Anjasmara dan Kesalahannya

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Penyesalan, Cerpen Remaja
Lolos moderasi pada: 5 June 2019

Anjasmara adalah pelajar baru di SMP favorit di daerah Bantul. Ia merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara. Ia dan keluarganya hidup berkecukupan di daerah pegunungan. Pada saat di lingkungan sekolah, Anjasmara selalu bersifat santun kepada guru dan teman-temannya. Ia juga disegani gurunya karena selalu memperhatikan pada saat pelajaran.

Hari terus berlalu, UTS pun telah tiba. Untuk meningkatkan kejujuran, Sekolah mengatur tempat duduk peserta UTS berselingan antar kelas. Anjasmara mendapatkan teman sebangku dengan pelajar kelas sembilan.

Hari pertama UTS telah tiba. Anjasmara membawa alat tulis lengkap yang semuanya baru. Ia mulai duduk di kelas tempatnya untuk melaksanakan ujian. Ia melihat teman sebangkunya untuk pertama kalinya. Pada saat ujian Anjasmara terheran karena melihat teman sebangkunya mengeluarkan HP saat mengerjakan soal. Pengawas tidak mengetahui hal tersebut karena tidak mengecek bangku siswa satu per satu. Setelah bel berbunyi UTS pun usai.

Pada hari berikutnya, Anjasmara mulai berkenalan dengan teman sebangkunya. Ia bernama Ervan. Mereka terlihat akrab setelah berkenalan.
Bel mulai ujian telah berbunyi, pelajar mulai mengerjakan soalnya. Ervan melihat Anjas kesulitan saat mengerjakan soal sehingga ia menawarkan bantuan. Ervan akan membantu Anjas dengan mencari jawaban di internet. Tanpa berpikir panjang, Anjas menerima tawaran tersebut. Hal itu membuat mereka semakin akrab. Anjasmara menjadi bergantung pada Ervan ketika melaksakan ujian.

Setelah UTS selesai, hasil ujian diumumkan. Anjasmara bahagia karena mendapat rangking 4 di kelasnya. Karena hal itu, Anjasmara menjadi sombong dengan teman seangkatannya. Ia jarang bergaul dengan teman sekelas melainkan bergaul dengan kumpulan kakak kelas yang dipelopori oleh Evan. Kumpulan tersebut diberi nama “Genk Kapak”. Setelah bergaul dengan kakak kelas, Anjasmara merasa paling hebat diantara teman seangkatannya. Ia seakan menjadi anak buah dari Ervan karena selalu menuruti apa yang dikatakannya.

Kumpulan kakak kelas yang dipelopori oleh Ervan ternyata memiliki tempat tongkrongan. Hampir setiap pulang sekolah Anjasmara diajak ke tempat tersebut. Di tempat itu mereka bebas melakukan sesuatu. Mereka bisa merokok tanpa terikat oleh aturan sekolah. Karena takut dipandang rendah, Anjasmara pun ikut ikutan merokok. Akhirnya Anjasmara mulai terbiasa dengan rokok. Kebiasaan buruk itu diketahui oleh teman seangkataanya sehingga mereka menjauhi Anjas.

Waktu berjalan begitu cepat. kelas 9 sudah siap meninggalkan sekolahan karena sudah menempuh Ujian Nasional. Evan dan genknya mendapat nilai yang buruk karena mereka tidak peduli dengan pendidikan. Anjas pun harus menempuh UKK. Ia mendapat bangku barisan paling depan sehingga Ia tidak dapat melakukan kecurangannya.

Akhirnya hasil UKK pun diumumkan. Anjasmara mendapatkan rangking 30 dikelasnya. Anjasmara merasa sedih. Kesedihanya bertambah ketika teman gengnya sudah meninggalkan sekolah. Ia tidak mempunyai teman lagi karena teman seangkatannya menjauhi dirinya.

Cerpen Karangan: Kurniawan Nur Faisa

Cerpen Anjasmara dan Kesalahannya merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Semua Adalah Salahnya

Oleh:
Nuri, begitulah teman-temanku memanggilku. Berkulit putih, dengan rambut panjang yang berwarna agak kecokelatan, berkacamata dengan minus yang cukup tebal, berat serta tinggi badan yang tidak terlalu berlebihan, bersifat penyayang

Pemuda Di Simpang Jalan

Oleh:
Ada seorang pemuda sebut saja namanya Kalam, ia adalah seorang pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas dan seperti biasa setiap pagi ia melakukan rutinitasnya untuk berangkat ke sekolah dengan berjalan

Aku Bukanlah Segalanya

Oleh:
“Titt… Tiitt!” ku raih segera handphoneku yang lagi nagkring di meja belajarku, ku buka segera sebuah pesan singkat di layar handphoneku. From: Faza Hai Neisya?, met pagi ya:D! Huft,

So Long

Oleh:
Ku lewati jalanan dengan langkah tertatih untuk menuju pulang ke rumah. Bulan-bulan dan para bintang yang terlihat menunduk sedih karena tertutup mendung. Hujan deras mengguyur seluruh tubuhku yang separuh

Bully

Oleh:
Namaku adalah Emily. Aku punya seorang sahabat bernama Kania. “Aku tak mengerti kenapa semua teman-temanku membenci dia?”. Padahal dia anaknya baik dan pintar?. Mungkin karena ayahnya. Ya! ayahnya memang

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *