Rapor Merah Cambuk Si Toni

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Pendidikan
Lolos moderasi pada: 14 October 2016

Toni namanya duduk di kelas IV SD dan hari itu Toni menerima rapor semester pertama, parasaannya penuh bimbang, takut, cemas dan bercampur aduk hal itu karena nilai rapor yang di tangannya itu ada warna dengan tinta merah sehingga dia merasa takut untuk menyerahkan dan memperlihatkan hasil ujiannya kepada kedua orangtua karena si Toni tidak ingin orangtuanya kecewa dengan nilai rapor yang jelek, sementera kedua saudara si Toni berhasil dengan nilai yang bagus oleh karena hal itu si Toni memikirkan bagaimana cara mengelabui ayah dan ibu di rumah dengan diam-diam pulang ke rumah dan menyembunyikan rapornya sehingga ayahnya lupa karena kesibukan dengan pekerjaan dan ibunya sibuk mengurus rumah tangga.

Selang beberapa minggu kemudian pihak sekolah meminta murid untuk mengupulkan kembali rapor, dan si Toni pun harus memutar kepala mencari ide lagi bagaimana cara menandatangani rapor, mencontoh tanda tangan ayahnya, singkat punya pikiran sitoni dengan beraninya menanda tangani rapor dengan pena merah.. merintih di hatinya “hore aku sudah selamat… tidak kena hukuman di rumah”.

Dan sampailah pada hari penerimaan rapor kenaikan kelas, kali ini si toni kegirangan karena dia naik kelas dan nilai rapornya tidak berwarna merah… Sungguh sanking girangnya tanpa berpikir panjang dengan spontan pulang dan menyerahkan rapornya pada ayahnya, sungguh sontak sang ayah saat melihat rapor sitoni “Apa ini…? siapa yang menada tangani rapor ini? Siapa yang mengajari kamu berbuat seperti ini?” Bertubi-tubi pertanyaan terlontar pada si toni sehingga rotan pun meluncur kepadanya, si toni kalut tapi dia dengan sigap kabur dengan langkah seribu berteriak-teriak “ampun…. ampun… ampun…”

Sejak kejadian itu si toni berjanji pada diri sendiri akan belajar dengan benar dan tekun dan akan bersekolah dengan yakin dan hingga pada akhirnya melanjutkan kuliah serjananya dengan mendapatkan beasiswa juga sampai pada menyelesaikan gelar Masternya dengan beasiswa sehingga dapat membuat sang ayah dan ibu si Toni merasa bangga.

Cerpen Karangan: Ita Khairani
BFacebook: Ita Khairani

Cerpen Rapor Merah Cambuk Si Toni merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Hannah, Kucing Yang Setia

Oleh:
Hellsana dan Hannah adalah 2 sahabat yang sudah seperti keluarga. walaupun begitu, mereka adalah 2 sahabat yang berbeda alam. Hellsana berada di alam Manusia, sedangkan Hannah berada di alam

Ibu, Aku Minta Waktumu Sedikit Saja

Oleh:
Bercerita seorang anak, yang sedang bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah. Namanya Mayltha Farsha. Biasa dipanggil May. Ia tinggal memakai sepatu, dan segera ia berangkat sambil berjalan kaki. Sesampainya di

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *