Avatar the Legend of Human

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Lucu (Humor)
Lolos moderasi pada: 18 May 2016

Air
Api
Bumi
Udara

Dahulu semua negara hidup dengan damai. Namun semua berubah ketika negara api menyerang. Hanya avatar yang dapat mengembalikkan perdamaian dunia. Namun saat semua membutuhkannya, dia menghilang. Avatar diyakini memiliki kemampuan pengendalian empat elemen, yaitu air, api, bumi, dan pacar orang, eh udara. Dengan kemampuan itulah dia dipercaya bisa mengembalikkan perdamaian dunia. Tapi masalahnya avatar tidak ada di dunia nyata. Kalaupun ada, mungkin hanya yang mendekati avatar-avatar aja, seperti seorang penyiram tanaman yang sedang berjalan di atas bara api campur kerikil sambil kentut -pengendalian 4 elemen coy.

Nah, sebenarnya dalam kehidupan nyata, ada juga loh elemen-elemen yang bisa dikendalikan. Bedanya, kalau yang ini bisa dilakukan oleh semua orang. Menurut Pak Ustad yang tadi ceramah di Masjid Kampus UGM, ada empat elemen yang selalu ada dalam setiap manusia. Dan manusia bisa mengendalikannya. Penasaran? Saya juga. Elemen yang pertama adalah kemalaikatan. Pernah kan lihat orang yang baiiiiiiiiiik banget (i nya ada 10)? Gak sulit kok nyari orang yang kayak gitu. Kan orangtua kita begitu. Nah, sebenarnya kita pun juga punya elemen ini.

Hanya saja ada elemen lain yang mengganggunya dan kita belum bisa mengendalikannya. Ini menyebabkan elemen itu tidak terlihat dalam diri kita. Lalu apa dong elemen yang mengganggu itu? Dia adalah elemen kesyaitonan. Nah lo, ada syaitan, ada malaikat dalam diri kita. Mau seperti apa diri kita itu tergantung pengendalian kita terhadap elemen itu. Semakin kita bisa mengendalikan kesyaitonan, maka sifat syaiton dalam diri kita pun bisa diminamilasiasi, eh diminimalisasi. Cara ngendaliinnya gimana? Gampang kok. Jalankan perintah Allah dan perbanyak istighfar. Oke sob?

Lah, elemen yang ketiga adalah elemen manusiawi. Elemen ini yang menyebabkan kita bisa marah waktu badan kita ditusuk-tusuk pakai paku sama temen, kita bisa sedih waktu jauh-jauh beli es buah dibungkus lalu pas sampai rumah dan sudah dimasukkin ke gelas, gak sengaja kesenggol dan tumpah, dan juga kita bisa merasa lapar waktu kita tidak makan selama berjam-jam. Semua ini adalah manusiawi, semua orang pasti punya rasa itu. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti diputusin pacar aja mewek, HP-nya dibajak terus ngambek terus bunuh diri, dan cuma kesenggol dikit aja marah-marah pakai banting piring segala -padahal lagi gak ada piring, kita harus pandai-pandai mengendalikannya.

Dan elemen yang terakhir adalah kebuasan. Ini yang menyebabkan manusia punya naluri PIPI. Punya Ini Pengen Itu. Kita seakan tidak pernah merasa puas dengan apa yang dimiliki. Cara mengendalikan? Gampang, tinggal bersyukur dan menerima apa yang ada. Beres deh. Nah itu tuh empat elemen yang bisa kita kendalikan. Kalau avatar yang bisa mengendalikan empat elemennya bisa membawa kedamaian dunia, kita sebagai manusia jika bisa mengendalikan empat elemen itu bukan hanya bisa membawa kedamaian dunia saja, tapi juga bisa mendapat kebahagiaan di akhirat. Cie. Selamat beravatarisasi!

Cerpen Karangan: Listya Adinugroho
Blog: www.bocahsastra.blogspot.com
Facebook: Listya Adinugroho
Nama saya Listya Adinugroho. Makasih.

Cerpen Avatar the Legend of Human merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Samun Punya Cerita

Oleh:
Di balik matahari yang mulai mengantuk, di sela-sela jari kaki Gunung Semeru; yang mereka sebut sebagai negeri di atas awan walaupun masih (selalu) di bawah sekotak misteri-Nya. Seorang pemuda

Dunia Dongeng

Oleh:
Alkisah di pesisir pantai, hiduplah keluarga yang sangat miskin. Mereka tinggal di sebuah gubuk kecil. Hanya ada dua orang dalam keluarga itu. Seorang janda bernama Mande Rubayah, mempunyai anak

Baru Enam Tahun Kok Mah

Oleh:
“Happy anniversary!” Lulu tersenyum lebar “Hehe, makasih lu. Kapan nih kita double date?” Tanya Nik “Ummm… enggak tau. Belum ada yang pas aja” “Yah, padahal gue pengen banget kalo

Catatan Joni Si Jomblo

Oleh:
Seorang pemuda terlihat fokus mencatat sesuatu di buku catatannya sembari mendengarkan lagu yang diputar di MP3 playernya. Lantunan lagu Gamaliel Audrey Cantika (GAC) berjudul “seberapa pantaskah” terdengar lembut dari

Berlibur Ke Bali

Oleh:
Hari hampir senja, matahari mulai malu-malu menutup diri di ufuk barat. Seorang cowok remaja belia terlihat sedang berlari-lari berjuang untuk menyelamatkan diri. Guk guk guk! Anjing-anjing itu menyalak dan

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

One response to “Avatar the Legend of Human”

  1. Sorano Mato says:

    Bagus ceritanya kak Listya … lain kali cerita Spiderbob dong … eeh …
    LovenhugSoranoMato

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *