Ganteng Gue Itu Natural

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Gokil, Cerpen Remaja
Lolos moderasi pada: 14 April 2016

Sambil terus berpose di depan kaca, “Mm.. Bentar, bentar mungkin kalau gue dikasih berewok dikit bakal mirip Andi Arsyil, mmm.. Enggak, enggak Andi Arsyil nggak punya brewok, mungkin mirip Robert Pattinson kali ya?” berkali-kali gue yakinin diri gue sendiri kalau gue itu mirip Robert Pattinson, tapi akhirnya gue kalah sama fitnah para haters yang bilang gue lebih mirip sama mantan personel one direction zein malik. “Udin.. Jam 8 lu masih mau ngaca tong? Sekolah sono,” suara emak yang cempreng nancep banget sampe lubuk hati yang paling dalam. Maklum, keluarga gue asli betawi, jadi logat dan nada bicaranya mungkin agak sedikit terkesan kasar.

“Hah? Jam 8? Perasaan tadi gue lihat jam masih jam 6 deh, ah emak pasti bohong nih,” gue ngedumel dalam hati, tapi setelah gue lihat jam bergambar hello kitty yang nempel di tembok gue. “Massyaallah.. Jamnya mati!” Gue segera lari menuruni tangga, gue samber roti isi daging yang disiapin sama emak.
“Mak Udiin berangkat,” teriak gue tanpa sempat mencium tangan emak yang putih mulus kayak punya Raisa.

Sesampainya di sekolah jam menunjukkan pukul 9.00 siang, waktunya istirahat, “Gila gue telatnya amazing banget dah, pihak sekolah juga pengertian banget, tahu aja gue lagi cape ehh langsung dikasih istirahat,” kata gue santai. Tiba-tiba ada yang narik kuping gue dari belakang.
“Dasar anak nakal, telat itu semenit dua menit bukan sejam dua jam,” kata Pak Wardi sambil melotot.
“Iii.. Iya Pak maaf, soalnya tadi anak tetangga ada yang nangis minta permen Pak,” kata gue sambil nyari alesan yang tepat.
“Lah apa hubungannya sama anak tetangga? Kamu beliin dia permen?” jawab Pak Wardi makin geram.
“Ya engga sih Pak, cuma cerita aja,” sambil lari gue cengengesan gak jelas.

Sesampainya di kelas gue mendapat sambutan yang amat sangat meriah, satu kelas kompak nimpukin gue pake bola bola kertas, tapi di situ gue ngerasa kalau gue itu kayak zack efron yang lagi jalan di catwalk, dikerubungin reporter sambil dadah dadah, “Awww..” sontak gue ngejerit, rupanya batu berukuran sekepalan tangan mendarat di jidat gue. Tadinya gue pikir itu meteor yang jatuh dari langit, tapi pas gue lihat atap kelas ternyata masih rapet dan aman-aman aja, tiba tiba satu kelas ketawa rame banget.
“Rasain lo, makanya jadi cowok nggak usah belagu,” kata salah satu cewek tomboi di pojokan kelas. Rupanya cewek itu yang nimpuk gue pake batu.
“Oke tunggu pembalasan gue,” kata gue dalam hati, mata gue ngelirik-ngelirik sinis dipakein senyum sadis dikit, biar mirip adegannya Leonardo Decaprio ke Lady Gaga saat golden globe.

Bel masuk berbunyi, gue langsung duduk di barisan paling depan bareng sobat akrab gue, namanya Ricky Harun, emang sih namanya keren persis sama aktor ganteng anaknya Donna Harun yang main di sinetron GGS, tapi waw andai kalian tahu itu sama sekali tidak seperti yang kalian bayangkan, mungkin ibarat perbandingan yaa kira-kira 11-22 lah.
“Din, dari mana aja lo? Jam segini baru dateng? Lo pikir ini sekolahan punya Bapak elo?” kata Riki.
“Lo lupa Rik? Bapak gue kan udah nggak ada, beliau meninggal 2 tahun lalu pas nolongin gue tenggelem di kolam renang tetangga,” gue mulai cerita, karena saking sedihnya nggak cuma air mata yang meleleh deras air hidung gue juga ikut ikutan meleleh, gue celingukan nyari tissue tapi nggak nemu juga, akhirnya gue pake dasi gue buat ngelap ingus itu.

“Ya ampun maafin gue ya Din, gue nggak tahu, tapi hebat banget ya bokap lo rela mati demi nolongin elo,” Riki pun ikut-ikutan ingusan, padahal dia nggak nangis.
“Bokap gue meninggal bukan karena nolongin gue, tapi beliau meninggal karena kehabisan napas, pas dia lihat gue tenggelem dia jerit-jerit histeris mau nolongin pun nggak bisa, bokap gue kan gak bisa renang,”
“Diaaam! Kalau mau curhat di luar aja sana. Gak usah ikut pelajaran Ibu,” suara bu Dewi menghentikan obrolan kami. Gue hanya nunduk aja, nggak berani ngomong.

Satu dua jam terlewati, bel pulang sekolah berbunyi, terlihat Riska sedikit berlari menghampiri gue, “Din aku minta maaf ya, aku tadi yang nimpuk kamu,” kata Riska. Dari mukanya kayaknya dia agak merasa bersalah sama gue. “Gue udah tahu kok kalau yang nimpuk gue cewek tomboi yang songong, eh tapi aneh deh biasanya lo ngomong nggak kayak gini, kenapa sekarang ngomongnya pake aku kamu segala? Jangan-jangan lo punya kepribadian ganda.. Atau,”

“Hush enak aja,” kata Riska menyela. “Din sebenernya aku udah lama suka sama kamu, tapi kamu sulit banget buat peka kayaknya jadi aku mulai cape buat ngejar kamu, semenjak itu aku berusaha cuek sama kamu tapi percuma, sampe sekarang aku masih belum bisa ngelupain kamu,” kata-kata Riska barusan bikin gue agak sedikit kaget, tapi tiba-tiba ada sebuah suara yang ngebisikin gue sesuatu, mungkin itu sosok setan yang kayak di tv-tv.

“Udah terima aja. Terus besok pagi lo putusin dia, lo mau balas dendam kan? Dia yang udah nimpuk elo tadi Din,” kurang lebih kayak gitu bisikan ghaib yang gue denger, aura kejahatan akhirnya merasuki tubuh gue, mata gue berbinar senyum gue mengembang, kepala gue ditumbuhi sungut, singkat cerita akhirnya gue terima cinta Riska.
“Hm.. Mampus lo, besok pagi gue bakal putusin elo, emang enak hah?” gumam gue dalam hati. Belum sampe gue ngelangkahin kaki mau pulang, tiba-tiba anak-anak kelas pada sorak gerubungin gue sama Riska, tadinya gue pikir mereka mau demo, tapi ternyata..

“Haha.. Udin yang katanya ganteng maksimal. Ternyata lo gampang juga ditipu ya?” kata Sandi ketua kelas gue yang saat itu juga ikut nimbrung. Gue bingung saat itu.
“What do you mean? lihat man, cewek tomboi aja naksir gue, ini realita bahwa gue ganteng maksimal man,” kata gue sambil benerin dasi sekolah gue yang basah kena ingus.
“Haha ganteng dari hongkong, kapan gue suka sama elo? Coba deh tanyakan sama rumput yang bergoyang,” kata Riska.
“Gilaa.. Niatnya kan gue mau balas dendam nih, kenapa jadi gue yang dikerjain? Wah gara-gara bisikan setan bolot nih,” gumam gue dalam hati. Gue pergi ninggalin temen-temen yang masih ketawa terkekeh-kekeh, gue nggak habis pikir seorang Udin bisa dikerjain segampang ini.
“Ya Tuhan jadi selain wajah gue yang mirip Robert Pattinson ini, gue juga punya hati selembut snow white? Makanya gue gampang melting? Ini sungguh tak adil,” kata gue berulang-ulang.

Sesampainya di rumah gue langsung menuju kamar gue, gue rebahin tubuh gue di kasur yang sekarang seprainya udah diganti sama emak jadi gambar teletubis. Berjam-jam gue mengurung diri di kamar, rasanya males banget buat makan setelah ngalamin kejadian memalukan di sekolah tadi. Akhirnya gue bertekad ngadain aksi mogok makan bahasa kerennya sih hunger strike. Tapi pas jam 10 malem perut gue laper banget, diem-diem gue ngendap-ngendap ke dapur nyari makan. Gue buka kulkas eh cuma ada mie instan kalau nggak salah mereknya suami istri dua rasa ayam bawal. Ya udah gue masak aja mie instan lumayan buat ngeganjel perut. Keesokan harinya gue berangkat sekolah seperti biasa, tapi sejak kejadian itu, sikap gue berubah 180 derajat. Gue yang tadinya pecicilan, bawel, ngeselin, sekarang cenderung pendiem nurut dan nggak banyak tingkah. Temen-temen gue heran dengan perubahan sikap gue tapi nggak ada satu pun yang berani nanya ke gue. Sebulan dua bulan gue masih aja jadi anak pendiem, sampe-sampe pada suatu hari emak gue ngerasain itu.

Di kamar gue.
“Tong, ada apa? Nggak biasanya lu kayak gini?” kata emak ambil ngelus rambut gue yang alus, maklum gue baru smoothing rambut seminggu yang lalu, yaah walaupun sikap gue berubah, tapi tampilan gue harus tetep kelihatan cool, “Nggak apa-apa Mak, lagi bete aja,” jawab gue singkat.
“Lu gak boleh kayak gitu tong, elu itu anak Emak yang paling cakep, apa kata bintang-bintang di angkasa kalau lo cemberut mulu?” kata emak gue yang mulai sok puitis, maklum gitu-gitu emak gue kan sarjana sastra indonesia, jadi ngomongnya pun pake majas hyperbola.
“Mak, sebenernya Udin ganteng enggak sih?” tanya gue.
“Yaelah tong, lu itu ganteng banget, ganteng maksimal malahan, muka elu udah ngalahin artis hollywood kayak Michael Berryman, Dj Qualls, Marty Feldman,” kata emak sambil nahan ketawa. Hah? Bukannya itu semua artis hollywood dengan muka di bawah rata-rata? Dasar emaak, batinku kesal.

“Udahlah, lu gak perlu sedih mulu, Emak sedih kalau lu kayak gini, emang ada apa sih?” tanya emak mulai serius.
“Jadi gini Mak, Udin itu pernah dikerjain di sekolah Udin malu deh Mak, nggak cuma itu, dulu kan Udin pernah ikut daftar kontes cover boy, tapi baru masuk gerbangnya aja, udah diketawain sama satpam yang jaga,” curhat gue sama emak.
“Lah emang lu dibilang apa sama satpamnya? Biar Emak hajar tuh satpam,” kata emang sambil melotot-melotot.
“De, ini audisi cover boy majalah cowok, bukan banci, ngapain adek ke sini? Salah alamat ya?” kata gue niruin logat satpam yang bikin gue sakit hati sampe sekarang, padahal waktu itu gue udah dandan abis-abisan biar mirip tyler posey.

“Haha ya ampun, satpam itu bener tong, gini nih Emak kasih tahu, elu itu gantengnya natural jadi gak usah lu ikut-ikut artis luar negri, smoothing rambut lah, dicat cokelat lah, pake softlens lah, itu nggak usah,” kata emak menasihati. Akhirnya sejak saat itu gue sadar bahwa menjadi ganteng itu nggak enak, bukannya dapet pujian malah dibully yang ada, gue juga sadar bahwa menjadi diri gue sendiri emang lebih enak, gue yang pecicilan, gue yang konyol, gue yang humoris, dan tentunya gue yang gantengnya itu natural.

Cerpen Karangan: Aniz Surya Ratiana
Facebook: Aniz Surya Ratiana
Ini cerpen iseng iseng yang dibuat buat ngilangin suntuk, hehe jangan lupa follow juga Ig-ku yah:@aratiana ^_^

Cerpen Ganteng Gue Itu Natural merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Pelita Hati yang Kerontang

Oleh:
3 Desember di bumi Jatisari Awan hitam menyelimuti pagi itu. matahari seakan enggan menunjukkan kegagahan sinar putihnya. Nyanyian istiqomah burung pipit tak lagi terdengar di seantero telinga manusia, seakan

Hello Mossi

Oleh:
Selamat pagi dunia. Hari ini adalah hari pertama aku sekolah di SMA Cahaya Abadi. Dimana sekolah ini adalah salah satu sekolah bagus se Jogjakarta. Aku senang bisa sekolah lagi,

Menggapai Mimpi

Oleh:
Regina Cantika, atau yang biasa dipanggil Gina, merupakan siswi SMP Pelita, salah satu SMP swasta elit di Jakarta. Gina adalah seorang gadis berwajah manis, cukup pintar, dan ramah kepada

Aku Memang Tak Sempurna

Oleh:
Banyak orang menganggap diriku sebelah mata. Seakan mereka tak pernah mempedulikan betapa sakitnya hatiku. Hinaan. Cacian. Ejekkan pedas. Itulah yang mereka lakukan kepadaku. Apa salahku?, batinku menjerit keras. Nayanty

Now I Know

Oleh:
“Ta, tunggu!” Teriak Meyla sambil berdiri di depan pintu kelas. Yang dipanggil tetap tidak menoleh dan berjalan dengan santai menuju depan gerbang sekolah. “Lolita!” Panggil Meyla sekali lagi. Akhirnya,

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

11 responses to “Ganteng Gue Itu Natural”

  1. Nabila Rosalina says:

    Zayn Malik kan ganteng, ko mlh g mau???:D

  2. Ilyas Ibrahim Husain says:

    ammakkalakka bacai (Bahasa Makassar yang artinya Ketawa diriku membacanya)

  3. Mira Agustin says:

    Sumpah cerpen nya keren bangett terus lucuu lagii.. kirim lagi dong kaaa..

  4. Mira Agustin says:

    Kerenn bangett cerpennya. lucuu lagii. bikin betmut ilang. next time again yah ka.

  5. Aniz Surya Ratiana gomes says:

    ia.. terimakasih semua yg udah singgahia pasti dongs.. tunggu cerita yg lainnya ya

  6. nazilatus says:

    Waah emezing ceritanya. Kaka rumahnya mana? #ranyambung

  7. Sakura Purnama says:

    Keren! Lucu! Kasian juga sih si Udin..

  8. Aniz Surya Tatiana Gomes says:

    Iya makasih ya udah mampir kesini :-)nanti kucoba bikin yang lebih gokil lagi

  9. Yusi says:

    hahaha 😀 lucu banget

  10. wulan says:

    lucu banget critanya lima jempol buat penulisnya.eh jempol ada empat ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *