Pentingnya Mencuci Tangan

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Nasihat
Lolos moderasi pada: 30 October 2018

“Krruuukk… duh laper ya, lama banget sih pelajarannya” pikirku dalam hati.

Jam sudah menunjukan pukul 1 siang. “15 menit lagi pulang nih, jajan apa ya Di enaknya?” tanyaku pada Andi, teman sebangkuku. “Jajan di depan sekolah aja! Banyak jajanan enak pasti,” kata Andi. “Wah menarik juga idemu, tapi kita main bola dulu ya baru jajan. Tadi sudah janji sama Bimo mau bermain bola sebelum pulang,” kataku.

Kringgggg…. bel berbunyi menandakan bahwa pelajaran sudah selesai. Kami segera keluar kelas dan bermain bola bersama dengan teman-teman yang lain.

Tidak terasa sudah jam 4 sore, perutku sudah berbunyi menandakan bahwa sudah waktunya untuk diisi kembali. Aku dan Andi segera ke luar dari sekolah untuk mencari makanan. Karena sudah sore, tidak banyak pedangang yang berjualan saat itu, hanya tersisa tukang gorengan, tukang batagor, dan tukang siomay. Saat ingin membeli batagor, Andi melihat ada warteg yang masih buka dan mengajakku untuk makan di sana, katanya warteg itu cukup terkenal karena enak. Tanpa pikir panjang, aku dan Andi segera berjalan ke warteg tersebut. Aku memesan nasi, ayam goreng, kangkung dan gorengan. Sedangkan Andi memesan nasi, ikan goreng, dan sayur asam.

Begitu makanan dihidangkan, aku segera makan dengan lahap. Oh iya, lebih enak lagi makannya pake tangan loh! “Kamu gak cuci tangan dulu To? Tadi kan kita abis main bola, jorok tau bolanya” kata Andi. “Aduh aku udah kelaperan, nanti aja abis makan baru cuci tangan. Ini enak banget loh, ayo buruan makan. Nanti kita pulang kemaleman,” kataku.

Malam harinya, perutku sakit dan aku tidak masuk sekolah. Sudah 5 kali aku ke kamar mandi namun perutku tetap sakit. Akhirnya Ibu membawaku ke rumah sakit dan ternyata aku terkena diare. Setelah bercerita kepada dokter, ternyata yang membuat aku sakit bukan karena makanan yang aku makan, tapi karena kesalahanku sendiri tidak mencuci tangan sebelum makan.

Kata dokter, di tangan kita banyak sekali kuman yang dapat membahayakan kita. Cara untuk menghilangkan kuman tersebut adalah dengan mencuci tangan dengan sabun. Lain kali aku akan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan agar terhindar dari segala jenis penyakit!

Cerpen Karangan: Tiffany Sharon
Blog: shetriesnewthing.wordpress.com
nama: Tiffany Sharon H.
Universitas Surya

Cerpen Pentingnya Mencuci Tangan merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Gara Gara Malas Menggosok Gigi

Oleh:
“nina… Setelah siap makan, gosok gigi ya! Mama mau pergi ke usa dulu” perintah mama padaku. “iya ma…” kataku pada mama. Lalu mama pergi meninggalkanku menuju mobil. “ih mama…

Nining’s Story

Oleh:
Warga di Green City sudah tak asing lagi dengan seorang anak perempuan yang bernama Nining. Aningtyas Purnama, itulah namanya. Dia biasa di panggil “nining”. nining adalah anak terpintar di

Maafkan Aku Ibu

Oleh:
“Bu, lihat Sifa dapat juara 1 lagi di kelas!” kata Sifa sambil menyodorkan rapor di tangannya. Sifa memang seorang anak SD yang pandai, sudah 3 tahun dia selalu mendapat

Liburanku Yang Paling Menyenangkan

Oleh:
Di suatu hari hiduplah sebuah keluarga yang hidup sangat berkecukupan, ayahnya memiliki perusahaan yang terkenal di antaranya rumah sakit Dan perusahaan terkenal sedangkan ibunya bekerja sebagai manager bank, oh

Kebiasaan Baik

Oleh:
Hai! Namaku Cassandra Clarissa. Aku anak yang baik, rajin, pintar dan tidak pelit. Berbeda dengan Clarissa Cassandra, temanku. Dia anaknya pelit, sok pintar, malas dan sedikit licik. Itulah kata

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *