Angsa Kertas Yang Terbuat Dari Origami

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Persahabatan, Cerpen Sedih
Lolos moderasi pada: 24 July 2013

Margie adalah sahabatku. Kami duduk sebangku di sekolah dan kursus bahasa Inggris di tempat yang sama. Sudah 2 tahun dia diketahui menderita penyakit kanker, penyakit yang kapan pun bisa merenggut nyawanya.

Sejak diketahui Margie menderita penyakit kanker, Margie jadi berubah. Dia tidak seceria dulu dan lebih suka mengurung diri di kamarnya. Seperti hari ini, saat aku berkunjung ke rumahnya, yang hanya dipisahkan oleh 2 blok, sehingga aku sering datang menemaninya. Aku melihat Margie sedang sibuk membuat angsa dari kertas origami. Kemudian, angsa kertas itu ditalikan dengan benang wol yang warnanya sama.

“Wah bagus sekali. Sudah berapa lama kamu membuatnya hingga bisa menjadi sebanyak ini?”
“Sejak 1 minggu yang lalu. Kak Mitha yang mengajariku.” Kata Margie sambil tersenyum menatapku.

Aku jadi ingat film, yang tokohnya membuat 1.000 angsa kertas agar keinginannya terwujud. Apakah Margie menginginkan sesuatu yang dirahasiakan kepadaku? Biasanya, Margie selalu menceritakan semua keinginan dan mimpinya kepadaku.

“Jadi penasaran deh… Kok seperti film Korea sih” kataku.
“Ini cuma iseng kok. Agar aku tidak terlalu memikirkan penyakit ini. Apa kamu tidak melihat rambutku yang sudah rontok? Sebentar lagi, kepalaku akan botak. Apa kamu masih mau menemaniku?” Tanya Margie. Suaranya terdengar menyedihkan.
Aku memeluk tubuhnya penuh haru.
Sebenarnya aku ingin menangis, tapi aku tidak ingin melihat Margie sedih.
“Bagaimana kalau aku membantumu membuat angsa kertas itu supaya menjadi banyak? Tapi kamu harus mengajariku dulu.” Kataku.
“Boleh saja. “kata margie. Dia mengajariku dengan pelan akhirnya jadilah satu angsa kertas. Aku sudah mulai bisa. Aku mencoba membuat bersama Margie.

Sebenarnya Margie sangat mahir membuatnya tidak seperti aku. Aku harus mengulang beberapa kali angsa kertas itu. Angsa kertas sudah terbuat banyak. Aku menemaninya tidur lalu aku pulang.

Sesampainya di rumah, tidak lama kemudian ada telpon dari mba Rum, tepatnya pembantu Margie.

Mba Rum: “Hallo bisa bicara dengan Sofia?”
Sofia: “Iya ini saya sendiri.”
Mba Rum: “Non ayo cepat datang ke rumah sakit Siloam Hospital. Karena non Margie tidak sadarkan diri dan harus di bawa ke rumah sakit.”
Sofia: ” Ap… Apa Margie tidak Sadarkan diri? Ya sudah saya akan segera ke sana!”

Akhirnya akupun menutup telepon sambil menangis dan berjalan ke kamar mama dan papa karena mereka ada di dalam. Aku pun menceritakan dan papa berkata, “Ayo cepat berangkat!”

Akupun berangkat dan saat itu pandangan ku gelap dan buram. Saat aku lihat di sana Margie dan mama, papanya menangis. Dan Margie menaburkan angsa kertas di kuburan itu. Saat aku baca batu nisan itu Andina Sofia itu namaku! Ternyata karena saking buru burunya papa menabrak bis dan hanya mama papa yang tertolong. Mama dan papa menangis tidak berhenti.

– TAMAT –

Cerpen Karangan: Giselle Iona Rachel Tuelah
Facebook: Giselle Tuelah

Cerpen Angsa Kertas Yang Terbuat Dari Origami merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Ruang 18

Oleh:
Melewati semilir angin malam dengan sejuta kebisingan suara mobil ambulans membuat udara ini begitu sangat sesak. Ku termangu dengan ayah dalam meratapi ibu yang kini terbaring di atas ranjang

Padang Ilalang

Oleh:
Namaku Lissa, aku tinggal bersama nenekku di desa. Ayah dan ibuku bekerja di sebuah kota dan menetap di sana. Aku memiliki seorang adik laki-laki, namanya Maman. Aku sangat menyayanginya.

Setetes Darah Kehidupan

Oleh:
Febby, dan Rasya adalah dua orang sahabat. Mereka telah bersahabat sejak kelas tiga SD hingga sekarang mereka yang telah duduk di bangku kelas satu SMP, mereka telah dipertemukan kembali

Selamat Jalan Adikku

Oleh:
Gundukkan tanah ini adalah tempat peristirahatan terakhirnya, sosok rapuh yang selama ini menjagaku. Wajah tampannya masih terbayang-bayang di otakku, senyuman beserta lesungnya masih melekat di memori hidupku. Ya Tuhan,

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

One response to “Angsa Kertas Yang Terbuat Dari Origami”

  1. Tiara says:

    Kren sih cmn g kreatif kisahnya sama kayak angsa kertas dibuku yg jdulnya peri latah penerbitnya kecil-kecil punya karya karangan alya namira nasution di panggilnya dinda yg bedanya cmn siapa yg nyampein berita,rumah sakit sama yg jadi aku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *