Boom Bom Bom (Kode Rahasia Migu & Oji)

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Persahabatan
Lolos moderasi pada: 10 October 2021

Menurut Migu, Jika suatu saat ada sebuah meteor yang jatuh dari langit dan seketika ada keajaiban dunia ke-8, maka itulah awal dari kisah persahabatannya dengan seorang makhluk hidup yang anehnya ingin menjadi alien. Sosok tersebut adalah Oji yang menemani masa remajanya yang kalau dipikir-pikir antara merupakan proses transisi beranjak dewasa atau krisis paruh baya.

Seperti ditakdirkan oleh gemintang, semesta memang mempunyai cara yang lucu dalam mempersatukan Migu dan Oji. Kedua insan tersebut bertemu di sebuah kompetisi bernama “Mencari personil ke-5 Coboy Senior” pada tahun 2012 silam. Jika pertemuan pertama mereka disatukan oleh mimpi maka pertemuan kedua mereka 5 tahun kemudian adalah sebuah keajaiban astronomi belaka yang mempertemukan mereka lagi dalam menjalani pendidikan sekolah menengah.

Di hari pertama SMA, mereka bisa disebut sudah akrab dikarenakan oleh hukuman yang mereka dapatkan saat datang terlambat di saat itu juga mereka menciptakan suatu kode rahasia yaitu “Boom Bom Bom” yang berarti dimanapun salah satu dari mereka berada di dalam masalah dan membutuhkan bantuan maka satunya akan datang dan mereka bisa mengandalkan sesama. Singkatnya, kode rahasia itu merupakan panggilan 911 bagi Oji dan Migu.

Persahabatan pada umumnya dibentuk karena adanya kesamaan antara kedua pihak namun berbeda dengan persahabatan yang ini. Perbedaan yang dimiliki Migu dan Oji sangat kontras yang sering kali membuat orang sekitar bingung akan dasar persahabatan kedua orang yang bertolak belakang bagai matahari dan bulan. Namun, ada satu teori yang mereka pegang yaitu “Teori Keju” yang menjelaskan fakta bahwa Oji membenci keju dan Migu menyukai keju maka dari itu mereka melengkapi sesama dan seimbang bagai yin dan yang.

Oji yang hangat, naif, dan selalu mempertanyakan banyak hal seperti kenapa orang menyukai keju yang menurutnya menjijikan dan berbau busuk, kenapa manusia hanya mempunyai dua tangan (kalau bisa dipilih Oji mau mempunyai 4 tangan, katanya akan lebih praktis), kenapa ikan cupang hiasnya bernama Koro tidak bisa berbicara dengannya, dan masih banyak lagi. Oji juga gemar menyapa dan ekspresif dengan raut mukanya jika Ia sedang berbahagia maka sepasang mata obsidian legamnya akan berbentuk bulan sabit dan menunjukan senyuman semanis madu. Sebaliknya, ketika Ia sedang sedih maka Ia akan melakukan gerakan jungkir balik di udara secara singkat, salto sebab katanya dengan begitu air matanya akan berlawanan dengan gravitasi dan saat Ia marah maka Ia akan meminta maaf tanpa memedulikan siapa yang melakukan kesalahan tersebut, karena katanya:
“Minta maaf itu bukan perihal siapa yang benar atau salah tapi menurutku perihal seberapa penting relasi antara kedua pihak untuk menyampingkan ego salah satu dari mereka demi mempertahankan hubungan tersebut” tuturnya saat itu dengan tulus.

Begitulah sekilas pemikiran dari Oji yang menurut Migu, walaupun Ia setahun lebih tua namun Ia sesekali mendapatkan dirinya sendiri mengagumi Oji yang ketika Ia sedang dalam mode “Oji Teguh” setiap saat Migu melontarkan batu dan kalah saat mereka bermain GBK (gunting, batu, dan kertas). Migu selalu tercengang dengan perkataan yang keluar dari mulut Oji setiap kali Ia mencicipi es krim rasa semangka yang dipadukan dengan saus tomat yang merupakan rutinitas mereka di hari libur. Es krim dan Oji sendiri, memang tidak luput dari kata unik dan menyegarkan hati, jiwa, dan raga.

Seseorang yang berbalik 360 derajat dari Oji adalah Migu yang merupakan sosok yang dingin, cuek, dan selalu memandang dunia dengan pesimis, ibarat memakai kacamata gelap dan berwarna terdapat dua pilihan yang bisa kita pilih dalam hidup antara melihat dunia dengan perspektif suram penuh dengan segala keburukannya atau dengan perspektif warna-warni bagai pelangi dengan segala keindahannya. Migu dulunya sering memakai kacamata gelap namun setelah pertemuannya dengan Oji, kacamata warna-warni adalah kesukaannya.

Persahabatan merupakan suatu hal yang penting dalam hidup kita sebab tanpa di sadari itu dapat mempengaruhi arah hidup kita maka dari itu Migu bisa dikatakan orang yang sangat beruntung dalam hidupnya karena dipertemukan dengan Oji yang menerangi setiap hari-harinya yang sebelumnya dijalaninya dengan gulita. Latar belakang Migu yang merupakan anak tunggal dari sepasang pengusaha yang sukses bahkan bisa dibilang anak emas. Karena dari kecil sudah memiliki banyak harta bahkan mendapatkan deposito uang 1 miliar sebagai hadiah ulang tahun pertamanya. Meskipun Migu memiliki banyak kekayaan, tidak sekalipun Ia memamerkan dan bertingkah sombong kepada orang lain. Semua harta yang Ia punya, sering Ia sumbangkan ke panti dan membantu fakir miskin di jalanan. Hal ini membuat Oji sangat bangga kepada sahabatnya dan menurutnya patut untuk semua remaja ikuti ketika kita mempunyai kelebihan. Dari segala hal yang Migu lakukan dengan uangnya, ada satu hal yang sangat Oji dambakan yaitu traktiran nasi goreng spesial setiap bulan Desember tanggal 1 yang termasuk dalam UU Oji dan Migu pasal 1 tahun 2017 dalam rangka memperingati hari pertemuan mereka dan terbentuknya kode rahasia mereka.

Ketika kebanyakan remaja dimabuk asmara, Migu dan Oji malah dimabuk lelucon receh mereka berdua yang dilontarkan di tempat andalan mereka yaitu taman kompleks “Pinkhill Residence” di dekat rumah keduanya yang sering dikunjungi sesaat pulang sekolah. Tempat yang sepertinya diciptakan untuk keduanya dalam melempar canda dan berbagi tawa namun saat bintang-bintang di langit malam muram dan sang rembulan nampak sendirian menerangi, pada masa-masa seperti itulah mereka akan berbagi empati dan menyembuhkan luapan luka di dalam hati keduanya. Tetapi langit malam diciptakan seringkali untuk menggambarkan mimpi dan harapan untuk masa depan juga untuk berbagi teori konspirasi tentang Koro yang kemungkinan berbicara sendirian ketika Oji pergi bersekolah.

Percakapan yang dilakukan dengan posisi berbaring dan mengangkat wajah ke atas menimbulkan banyak topik yang dibahas seperti:
“Gu, kalo aku rasa sedih karena ujian matematika tadi dapat 50 wajar kan?”
“Wajarlah, semua perasaan sedih dan kecewa kamu buat hari ini wajar tapi kalau berlangsung sampai besok sudah enggak wajar.”

Ada jeda beberapa detik sebelum Oji kembali mengajukan pertanyaan.
“Kenapa?”
“Kan pada dasarnya kamu alamin peristiwanya hari ini, ya sudah berarti besok sudah hari yang baru sekarang keluarin aja dulu semua penat yang ada di jiwamu tapi tetap ingat kalau matahari masih akan terbit besok dan pasti ada orang yang mau kamu senyum lagi”
“Hmm siapa emangnya?” tanya Oji sembari cengar-cengir.
“Bu Endah blok B15 tuh, ya akulah emang siapa lagi sih, sahabatmu yang paling keren di seluruh dunia sampai galaksi? Jangan lupa ya sama UU Oji dan Migu pasal 2 tahun 2017 tentang mengucapkan kode rahasia “Boom Bom Bom” ketika membutuhkan sesama. Kapanpun kamu butuh aku, aku pasti akan berada di sisimu secepatnya” ucap Migu dengan tegas.

Oji mengangguk dan berdiri dari posisinya yang berarti sudah saatnya percakapan malam ini berakhir dan menyadari kenyataan bahwa sesulit apapun masalah hidupnya dan beban apapun yang dipikul akan berasa 2 kali lebih ringan karena dipikul bersama juga kesenangan yang didapatkan akan lebih membahagiakan ketika di bagi dengan sesama. Migu ada di setiap momen Oji dan sebaliknya.

Kebanyakan orang hanya menghubungkan kata “belahan jiwa” dengan sepasang kekasih tetapi mereka lupa bahwa kata tersebut juga bisa diaplikasikan pada seseorang yang mengetahui bahwa kamu tidak suka keju dan memakannya untukmu juga memaklumi segala tingkah laku anehmu, terlebih lagi berada di sisimu pada waktu yang lama, menyediakan bahu paling aman untukmu bersandar, kata-kata yang paling menenangkan untuk didengar sekala dunia kacau dan menemanimu 7 hari seminggu dari langit berwarna biru muda hingga biru tua yang merupakan definisi dari persahabatan Oji dan Migu. Setiap fase yang dilewati dalam hidup terkadang susah untuk dilewati termasuk fase beranjak dewasa namun dengan seorang Oji disampingnya, Migu yakin Ia bisa melewati apapun di hadapannya.

Teruntuk masa SMA dan taman kompleks di bawah langit malam yang ditemani bintang-bintang gemerlap, semuanya menjadi saksi bisu bagaimana sebuah kode rahasia menjadi segalanya untuk Oji dan Migu.

Cerpen Karangan: Nathalie Aurelia
Nathalie A.

Cerpen ini dimoderasi oleh Moderator N Cerpenmu pada 10 Oktober 2021 dan dipublikasikan di situs Cerpenmu.com

Cerpen Boom Bom Bom (Kode Rahasia Migu & Oji) merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Ratna Sahabat Rena

Oleh:
Rena ingin sekali bersahabat dengan Ratna, teman sekelasnya. Ia sebangku dengan Ratna. Namun ketika ia ingin mengatakaanya ia merasa kehabisan keberaniannya. Semburat merah muncul ketika ia mengatakan, “Ra.. Ratna,

Sahabat Dunia Maya

Oleh:
Perkenalkan, namaku Lolla. Aku mempunyai satu sahabat dunia maya yang bernama Vesha. Dia sangat baik padaku. Kami kenal karena kami sama-sama penggemar Kpop. Persahabatan kami, kamu singkat menjadi “Love”

Makhluk Manis Di Teras

Oleh:
“Sssst, Anna.. lihat deh cowok yang lagi main gitar itu,” bisik Anggi pada Anna yang sedang asyik menjilat ice cream cokelatnya seraya menunjuk dengan kepala ke arah rumah bercat

Hurt

Oleh:
Hari itu, hari yang kutunggu-tunggu. Hari yang selalu kuharapkan. Hari yang kupikir akan menjadi kenangan yang indah. Adalah awal kehancuranku. Hari itu, semua musnah. meninggalkan rasa sakit dan kehampaan.

Aku, Kamu dan Kita

Oleh:
Aku duduk di sebuah taman dekat sekolah, menulis cerita tentang sebuah kisah persahabatan. Aku Hera, gadis SMP sama seperti kalian, menyukai musik, membaca novel dan dance. Aku mempunyai sahabat

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *