Salah Arti

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Bahasa Jawa
Lolos moderasi pada: 27 June 2020

Pada suatu hari ada seorang Bapak yang hidup di sebuah pedesaan, Bapak tersebut bernama Muhammad, Bapak Muhammad ini ingin pergi menjenguk keluarganya yang bertempat tinggal di salah satu daerah Jawa, yaitu kota Malang.
Karena Bapak tersebut sama sekali belum pernah pergi ke daerah tersebut.

Seminggu kemudian, Bapak Muhammad pun berangkat menuju tempat keluarganya Dengan menaiki kereta api. Ketika Bapak Muhammad sudah berada di dalam kereta api, ia sangat terkagum melihat banyaknya orang-orang yang berada di dalamnya.
Lalu Bapak Muhammad pun bertanya kepada salah satu pedagang kacang yang ada di dalam kereta api tersebut, dengan menggunakan Bahasa daerahnya.

“Mang!!! siape tuan SEPOR ini…. (om!!! Siapa yang punya KERETA API ini….)”
Jawab si pedagang kacang “boten ngertos”
“Waw kaye nian Boten Ngertos (wow kaya banget Boten Ngertos)” ia berbicara sendiri.

Beberapa jam kemudian, Bapak Muhammad pun turun dari kereta api karena Bapak Muhammad sudah sampai di Kota Malang.
Setelah itu, Bapak Muhammad melanjutkan perjalannya dengan menaiki sebuah Taksi. Ketika di perjalanan, tiba-tiba Bapak Muhammad melihat Pesawat yang begitu besar. Lalu Bapak Muhammad bertanya kepada seorang Sopir Taksi yang ia tumpangi.
“Mang-Mang!!! Siapelah tuan kapal terbang itu… (Om-Om!!! siapakah yang punya Pesawat itu)”
Si Sopir pun menjawab “boten ngertos”
“Lah Boten Ngertos pule!!! Kaye nian Boten Ngertos (Boten Ngertos lagi!!! Kaya banget Boten Ngertos)”.

Beberapa jam kemudian, Bapak Muhammad pun sampai di sekitar halaman depan rumah keluarganya. si Bapak pun melihat Mobil Ambulan/Mobil Jenazah lewat, Lalu Si Bapak bertanya kepada seorang tante-tante yang kebetulan berada di dekatnya
“Bik-Bik!!! Siape mati tu Bik…. (tante-tante!!! Siapa yang meninggal itu tante….)”
Tante itu pun menjawab “boten ngertos”
“Ai lah mati Boten Ngertos!!! (Ah sudah meninggal Boten Ngertos!!!)”.

Setelah Bapak Muhammad sudah berada di rumah keluarganya, Bapak Muhammad pun bercerita kembali tentang semua pertanyaan-pertanyaan mengenai Boten Ngertos yang ia tanyakan sewaktu di perjalanan menuju kota Malang. Keluaraganya pun mentertawakan Bapak Muhammad.
Bapak Muhammad pun aneh, mengapa ia di tertawakan. Lalu ia menanyakannya kenapa ia ditertawakan oleh keluarganya

“Ngape kamu semue nawekan aku…., ape aku salah becerite…. (kenapa kalian semua mentertawakan saya…., apa saya salah bercerita….)”
Keluarganya pun menjelaskan kepada si Bapak “Boten Ngertos itu bahasa Jawa, yang artinya (Tidak Tahu), makanya kami semua tertawa mendengar ceritamu”

Cerpen Karangan: Riski Pernando
Blog / Facebook: ricky pernando

Cerpen Salah Arti merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Dalam Tangismu Kutemukan Kebahagiaan

Oleh:
Matahari yang sejak pagi menampakkan cahayanya, merangkak perlahan untuk memberikan cahaya kasihnya menuju belahan bumi yang lain. Seiring merangkaknya sang surya sayup-sayup terdengarlah suara kepak burung-burung menuju keperaduannya di

Merantau

Oleh:
Hari ini hari yang ditunggu tunggu Toni. Pemuda asal jogja yang ingin mengadu nasib di kota metropolitan jakarta. Pagi ini Toni berpamitan pada kedua orangtuannya “pak e, mak e

Cintaku di Kereta Api Kertajaya

Oleh:
Akhirnya tiba juga Hari yang kunantikan selama ini, rasanya seneng banget karena hari ini aku bisa mudik ke kampung halaman. Rasanya sudah tidak sabar ingin segera ketemu keluarga di

Langit Pagi Kota Jogjakarta

Oleh:
Piringan hitam mengalunkan nada nada memori lagu tradisional, berbagai macam alat musik mengalunkan melodi keharmonisannya. Ku intip dari balik korden lusuh dan usang, seorang tua menatap langit pukul 10

Jodoh Yang Dihitung

Oleh:
Suatu malam yang diselimuti hujan rintik, aku dan ayah menyusuri jalan desa dengan membawa senter untuk menerangi jalanan yang licin lagi berbatu cadas. Aroma tanah bercampur rumput liar sepanjang

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *