Gara Gara Buku Ramalan Zodiak

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Nasihat
Lolos moderasi pada: 19 February 2018

Namanya Fanya Putri. Biasa dipanggil Fanya. Dia orangnya rajin, sederhana, logis, jika menyelesaikan masalah dengan kepala dingin, analistis dan kritis. Ia mempunyai cita-cita menjadi Polwan. Fanya bersekolah di SDN Gemilang Emas. Fanya juga mempunyai sahabat yang setia, namanya Zizi.

“Eh, Ziz! Aku boleh ke rumahmu, kan?” tanya Fanya. Ini waktu istirahat. Fanya bersama Zizi sedang membaca buku di Perpustakaan. “Loh, ngapain?” balik tanya Zizi. “Lupa, ya, kamu! Kita, kan, mau ngerjain Pr PPKN sama-sama,” jawab Fanya. Zizi hanya manggut-manggut. “Ya bolehlah!” jawab Zizi. Mereka lalu melanjutkan membaca buku.

Tok… Tok… Tok… “Assalamualaikum… Zizi,” panggil Fanya, seraya mengetuk pintu rumah Zizi. “Waalaikumsalam,” jawab seseorang seraya membuka pintu. Ternyata yang membuka Pintu adalah Ibu Zizi. “Eh, Fanya,” ucap Ibu Zizi. “Iya, Tante. Ini Fanya, sahabat Zizi. Oya, Zizinya ada, Tan?” tanya Fanya. “Owh, ada. Silahkan masuk,” ucap Ibu Zizi seraya membuka pintu lebar-lebar. Fanya bergegas masuk ke rumah Zizi.

Tiba-tiba, Zizi langsung menghampiri Fanya. “Eh, Fan! dah datang, toh?!” tanya Zizi. “Ya, seperti sekarang,” tukas Fanya. “Ayo, ke kamarku!” ucap Zizi. Fanya dan Zizi masuk ke kamar Zizi. Zizi membuka pintu yang berada di dalam kamar. Ternyata, itu perpustakaan Zizi. “Ayo masuk!” ajak Zizi. Mereka segera masuk. Fanya segera duduk di lantai berlapis permandani. Mereka mulai mengerjakan Pr bersama.

Usai mengerjakan Pr, “Eh, Ziz!boleh baca-baca bukumu, nggak?” tanya Fanya. “Ayo!” ucap Zizi. Zizi mengambil Buku KKPK berjudul ‘Happy Camp’. Sedangkan Fanya, masih memilih-milih. Ia tertarik membaca buku ‘Ramalan Zodiak’. Dia mulai membaca. Ternyata, sifatnya dan pekerjaan malah mengacu pada Zodiak Virgo, sedangkan zodiaknya adalah Taurus. Watak sesungguhnya zodiak Taurus ialah keras kepala, materialistis, pasif, ramah, sabar, praktis, setia, dan memiliki jiwa toleransi. Pekerjaan Taurus ialah Bankir, Seni, Akutansi, Pemusik dan Tukang Kebun. Ia berniat untuk mengikuti sifat yang sesuai dengan buku tersebut.

Teman satu kelas pun dibuat bingung dengan perubahan Fanya. Fanya berusaha mengikuti sifat yang sesuai dengan buku Ramalan Zodiak Zizi. Namun, teman-teman tetap ingin berteman dengan Fanya. Karena Fanya adalah anak yang cantik dan pintar. Tetap, mereka bingung dengan sikap Fanya. 2 hari kemudian, Zizi tahu apa yang membuat Fanya berubah. Yaitu, gara-gara Buku Ramalan Zodiaknya. Teman-teman tahu akan sebab Fanya berubah. Mereka pura-pura tak tahu dan tetap berteman dengan Fanya.

Sudah 2 Minggu dia mengikuti sifat di Buku tersebut. Ia sungguh tak nyaman. Cita-citanya bahkan terpaksa terganti menjadi Bankir. Ia merasa tersiksa. Akhirnya, Fanya pun cerita kepada sang Mama. “Mana, Fanya nggak nyaman,” rengek Fanya suatu hari pada Mama. “Kenapa, sayang? kamu dijauhi teman, atau kamu diejek, atau guru kamu…,” “Bukan!” potong Fanya. “Terus, kenapa?” tanya Mam heran. “Fanya kan, ngikutin sifat di Buku Ramalan Zodiak Zizi. Fanya tersiksa. Fanya nggak terbiasa. Watak Fanya sebelum sekarang mengacu pada Zodiak Virgo. Kan, Zodiak Fanya, Taurus. Cita-cita Fanya yang dulu Polwan, jadi Bankir. Itu pun terpaksa. Huah, andai aja Zodiakku Virgo,” curhat Fanya panjang tambah lebar.

Mama menatap Fanya dengan penuh kasih sayang. Beliau menbelai kepala Fanya secara lembut. “Sayang, kamu nggak perlu seperti apa yang dikatakan Buku Ramalan. Hidup itu bebas sayang. Nggak ada, kan, nyuruh Fanya ngikuti watak dan cita-cita seperti di Buku. Kamu juga sudah sempurna. Mau tau nggak, rahasia Mama agar bahagia?” terang Mama. “Apa, Ma?” tanya Fanya. “Mama bahagia, karena mama menjadi diri sendiri. Mama bebas, nggak ada yang bebani. Kalau ada orang keberatan dengan diri kita, artinya dia iri kita selalu bahagia. Nah, Mama pernah Baca. Watak mama mengacu ke Zodiak Scorpio. Tapi, Zodiak Mama adalah Capicorn. Dan mama, tetap menjadi diri sendiri Mama, karena Mama nyaman menjadi diri sendiri,” jelas Mama. Fanya menganggukkan kepala dan memeluk Mama.

Esoknya, Fanya menjadi diri sendirinya. Teman-teman bersyukur karena Fanya menjadi diri sendirinya lagi.

Cerpen Karangan: Alyaniza Nur Adelawina
Facebook: Alya Aniza
Hai, apa kabar… Maaf, ya… Kalo cerpennya kurang panjang / nggak seru / garing / nggak ada amanatnya. Oya, jangan lupa Add FB-ku. Alya Aniza. Pake kerudung ungu muda. Kalo udah add, tapi belum dikonfirm, bisa protes di kolom komentar. Aku bersekolah di MI Muhammadiyah Pucangan Ngrambe, Ngawi, JaTim. Aslinya aku lahir di Kota Batam, KepRi, namun pindah ke Ngawi. Sekian ya… Doakan biar Alya bisa berkarya lagi. Aamiin….

Cerpen Gara Gara Buku Ramalan Zodiak merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Liburan

Oleh:
Hai! Namaku Melody. Aku ingin pergi ke Singapura, karena aku menang lomba International Math Olympiad. Papa mama bangga sama aku. Makanya, aku jalan-jalan ke Singapura. Kebetulan Paman George tinggal

Tipuan Secarik Kertas

Oleh:
Hari yang cerah. Langit bagai laut tenang yang biru benderang. Angin menghembuskan butiran-butiran kesejukan hati dan pikiran. Matahari tersenyum ria menyambut dunia. Kisah itu bermula ketika aku masih duduk

My Live With My Best Friend

Oleh:
Namaku Arnetta fasya sayyidina, Biasa dipanggil, Fasya. Aku anak tunggal. Setiap hari, aku hanya menari nari kan jari jemariku di keyboard laptopku ini. Ya, hanya untuk berfacebookan, atau sekedar

Teman Teman Karla

Oleh:
Karla tidak punya teman. Itulah yang selalu Karla khawatirkan. Sebenarnya, Karla punya banyak sekali teman. Sayangnya, ia tidak menyadarinya. “Karla, ayo kita bermain,” ajak Maggie pada Karla. Karla berpikir

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *