukaran penghuni planet. Hal ini membuat Strike sedih. Air matanya berlinang. Iya gitu.

Hari-hari sudah berlalu, Strike menjalani hari-harinya tanpa seorang partnernya. Kini ia mengarungi dunia kepemancingan sendirian. Ia memancing menggunakan pancing spesial pemberian Joko. Pancing itu adalah pancing legendaris dari keluarga Joko dan itu diberikan kepada Strike karena ia yakin Strike adalah orang yang paling tepat untuk mendapatkannya. Strike memenuhi segala kriteria untuk memegang pancing legendaris itu. Strike pun merasa teristimewa mendapat kepercayaan untuk memegang pancing legenda itu.

Perjalanan memancing Strike sudah hampir sempurna. Sudah 98% persen spot di dunia ini telah ia coba. Tinggal satu spot lagi maka ia akan berhasil menyempurnakan 100% spot. Spot itu adalah Sungai Aliran Cinta. Konon di sungai itu terdapat ikan legendaris yang hanya ada satu di dunia. Ikan itu bernama Love Fish. Selama ini belum ada orang yang berhasil menangkap ikan ini. Hal ini membuat adrenalin Strike terpacu. Ia pun pergi kepada sesepuh perpancingan, Mbah Chingir, S.P.

Kata mbah Chingir, ikan Love Fish tidak bisa dipancing dengan umpan sembarangan, dan pancing sembarangan. Love Fish hanya bisa dipancing dengan pancing legendaris yang kebetulan adalah pancing pemberian Joko. Sedangkan umpan untuk Love Fish bukanlah pellet, santet, ikan kecil, harta, tahta maupun wanita (wesyeh). Ikan itu hanya bisa dipancing menggunakan umpan cinta sejati. Otak Strike masih loading. Ia manggut-manggut sambil membelai kumisnya yang sudah agak panjang. Setelah memberi tahu info itu, Mbah Chingir tiba-tiba menghilang.

Strike adalah orang yang tergolong skeptis dan tidak begitu mudah percaya pada mitos-mitos atau hal mistik lainnya. Ia pun mengabaikan info dari Mbah Chingir karena menurutnya hanya hal yang sia sia belaka. Ia pun pergi ke sungai Aliran Cinta dan menyiapkan pancing legendarisnya. Setelah semua siap, mincing dimulai.

Satu jam, dua jam, lama sekali Strike tidak mendapatkan hasil, bahkan sampai kulit manggis sudah tidak ada ekstraknya, atau malah sudah tidak ada iklannya. Ia terus mencoba dan terus mencoba, mulai dari mengganti-ganti umpan, berpindah-pindah lokasi, dan berganti-ganti pasangan.

Lama-lama ia pun mencoba untuk berpikir karena punya pikiran. Ia mencoba memperhitungkan apa yang dikatakan oleh mbah cingir tentang umpan cinta sejati itu. Ia pun berusaha menghilangkan skeptisnya dan mencoba mencari cinta sejati itu. Apa salahnya mencoba, walau ada kemungkinan gagal tapi pasti juga ada kemungkinan berhasil. Justru jika ia tidak mencoba, ia akan 100 persen gagal.

Esok harinya, ia pergi ke rumah pacarnya yang sudah menemani dunia percintaanya selama 24 bulan. Mungkin pacarnya itu adalah yang dimaksud dengan cinta sejati. Ia pun mengajak pacarnya ke sungai aliran cinta. Kemudian ia mencoba untuk memancing sambil bercanda dan berbincang bincang dengan pacarnya penuh kemesraan. Namun seharian tak ada hasil. Ia pun tak menyerah.

Keesokan harinya ia mencoba lagi bersama pacarnya, namun hasilnya tetap nihil. Begitu juga hari hari berikutnya. Ia berpikir mungkin cinta sejati bukanlah pacarnya karena ia tahu cinta seorang pacar itu hanya sementara.

Esoknya, ia mengajak kedua orangtuanya, kemudian ia mulai memancing. Namun hasilnya juga nihil. Ia sudah frustasi, marah, dan menyerah. Ia melemparkan pancing pemberian sahabatnya ke sungai hingga termakan arus. Ia berteriak sangat kencang. “Ya Tuhan!!!! Memancing adalah hidupku. Dan jika Love Fish ini gagal aku dapatkan, artinya aku akan kehilangan hidupku. Aku sudah mengerahkan segala daya dan upayaku untuk mendapatkan ikan ini. Jika Engkau memang berkehendak aku tidak akan mendapatkannya, maka berikanlah petunjuk yang nyata. Dan aku rela meninggalkan semua ini untuk pergi ke jalan-Mu yang lain”

Tiba tiba matahari bersinar, air sungai mengalir, dan pohon pohon tumbuh (ya iyalah). Dari dalam sungai muncul bayangan hitam besar. Dari situ melompatlah seekor ikan berbentuk hati, berwarna merah, di badannya terdapat gambar “<3” dan “:**” serta mengeluarkan bunyi “I love you” terus menerus. Ya!!! Itu adalah Love Fish. Ikan itu muncul terjerat oleh pancing yang dilempar strike beberapa saat yang lalu. Melihat pancingnya kembali ke permukaan sungai, strike pun segera mengambilnya dan berusaha menarik ikan Love Fish itu. “STRIKE!!! STRIKE!!!!” ia terus memegangi pancingnya. Setelah sekian lama berusaha dan berupaya dengan segala usaha dan upaya, ia berhasil menangkap ikan Love Fish itu. Hatinya bahagia melebihi apapun. Ia berpikir kenapa bisa ia mendapatkan ikan itu. Ternyata yang dimaksud cinta sejati oleh Mbah Chingir adalah cinta kepada Tuhan. Karena Tuhanlah kita ada, Karena Dia, kita bisa memiliki orang-orang yang kita cintai. Maka dari itu cinta kepada Tuhan harus lebih diutamakan daripada cinta kepada makhluk ciptaannya. Ia sekarang mengerti apa itu cinta sejati. Ia tahu. Tiba-tiba Love Fish itu menjadi seorang wanita cantik. Istilahnya cantik-cantik ikan (temennya ganteng-ganteng serigala). Ia pun mengajak strike menikah. Mereka hidup bahagia. Mereka berciuman. Tiba-tiba lagi strike berubah menjadi seekor ikan. Ternyata wanita itu adalah penyihir yang menyamar. Strike menjadi ikan berkumis yang sekarang orang kenal dengan ikan lele. Cerpen Karangan: Listya Adinugroho Blog: www.bocahsastra.blogspot.com Facebook: Listya Adinugroho Nama saya Listya Adinugroho. Makasih.

Cerpen Strike! merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Four Super Power Girly

Oleh:
Namaku Jennifer Theresia Maureen, sapa saja aku Jenni, aku bersekolah di Bridge University di Amerika. Aku berasal dari keturunan Cina-Indonesia dan tentu saja dong aku mengerti bahasa China, Indonesia,

Kisah Titik dan Garis

Oleh:
Di dunia tulisan, hiduplah sebuah Titik dan Garis Hitam. Mereka berdua sudah lama bersahabat. Pada suatu hari, Garis Hitam berkata pada Titik, “Titik, sudah lama aku ingin mengatakan ini

Unseen World Series (SAGA)

Oleh:
Matahari memancarkan sinar hangat siang itu, dengan hembusan angin lembut membelai pipi menambah kemanjaan para penikmat surga dunia. Tak terkecuali Amanda, di tengah padang rumput yang ditumbuhi oleh ilalang

Cerita Akhir Pekan

Oleh:
“Mbak, lontongnya 1 berapa?”, “1500 mas!”, “Mahal amat sih bak!, kemarin saya beli di tempat lain harganya cuma 1000 ada bonusnya lagi!”, “Saya mau nanya mas?, mahalan mana lontong

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *