The Secret In Delpa Of The Sea

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Dongeng (Cerita Rakyat), Cerpen Fantasi (Fiksi)
Lolos moderasi pada: 23 August 2019

Dulu saat faizan duduk di bangku sekolah, faizan membolos pelajaran matematika dan bersembunyi di perpustakaan dengan temannya mauldi, di ruangan sempit di ujung perpustakaan. di sana tergeletaklah sebuah selembaran kertas yang sudah usang dan terpisah dari halamanya, faizan pun menyusun kembali kertas tersebut, di dalam kertas tersebut menceritakan tentang seorang pemburu minyak paus yang bertemu dengan paus bertotol putih.

Diceritakan pada abad pertengahan, sebelum minyak bumi ditemukan, manusia kala itu memamfaatkan minyak dari paus untuk kebetuhan sehari hari, seperti untuk menyalakan lilin, bahan bakar mentah mesin, dan lain lain. Untuk itu profesi menjadi sang pemburu paus sangat menguntungkan di kala itu, meskipun taruhannya nyawa sendiri atau mereka meninggalkan keluarga agar bisa pergi berburu minyak ikan paus selama berbulan Bulan.

Alkisah pada suatu waktu, di musim kawin paus antara bulan september sampai akhir bulan januari, orang orang ramai ramai pergi ke laut untuk berburu, di karenakan musim paus kawin adalah musim panennya bagi para pemburu minyak paus. Begitu juga yang dirasakan oleh keluarga Seur Jack delpa umur 51, bersama kelima anaknya yaitu Klop hand delpa umur 29, Menisz delpa umur 28, Edwadr delpa umur 25, Stord baes delpa umur 22, dan anaknya yang paling muda Shirz delpa 19 tahun. Keluarga ini sudah menjadi pemburu minyak paus dari sejak kakek moyang mereka.

Singkat cerita setelah pemburuaan di awal bulan september dan berakhir di pertengahan bulan desember, keluarga ini kembali ke kampung halamannya dengan membawa minyak paus, sekitar 3000 barel minyak, rasa puas pun tak henti hentinya dirasakan oleh keluarga tersebut dan juga penduduk yang bermukim di sana, tapi entah kenapa tidak dengan yang dirasakan oleh sang ayah sendiri, dia merasa perburuaannya tahun ini jauh lebih kecil dari tahun lalu, membuat dia ingin kembali ke lautan untuk berburu kembali, tapi keinginannya ditentang oleh keluarga dan para penduduk di desanya, sifatnya yang begitu keras kepala dan merasa mampu berbuat apa pun membuat ia bertakad untuk berburu lagi walaupun kali ini dia sendiri yang pergi ke lautan.

Satu bulan lebih ia mempersiapkan perbekalan dan alat alat berburu, dan selama itu istri dan anak anaknya terus membujuk agar sang ayah tidak pergi ke laut sendirian, terlebih lagi bagi anaknya yang pertama klop hand delpa, yang sudah merasa kesal dengan sikap ayahnya yang keras kepala dan tidak mendengarkan nasehat orang, klop pun sudah tidak peduli dengan ayahnya dan membiarkannya pergi sendirian ke lautan yang penuh dengan mara bahanya.

Satu bulan telah berlalu, dua bulan berlalu, hingga pada bulan ke tiga, di saat perbekalan hampir habis, di saat Seur jack delpa memasuki wilayah tanjung harapan, di sana dia melihat sekawanan paus orca sedang berkumpul dengan anak anaknya. Rasa bahagia pun tersirat di wajahnya, ia pun langsung menyiapkan tombak dan tali tambang, tembakan pertama tidak mengenai paus tersebut, begitu juga dengan tembakan kedua dan ketiga, dan disaat tembakan ke empat, akhirnya tombak yang diarahkan pada paus orca menancap pada sirip paus tersebut, hingga, tiba tiba perahu yang ditumpanginya terbentur seperti ditabrak sesuatu, Jack pun memeriksanya, dan tidak disangka yang manabrak itu adalah paus orca besar dengan penuh luka dan totolan putih di sekitar matanya, jack berusaha untuk mengusir agar buruan yang sudah didapat tadi tidak lepas dari tancapan tombak.

Setelah hampir 20 menit bergulat dengan dua paus, akhirnya paus yang mengganggu tersebut pergi meninggalkan jack dengan buruan Jack yang sudah lemas akibat darahnya yang terus keluar. Jack pun akhirnya mendapatkan minyak paus sekitar 250 barel dari 3 paus yang ia temukan setelah paus pertama yang ia buru, ditotalkan menjadi 4 ekor paus. Jack pun berkeinginan untuk pulang dengan hasil tangkapanya yang memuaskan, tapi di perjalanan ia bertemu kembali dengan paus orca besar bertotol putih, tetapi kali ini paus tersebut tidak menabrak kapalnya lagi, hanya mengikuti perahu jack dari kejauhan, walau pun jack ingin membunuhnya dan mengambil minyak dari paus tersebut, tapi apa daya, peralatan jack sudak hancur akibat paus yang ke empat tadi, membuat dia mengurungi niatnya untuk mengusir atau mengambil minyak darinya.

Berbulan bulan kemudian hingga bertahun tahun lamanya, Seur jack delpa tak kunjung pulang ke kampung halamannya, atau pun satu kata kabar tentang dirinya, malah tersebar kabar tentang palaut bodoh yang diikuti oleh buruannya sendiri. Hingga lima belas tahun berlalu, dan semajak kehilangan ayahnya, anak anak Jack semuanya beralih menjadi pengusaha dan meninggalkan pekerjaan dahulu yaitu menjadi pemburu paus, terlebih lagi populasi paus yang kian menipis, membuat pemerintah membatasi perburuan dikarenakan minyak bumi yang sudah ditemukan, tapi tidak untuk anak pertama jack, yaitu Klop hand delpa, yang tetap menjadi pemburu minyak ikan paus mengikuti jejak ayahnya, mengarungi lautan diiringi kepercayaan, kelak dia akan menemukan kabar tentang keberadaan ayahnya yang hilang.

Dan ternyata banar, di perburuannya yang ke sembilan Klop mendengar kabar tentang seorang portugis yang menemukan bangkai ikan paus orca besar bertotol putih di sebuah pulau terpencil di tanjung harapan, dan di sebelah bangkai tersebut ada puing puing kapal pemburu ikan Amalina ship, diduga itulah kapal milik Seur jack delpa yang terdampar bersama paus orca, inilah yang dikatakan orang orang tentang “Seorang Pelaut bodoh yang diikuti buruannya sendiri.” dan di dalam kabin Seur jack delpa, ditemukan tulisan tentang bagaimana ia bisa terdampar, jack terdampar dikarenakan ombak ganas tanjung harapan, dan paus itu mengikuti jack hingga ke bibir pantia, membuat paus itu terdampar bersama dengan jack, selama terdampar Jack selalu berusaha untuk menyelamatkan paus agar tidak terdampar seperti dirinya, hingga paus itu mati bersama jack di sampingnya. Dan kata terakhir yang ia tulis adalah “memang benar pada awalnya mejengkelkan dan membuat resah diikuti oleh paus sialan ini, tapi pada akhirnya aku perlahan menyadari, setidaknya disaat ku pulang dan terdampar di pulau ini, ada yang menemaniku hingga akhir hayatku, yaitu paus bertotol putih ini.”

Tambahan arti nama Delpa adalah
(Orang yang terdapar/Orang yang tersesat)

Cerpen Karangan: Sahrijal Amwal
Blog / Facebook: Sahrijal Genz
Sahrijal amwal lahir di Bekasi 18 juli 1999, dan sekarang tinggal di kota Tasikmalaya bersama kedua orang tua nya, satu kaka perempuan dan adik perempuan di tambah nenek yang super cerewet. Mimpinya dari kecil ingin menjadi astonot agar bisa menjelajah antar bintang kayak di film Star Trek dan film Passagers, membuat Sahrijal remaja kebingungan harus memulai dari mana agar mimpinya bisa terwujud, untuk itu ia beralih memutar mimpi ke mimpi yang lebih sederhana dan mudah di mengerti oleh akan batin dan indra ke-6, yaitu menjadi penulis. Moto hidup yang selalu menghantui nya ialah “Hidup ini cuma sekali, jadi kejarlah mimpi mu walau hanya satu kali, setidak nya kau akan terlihat keren mengejar mimpi di siang bolong”. Dan kata kata itu lah yang akan mengubah kehidupan Sahrijal di kemudian hari, apakah jadi lebih baik atau biasa biasa saja, itu semua tergantung pada hati manis nya, hati manis kalian.

Cerpen The Secret In Delpa Of The Sea merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Cerita Yang Tak Berujung

Oleh:
Pada zaman dahulu kala hidup seorang Raja yang bijaksana, baik dan suka membantu rakyatnya. Salah satu kegemaran Raja ini ialah suka mendengarkan orang bercerita. Raja sudah sering kali mendengarkan

Putri Cimberline

Oleh:
Dahulu, di Kerajaan Inggris yang dikuasai Raja Anderson dan Ratu Lyriena, mereka mempunyai seorang Putri yang bernama Cimberline, Pada suatu hari Putri merayakan ulang tahunnya yang ke 17 Tahun,

Saga World, Adventure Start (Part 1)

Oleh:
Bumi adalah sekumpulan lapisan tanah yang saling bertumpuk dan di dalamnya hidup berbagai makhluk hidup mulai dari hewan tumbuhan dan terutama manusia, manusia adalah makhluk mendominasi di planet bumi

Kontes Memasak Endemmo

Oleh:
“Selamat pagi, Itzel! Aku punya kabar baik untukmu!” ujar Silvana di pagi yang cerah itu. Ia datang ke toko roti Itzel dengan semangat hari ini. “Nanti saja, sedang banyak

Silk Road (Part 2)

Oleh:
Keesokan harinya sebelum matahari terbit jayanegara membangunkan dewi kumala. Dewi kumala segera berdiri dan mengambil sikap siaga, “ada apa? Apa mereka datang?” “tidak, aku ingin membawamu ke suatu tempat.”

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

One response to “The Secret In Delpa Of The Sea”

  1. Helga warni amelia says:

    Ceritanya menarik sekali,saya suka dengan cerpen ini.memberikan saya ilmu dan pengetahuan baru,dan saya juga mendapat motivasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *