Sepotong Rindu Untuk Rindy

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Patah Hati, Cerpen Persahabatan
Lolos moderasi pada: 15 September 2017

Tarjo adalah seorang mahasiswa semeter akhir yang mengambil studi sosiologi di salah satu universitas terkenal di kota. anak pertama dari 2 bersaudara ini, memiliki banyak cita-cita seperti menjadi pilot dan pelukis. namun dari sekian banyak cita-cita, tarjo juga menjadikan merantau sebagai cita-citanya. mungkin karena itulah tarjo berada jauh dari kampung halaman.

Di suatu siang yang panas, tarjo diajak teman-teman kelasnya menunggu dosen sambil menikmati es cendol milik pak karyo.
“menurut legenda, kalo kita minum es cendol siang-siang kita bakalan dapat pasangan” cetus darwin kepada teman-temannya. tarjo yang mendengar langsung merespon dengan wajah heran “hah? apa hubungannya minum es dapat pasangan?”
“yah adalah! saat lu mentraktir orang yang lu suka maka proses cinta akan terjadi dengan sendirinya” kata darwin dengan wajah serius. anak-anak yang lain hanya tertawa melihat candaan darwin dan tarjo. tarjo masih bingung dengan penjelasan ini, dia lalu berkata “namanya doang darwin tapi orangnya aneh!”
“eh tarjo, cinta itu emang aneh. masa lu gak paham? pantesan sampai sekarang lu masih jomblo hahahaha!” mereka semua menertawakan tarjo bahkan pak karyo pun ikut tertawa. “nih mas es candolnya!” kata pak karyo sambil memberikan segelas es cendol pada tarjo. “tapi pak, saya??”
“udah ambil aja, gue yang traktir kok!” sela rindy. rindy adalah sahabat darwin hanya saja rindy beda jurusan dengan darwin dan tarjo. rindy adalah seorang jurnalis yang memiliki wajah oriental jadi jangan heran kalau banyak pria yang jatuh cinta padanya, terlebih rindy juga baik kepada semua orang. tarjo tersenyum mengambil es cendol tersebut dan mengucapkan terimakasih pada rindy. Tanpa disengaja tarjo dan rindy saling bertatap mata, inilah awal dimana tarjo merasakan cinta mulai menggetarkan hatinya.

Sepulang dari kampus, tarjo terus mengingat kejadian tadi. es cendol pemberian rindy dan mitos konyol buatan darwin. dia merasa bahwa apa yang dilakukan rindy dan apa yang dikatakan darwin ada hubungannya, meski apa yang dilakukan rindy adalah sesuatu yang biasa dilakukan semua wanita tapi tarjo merasa pandangan dan senyum yang diberi rindy padanya adalah sesuatu yang istimewa, seperti memberi tanda bahwa rindy adalah jodohnya.

Hari-hari berikutnya tarjo mulai mencari tahu semua tentang rindy, setiap ke kampus tarjo selalu mampir sebentar di kelasnya rindy hanya untuk melihat rindy yang sedang belajar dari luar kelas. semua ini tarjo lakukan secara diam-diam, pernah sekali waktu saat tarjo sedang mengintip tiba-tiba seorang dosen memukul pundaknya, karena takut ketahuan rindy tarjo segera menundukkan kepala tapi naas, tarjo malah menyundul jendela.

Agar lebih mudah tarjo mulai mencari cara lain, tarjo mendekati darwin sebab darwin adalah teman dan tetangganya rindy. permainan politik dimulai, tarjo mentraktir darwin makan dan membuat semua tugas darwin. karena tarjo sadar cinta butuh perjuangan, dan hal itulah yang dilakukan tarjo pada darwin.

Sebulan berlalu begitu cepat, secepat cintanya tarjo pada rindy. darwin sebagai teman mulai curiga pada tarjo, dia lalu meminta erna teman sekelas mereka untuk mencari tahu maksud dari semua kebaikan tarjo. setelah mendapat jawaban dari erna, darwin menelepon tarjo untuk bertemu di cafe. setibanya di cafe mereka bercerita banyak hal, ditengah pembicaraan darwin bertanya “jadi benar nih, lu suka sama rindy?”
“kok lu tahu?” jawab tarjo dengan canggung.
“iya, gue udah tahu kok! lagian dalam teori pertukaran sosiologi juga dijelasin kalo ada orang yang memberi otomatis mereka berharap mendapatkan imbalan!”
bingung mendengar penjelasan darwin, tarjo bertanya kembali “memberi dan menerima? itu kayak gimana ya?”
“kayak lu” jawab darwin yang mulai kesal. tarjo tertawa dan kini mereka mulai mengatur siasat. darwin menelepon rindy dan mengajaknya berkumpul di tempat biasa besok. rindy dengan senang hati menerima tawaran tersebut dan tarjo yang mendengar suaranya rindy langsung mengkhayal “seandainya rindy tahu kalau pria yang pantas menjadi pendamping hidupnya itu adalah gue!” kata tarjo sambil menutup mata. darwin hanya menggelengkan kepala dan bertanya “kalo dia udah punya pacar gimana?”
“gue akan nunggu sampai mereka putus!” jawab tarjo serius.
“kalo tiba-tiba dia dilamar, terus nikah, terus punya anak gimana? lu masih nunggu lagi?”
“gak mungkin, perjuangan baru aja dimulai. lagian kenapa sih lu gak pernah ngedukung gue?” kata tarjo dengan nada kesal.
“bukan gitu jo, gue cuma pengen tahu aja sejauh mana cinta lu ke rindy!” setelah pertemuan itu, tarjo dan darwin pulang ke rumahnya masing-masing.

Besok paginya, di tempat biasa mereka menunggu dosen darwin dan teman-teman kelasnya berkumpul sambil menikmati es cendol milik pak karyo. erna bertanya “si tarjo kemana kok belum datang ya?”
“gak tahu, masih nyangkut di kasur kali!” kata seorang teman yang lain. tiba-tiba dari kejauhan, seorang pria dan seorang wanita menghampiri mereka sembari memberi amplop bergambar bunga tulip dengan pita berwarna ping bertuliskan “untuk anak-anak sosiologi angkatan 11”. denis teman kelas darwin dan tarjo kemudian membuka dan membaca isi amplop tersebut dan betapa kagetnya darwin, saat tahu bahwa isi amlop itu adalah undangan pernikahan rindy. kecemasan darwin terbaca oleh teman-temannya, mereka menanyakan kenapa darwin cemas dan tanpa menunggu lama darwin langsung menceritakan pada mereka, bahwa tarjo menyukai rindy.

Mereka merasa prihatin dengan apa yang dihadapi tarjo, mereka sepakat untuk tidak memberitahukan pada tarjo tentang pernikahan rindy. “kita datang aja, urusan tarjo biar gue yang atur!” ucap darwin pada teman-temannya. karena pernikahan berlangsung pada malam hari, darwin berinisiatif mengajak tarjo tapi tidak memberitahukan kemana tujuan mereka.

Di mobil, darwin tidak banyak bicara, tidak seperti tarjo yang sedari kemarin hanya mengulang khayalan kehidupan cintanya bersama rindy. “lu pernah pake tuksedo gak?” kata darwin. “emang tuksedo itu apaan?” tanya tarjo “itu pakaian yang biasa dipakai pria kalo ke acara-acara resmi. ada jas sama dasinya!”
“oh, kayak james bond itukan?”
“iya!”
“wah keren tuh, tapi gue belum pernah pake. emang kita mau ke mana kok pake tusuk sate segala?”
“tuksedo jo bukan tusuk sate! udah nanti gue jelasin deh, sekarang kita nyoba ukuran dulu!”

Setelah sampai di tempat penyewaan, tarjo dan darwin segera mengukur tuksedo mereka. dalam perjalanan pulang, tarjo meminta darwin untuk berhenti sebentar di sebuah toko yang menjual aksesoris wanita. “lu beli apaan? buat siapa?” tanya darwin pada tarjo. “ini surprise buat rindy gue mau ngasih ke dia besok!” jawab tarjo dengan wajah bahagia. darwin senyum dan melajukan mobil sedan miliknya ke pernikahan rindy. di sana, darwin dan tarjo segera masuk. tapi tarjo heran kenapa di acara pernikahan seperti ini ada teman-teman kelasnya. mereka saling sapa, bercanda lalu masuk ke dalam ruangan. darwin dan teman-teman yang lain mulai canggung pada tarjo, karena tarjo dari awal masuk ke ruangan tatapannya tidak lepas dari penngantin. darwin lalu menarik tangan tarjo dan menjauhi kerumunan, di sana darwin mulai bicara “tarjo, ada yang pengen gue omongin. gue harap lu jangan kaget dan marah sama gue! karena…!”
“tunggu!” sela tarjo memotong pembicaraan darwin, “itu yang di pelaminan rindy kan?” sambung tarjo. darwin terdiam, dia mengepalkan tangan lalu memukulkannya ke tembok menandakan penyesalan karena tidak mengatakan ini dari awal. “iya kan win? di sana rindy kan? jawab win jawab!” suara tarjo yang lantang membuat orang yang berada di sekeliling mereka pun terkejut, untungnya suara alunan musik melantun dengan keras, sehingga kepedihan hatinya tarjo itu tidak terdengar sampai ke telinga sang pengantin.

Teman-teman yang lain segera menghampiri tarjo dan darwin. mereka memberi dukungan pada tarjo agar tidak sedih dan menerima kenyataan ini, tapi dukungan yang diberikan mereka hanya membuat matanya tarjo berkaca-kaca. ada sesak yang mengguncang dada, ada suka yang berganti duka. “gak ada satu pun orang di dunia ini, yang langsung baik-baik aja saat hatinya patah!” ucap tarjo pada teman-temannya.

tarjo menarik nafas, menyeka airmatanya dan menguatkan hati dengan lapang dada tarjo mengajak teman-temannya untuk memberi ucapan selamat pada rindy dan pasangannya. setelah itu, darwin menyuruh seseorang untuk memfoto mereka bersama sang pengantin sebagai kenang-kenangan. tarjo kemudian berdiri di samping rindy, dan rindy membisikkan sesuatu pada tarjo “aku udah tahu semua tentang perasaan kamu, tapi aku harap kita masih bisa menjadi sahabat yang baik!” tarjo kaget mendengar ucapan rindy, dia tersenyum dan luka hatinya mulai membaik. beberapa hari setelah kejadian itu, tarjo mulai berubah. dia tidak lagi sedih atas apa yang menimpanya. kehilangan rindy membuatnya lebih dewasa dalam bersikap.

“jadi lu udah ikhlasin rindy nih? lu udah beda soalnya” gurau erna pada tarjo. lalu kefin pun menambahkan “iya lu kelihatan lebih rapi, mulai aktif di kampus dan ehem… ganteng lagi!”
Tarjo tersenyum mendengar semua pujian dari teman-temannya, darwin lalu berkata “iya dong, teman gue harus kuat. iyakan jo!”
“iya, gue sadar sekarang gue hanya perlu mendoakan dan mengikhlaskan semoga dia bahagia bersama pilihannya sekarang. dan gue yakin kok, gue pasti dapat yang lebih baik dari dia!” kata tarjo sambil menunjukkan senyum pada semua temannya. “iya, lu harus optimis dan ingat, kadang kebahagiaan datang saat kita sudah mengikhlaskan” ujar darwin memotivasi.
“ngomong-ngomong makasih yah, gue beruntung punya teman-teman yang baik dan pengertian kayak kalian. semoga persahabatan kita terjaga selamanya! kalo gak ada kalian, mungkin gue masih nangis sampe sekarang!” ucap tarjo pada teman-temannya. agus yang baru datang langsung memeluk tarjo, dengan wajah yang serius dia bertanya “jo lu gak apa-apa kan! soalnya gue mimpi gara-gara rindy nikah sama orang lain lu nekat loncat dari tempat tidur!” tarjo dan yang lainnya tertawa mendengar apa yang dikatakan agus. “gak dong! gue gak bakalan gila hanya karena cinta” ujar tarjo. mereka lalu tertawa bersama dan melanjutkan rutinitas sebagai mahasiswa hingga menjadi sarjana.

Ada sesuatu yang tak bisa dihilangkan dari peradaban dan itu adalah kenangan, kadang ingatan akan rindy selalu muncul di kepala meski demikian tarjo tidak sedih atau galau seperti anak-anak alay jaman sekarang, yang kalau teringat mantan, mereka akan memposting di semua media sosial dengan postingan-postingan yang bikin mata sakit, kepala pusing, bibir pecah-pecah dan badan meriang. hadiah yang tidak sempat diberikan tarjo ke rindy sudah tarjo simpan sebagai kenang-kenangan, hadiah itu ternyata sebuah bingkai foto yang tarjo isi dengan foto mereka berdua di acara pernikahan, dan istimewanya di bingkai itu ada kalimat yang bertuliskan “Sepotong Rindu Untuk Rindy”.

Cerpen Karangan: Rizal Rahman
Blog: Rizalistis.blogspot.com
Mahasiswa penikmat kopi dan pecinta sastra. Netizen yang suka ngetwitt di @rizalistis

Cerpen Sepotong Rindu Untuk Rindy merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Gadis Berkursi Roda (Part 1)

Oleh:
Gadis itu tengah duduk di kursi rodanya, ia berada di pinggir lapangan basket. Rupanya ia tengah melihat teman-temannya yang sedang basket kebetulan saat itu adalah jam olahraga. Sesekali gadis

Best Friend

Oleh:
Singkat cerita. Iqbal, Aldi, Salha, Kiki dan juga Cassie sudah bersahabat dari kecil. Mereka berlima selalu satu sekolah yang sama. Dari TK, SD, SMP, dan sekarang saatnya mereka memilih

Harapan Palsu

Oleh:
Pagi itu aku melangkahkan kakiku untuk menuju ke sekolah. Aku Aqilah seorang gadis yang duduk di bangku kelas 8 SMP. Memang masih terlalu dini untuk merasakan Cinta. Tapi mau

Kosong

Oleh:
Aku kembali lagi hari ini, nikita. Di sudut kamar kecilku, kupandangi jarum jam di dinding itu. perlahan kuputar jarum kecil itu melawan takdirnya kebeberapa ribu jam yang lalu, dan

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *