Keledai dan Kulit Singa

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Fabel (Hewan), Cerpen Nasihat
Lolos moderasi pada: 19 August 2021

Suatu hari di tengah-tengah hutan hiduplah seekor keledai yang amat lincah. Keledai itu hidup rukun dan damai bersama berbagai macam hewan, seperti gajah, kancil, kucing, jerapah dan lain sebagainya. Di dalam kelompok hewan tersebut keledailah yang selalu kurang diperhatikan karena tingkahnya yang sedikit aneh serta sedikit pemalu.

Keledai yang sedikit minder tersebut, ingin sekali menjadi pusat perhatian dan tidak diremehkan oleh teman-temannya karena selama ini ia selalu menjadi binatang yang paling lemah di kelompoknya.

Suatu hari, keledai iseng berjalan-jalan di tengah hutan sambil menikmati pemandangan yang ada. Tiba-tiba ia melihat sesosok yang ia rasa seperti singa.
“Itu apa ya? Seperti singa tetapi kenapa terlihat lemah begitu? Bukan… bukan… ini sepertinya hanya kulitnya saja”

Rasa penasaran keledai semakin besar, kini ia mendekat dengan sedikit mengendap-endap namun pasti menuju kulit singa. Semakin ia mendekat semakin ia yakin bahwa itu hanya merupakan kulit singa saja.
“Benar kataku, ini hanya kulit saja hahahaha… Hmm tiba-tiba aku punya ide, bagaimana kalau aku gunakan kulit ini untuk mengerjai teman-temanku agar tahu rasa mereka hahaha”.

Dengan cepat keledai mengambil kulit tersebut lalu langsung memakainya dan bersembunyi dibalik semak-semak menunggu teman-temannya untuk lewat. Ketika mereka lewat depan semak-semak, keledai langsung melompat seketika itu pula para hewan langsung lari terbirit-birit karena ketakutan.

Namun, pada saat lari keledai mengeluarkan auman seperti singa namun ia lupa bahwa suara tersebut sangat berbeda. Hingga menyebabkan kucing langsung menyadari kejanggalan tersebut kemudian berbalik dan menuju keledai tersebut. “Hei keledai!, hentikan kelakuanmu itu… bila kau ingin menakuti kami, tutup saja mulutmu itu, suaramu menjijikkan.” Kata kucing. Mendengar hal tersebut keledai langsung terkejut dan merasa malu pada diri sendiri.

Amanat:
Jadilah dirimu sendiri. Kamu tidak usah berusaha menjadi orang lain untuk sekedar ingin dihormati atau berkawan. Orang yang baik kepadamu akan menerima dirimu dengan apa adanya.

Cerpen Karangan: Amelia Hijrina Fauziyah
Blog: amelia-hijrina.blogspot.com
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Malang

Cerpen ini dimoderasi oleh Moderator N Cerpenmu pada 19 Agustus 2021 dan dipublikasikan di situs Cerpenmu.com

Cerpen Keledai dan Kulit Singa merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Ranking 1

Oleh:
Hari ini adalah hari sabtu,tepat pada hari terakhir UAS .hari ini ulangan MTK kata bu rika.murid-murid pun menyiapkan buku kosong (untuk alas ulangan ) termasuk rere. Bu rika pun

Teman Baru Sahabat Baru

Oleh:
Aqila Revita atau biasa yang dipanggil Qila ini adalah murid pindahan dari Sdn Mentari Pagi ke Sdn Zedhena Girl. Qila pindah karena tugas papanya dari Surabaya ke Jakarta. Qila

Persahabatan itu Indah

Oleh:
Bagiku, persahabatan itu indah. Karena sahabat bisa membuat kita merasakan senang, tertawa, bersedih, marah, jengkel, dan lain lain. Dan itulah yang terjadi padaku. Aku mempunyai seorang sahabat, namanya Dina.

Burung Pipit yang Sombong

Oleh:
Di hutan ada seekor burung, Pipit namanya. Ia tinggal sendirian di rumah. Ayah dan ibunya sudah meninggal. Pipit mempunyai sifat sombong. Ia tak pernah membantu orang lain, saat orang

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *