Absurd

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Gokil, Cerpen Remaja
Lolos moderasi pada: 19 September 2013

Cerita Pendek atau cerpen, itulah kata kata yang membuatku pusing belakangan ini. Tugas Bahasa Indonesia yang diberikan Bu Yarmis, yang ngebikin otakku berpikir keras sampai berasap hitam tebal dan ngeluarin aroma kaos kaki 1 minggu sudah di pakai nggak diganti! Kalau penasaran bau nya gimana, coba aja.

Cerpennya harus dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Sedangkan Pengalaman pribadiku bukanlah sesuatu hal yang bakal menarik buat dijadiin cerpen, pastinya. Mungkin tugas seperti ini adalah hal yang paling mudah bagi teman teman ku yang sedikit autis atau mungkin idiot. Seperti Adya contohnya yang hobbinya mengarang cerita fantasi tentang “Dunia Paralel” yaitu dunia yang dipenuhi dengan hal yang nggak akan mungkin terjadi di dunia nyata. Seperti kalau dia dulu adalah mantan agen CIA yang di tugaskan buat mata-matain gerak gerik pemerintahan Rusia dan bertugas menyelamatkan umat manusia dari bom nuklir buatan Rusia, dan dia memiliki jurus pamungkas, yang di beri nama “super kawai punch” sambil teriak “nikmatilah indahnya kisah cinta masa SMA mu di alam sana yeah!” *itulah akibat kalau keseringan nonton Anime hahaha. Dan mungkin tugas cerpen si Adya sudah selesai, sedangkan aku belum menulis apapun. Setiap hari teman-temanku selalu nanya tentang cerpenku, “lu udah bikin jo?” Atau “cerpen lu dah selesai belum?” Bikin aja kagak, kapan mau selesai!

Sebenarnya aku ingin cepat-cepat menyeselesaikan tugas ini, tapi ya bagaimana lagi. Otakku sudah tersumbat, terus tiba-tiba ada suara benda semi padat jatuh ke dalam air, lalu tercium aroma tak sedap, itu otak atau WC sih!? Sudah lupakan. Sempat terlintas olehku untuk menulis apa saja yang bukan merupakan pengalaman pribadiku bahkan, “copas” (Copy Paste) dari internet. Menurutku itu tidak terlalu buruk. Bu Yarmis kan nggak bakalan tau kebenaran cerita ku. Tapi akhirnya aku berpikir dua kali buat nge bikinnya.

Sepanjang perjalanan pulang sekolah tadi, aku mencoba mencari ide buat cerpen. Tapi yang ada di pikiranku hanya tertuju ke “dia” seorang, senyumannya yang membikin hatiku cenat cenut, wajah nya yang tampan, dan kumisnya yang bikin dia kelihatan imut, oh… bambang, kau mengubah dunia ku. Kok jadi ngerasa h*mo yaa? yang pasti aku bukan lah seorang h*mo, yang tadi cuma sebagai pemanis cerpen doang kok, aku kan masih normal, sekarang aku memiliki rasa sama cewek walaupun dia nggak ada rasa ke aku. Ya mau gimana lagi aku nggak bisa memaksakannya. Kita kembali ke cerita, nah tugas cerpen itulah yang bikin sakit kepala.

Kalau syarat cerpennya bebas sih juga nggak masalah, kan ada Internet, tinggal cari di internet saja terus jadiin pedoman. Mungkin yang lebih parah lagi tinggal di copy paste dan diberi sentuhan khusus biar nggak ketahuan copy pastenya. Apa sih yang nggak ada di internet? Semuanya ada bro, dari hal positive sampai negative. Tapi ingat gunakan lah internet untuk hal positive. Kalo mau lihat yang negative mending di warnet saja bareng temen bro, biar dosa sama resikonya di tanggung bersama hehehe *becanda kok, Ingat JANGAN DI TIRU!

Sebenarnya aku paling nggak suka dengan urusan karang mengarang. Apalagi masalah pengalaman pribadi. Menurutku, cerita hidupku nggak asik buat di jadiin cerpen. Setahuku cerpen biasanya menarik, penuh kejutan, dan berkesan. Kecuali kalau mengarang alasan telat, nggak bikin tugas, telat pulang, dll. Masih banyak lagi karangan alasan ku yang lain. Tapi rekor karangan alasan terbanyak masih di pegang oleh Adhib, mungkin kalau alasannya di kumpulin bisa jadi novel 5 season tebal 500 halaman, lebih parahnya lagi kalau di jadiin sinetron judulnya “Alasan Adhib” sampai 5 season.

Nggak kebayang gimana jadinya, di mulai dari “alasannya si Adhib” pacaran sama “alasan lainnya” dan mereka terjerat cinta segitiga, walaupun hubungan mereka sempat kacau tapi mereka tetap bertahan karena kekuatan cinta mereka. Dan mereka menikah, punya anak, hidup kaya raya, tapi karena masalah internal perusahaan, mereka jatuh miskin dan anak mereka jadi liar terus main band Rock n Roll dan minum minum, akhirnya di oper ke pesantren. Ceritanya pun masih berlanjut, mereka jualan sate ayam. Kenapa nggak jadi tukang bubur aja? Karena tukang bubur sudah pernah main sinetron dan naik haji. Lagian tukang sate ayam juga bisa kok naik haji, emang tukang bubur saja yg bisa. Dan nggak usah kita lanjutin, kalau mau tau lanjutannya tongkrongin aja RCTI sekitar jam 20.00 setiap Rabu dan Kamis, oh ya kabar nya hari Rabu nggak tayang tapi tayang lebih lama hari Kamisnya.

Waktu sudah niat bikin cerpen, sampai di rumah langsung niat di kerjain eeh nggak jadi, karena cacing cacing di perut yang sudah demo. Terus habis makan, niatnya cuma nyantai bentar, eeeh gara gara hawa dingin dari AC kamar dan di temani lagu beraliran keras (hard*ore, metal, grindcore, br*tal de*th) jadi ketiduran. Pas maghrib baru ke bangun, langsung ke kamar mandi ambil wudu terus sholat, maklum orang shaleh! sholat ashar aja kagak. Habis sholat eh tiba-tiba mati lampu deh, dan proses bikin cerpennya di tunda dulu. Nyoba nyoba masang alarm jam 11 atau 12 an mana tau ntar lampunya sudah hidup, terus tidur. Nggak taunya pas sudah bangun ternyata azan subuh sudah berkumandang dan sholat isya pun terlewatkan, cerpen nya juga nggak jadi di bikin padahal mau di kumpulin besok. Sungguh bad luck nya.

Dan aku pun menyerah, mending bikin di sekolah biar bisa dapet inspirasi dan mumpung ada Wi-Fi gratis, kan sayang nggak di manfaatin sebaik baik mungkin, maklum orang miskin! Pengennya yang gratisan terus. Iklan dulu ya, biar keren.

~ iklan Klinik Tong Seng ~

Dulu saya terkena penyakit kencing batu, setelah saya berobat ke klinik Tong Seng, kini kencing saya pasir, semen, genteng & akhirnya bisa bikin rumah. Terimakasih klinik Tong Seng.

Yang tadi itu nggak penting banget bro, biar bikin cerpenku kelihatan panjang saja. Kembali ke topik sebelumnya. Terus waktu di sekolah, sudah bela belain bawa laptop berat berat biar bisa bikin tugas. Nggak jadi gara gara godaan teman, yang ngajakin main game lah atau ngajakin nonton iron man 3 yang baru rilis, semua rencana jadi gagal. Tapi inspirasi cerpen timbul waktu lagi main main bareng teman. Ketika farhan lagi senam poco poco diiringin irama suara anjing yang dia tiruin, terus denger cerita adya kalau si Olga Syahputra itu cyborg buatan cina KW 3 di produksi MITO, kereen kan? sayangnya buatan cina, KW 3 lagi. Tau Olga nggak? Kalau nggak tau nggak 4l@Y lu. Biar gua jelasin ya, Olga itu Hostnya acara Dahsyat yang lalayeye itu lo, yang semua penontonnya nggak pernah ganti itu itu aja, yang narinya cuci cuci terus jemur jemur. Klo masih nggak tau tongkrongin aja RCTI kira kira jam 9 tiap harii!

Okeh kita lanjut, dan akhirnya inilah dia cerpen absurd Ala M. Haris Jonas siswa SMA 10 Padang, kelas X7. Yang di kelas itu Cuma ada murid absurd dan 97% anggota kelasnya nggak normal. Cerita ini nggak fiktif, ini beneran! Cius deh! Oh ya cerpen ini bercerita tentang kehidupan sehari hari seorang anak manusia saat dia lagi mencari inspirasi cerpennya. Berbagai cara pun dia lakukan buat cari inspirasi, dari mulai nongkrong di WC rumahnya lalu WC tetangga sampai WC umum! Soalnya ada mitos mengatakan kalau nongkrong di WC lama lama bisa menimbulkan ide. Ternyata itu salah! Yang ada malah nambah bau badan dan mengakibatkan wasir atau ambeien karena jongkok kelamaan. Satu pesan terakhir dari si penulis “Gunakanlah waktumu sebaik baiknya dan kalau mau nulis cerpen mending nongkrong di café murah + wi-fi gratis, dan jangan sampai menyesal seperti ku karena waktu ku habis gara gara nongkrong di WC dan sekarang aku nggak bisa duduk dengan nyaman *alias ambeien” Wassalam.

SEKIAN

Cerpen Karangan: M. Haris Jonas
Facebook: jonas muhammad haris
twitter : @mharisjonas

Cerpen Absurd merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

WhatsApp


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Memori Nami

Oleh:
Seorang gadis tampak sibuk membereskan sebuah gudang yang berantakan. Debu-debu menempel di setiap benda yang dipegangnya. “Aduh, mama, kenapa sih kita mau beresin gudang, kan kita uda mau pindah,

Aku Membencinya

Oleh:
Di suatu sekolah terdapat siswi SMA kelas 1 yang pintar, Tiza namanya. Sifat Tiza sangat berbeda dengan Zein. Zein adalah siswa yang malas, bodoh dan selalu mencontek PR Tiza.

Apabila Sudah Berusaha dan Berdoa

Oleh:
Pelajaran terakhir hari ini selesai juga. Aku berjalan santai menuju gerbang sekolah bersama beberapa teman temanku. Hingga perasaan santai itu berubah drastis menjadi gugup. Langkahku terhenti saat seseorang memanggil

Berubah

Oleh:
Pagi yang cerah seorang gadis cantik yang bernama Sinta bergegas menuju sekolahnya. Dia dengan gembira berangkat ke sekolah bersama tiga sahabatnya Ina dan Rara. Sinta merupakan gadis cantik yang

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

4 responses to “Absurd”

  1. ucok says:

    Wahahahaha lucuu naneeettt :33

  2. Izhary says:

    Nice idea, cerpen yang isinya cerita galau gara-gara bingung tugas bikin cerpen. ^_^
    Btw, ini cerpen yang dikumpulin ke Bu Yarmis? 😀

  3. leonardo says:

    hahahaha gokil jo
    tingkatkan lagi yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *