Arti Sebuah Kejujuran

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Persahabatan, Cerpen Sedih
Lolos moderasi pada: 31 July 2015

Di sekolah ternama, ada enam siswi yang bersahabat yaitu Rena, Lia, Desy, Unez, Dinda dan Vony. Mereka sekarang duduk di kelas 9. Suatu hari mereka sedang disibukkan dengan tugas praktik melukis, jam sudah menunjukan 12.30 tetapi mereka belum selesai, sampai akhirnya mereka memutuskan untuk giliran shalat dzuhur, yang pertama bagian Lia dan Vony.

Setibanya di masjid airnya gak ada jadi mereka turun ke bawah untuk wudhu, karena mukenanya ada satu jadi mereka giliran shalatnya itu pun di bagian kepala mukenanya besar, ketika Lia yang terlebih dahulu tiba-tiba ada Ary (lelaki yang Vony suka) waktu itu Vony jadi salah tingkah apalagi Ary dan teman-temannya masuk masjid untuk shalat, sewaktu Ary lagi wudhu di bawah Vony jadi mengurungkan niatnya untuk tidak jadi shalat walaupun dipaksa-paksa oleh Lia tetapi tetap aja tidak mau dengan alasan mukenanya jelek dan kotor. Lia pun penasaran kenapa Vony jadi begini tidak seperti biasanya.
Waktu itu Lia menyindir Vony “kamu suka ya sama Ary? sampai-sampai gak mau shalat gara-gara mukenanya gini?” dengan gugupnya karena takut ketahuan, Vony bilang tidak. Padahal dari ekspresinya sudah terlihat banget dan itu yang membuat Lia lebih yakin lagi, saat di tempat penyumpanan sepatu hampir saja Lia mengatakan pada semua orang yang tadi terjadi di masjid, namun usaha Lia gagal karena Vony membekap mulutnya dengan kertas yang sedang dipegangnya.

Setelah itu mereka semua berkumpul sambil membicarakan tentang lukisan yang sudah dibuatnya, tetapi tidak dengan Vony, dia sedang menulis di belakang mereka. Tanpa sepengetahuan Vony, Lia membicarakan pada semuanya yang terjadi di masjid, “ehh… tau gak, tadi tuh si Vony gak jadi shalatnya gara-gara malu memakai mukena yang ada di masjid selain itu dia juga malu sama kamu… Ary!” kata Lia. Mereka semua tertawa sambil memandang ke arah Vony, dia pun tidak bisa apa-apa hanya diam dan tertunduk malu, dia tidak habis pikir kalau Lia akan berbuat seperti itu, sekarang yang ada di hati Vony adalah sakit hati dan dendam pada Lia.

Ketika kembali ke kelas Vony duduk sambil tiduran di atas meja, mereka pikir Vony hanya sedang tiduran tetapi ketika Lia melihat ke bangkunya sedang nangis, Lia pun melontarkan kata maafkan beberapa kali tetapi tidak dijawab oleh Vony, kini Lia merasa bersalah dan di situ Lia ikutan menangis. Namun dengan nangisnya Lia, Vony tetap tidak bicara karena sakit hatinya yang terlalu dalam. Memang dari awal Vony tidak pernah bicara sama siapapun kalau Dia suka sama Ary, jadi akibatnya seperti ini. Kalau saja Vony bicara jujur dari awal mungkin teman-temannya tidak akan bilang apalagi mempermalukan Vony di depan semua orang.

Hari demi hari sudah terlewati, tetapi Vony masih menghindar dari mereka. Akhirnya persahabatan yang mereka jalani kini sekarang sudah hancur dan berpisah satu sama lainnya.

Cerpen Karangan: Siti Masturoh
Facebook: Siti Masturoh

Cerpen Arti Sebuah Kejujuran merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

Google+


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Friendship or Love (Part 1)

Oleh:
Persahabatan. Sebuah hubungan yang sangat luar biasa. Kesunyian dalam hidup akan berkurang dengan adanya kehadiran seorang sahabat, seseorang yang dapat dipercaya, selalu setia menemani di saat sedih maupun senang.

Bayang Bayang

Oleh:
TIN-TIIINNN!!! Ckiiiittt BRUAGH!! Disinilah aku. Berdiri di samping sesosok gadis yang tergolek lemas di tengah jalan. Dengan darah segar yang terus mengalir dari kepala dan tulang-tulangnya yang patah. Setelah

Br ok en

Oleh:
Gue Deva, gue pindahan dari Bandung, sekarang gue ikut orangtua gue di Jakarta. Orangtua gue selalu berantem, dalam masalah apapun. Dari bandung gue ini anak baik-baik, tetapi semua berubah

Surat Terakhir

Oleh:
Malam ini entah mengapa aku tak bisa tidur, pembicaran Pak Dokter dengan Ayahku pun terus terngiang di telingaku. Jujur aku tak pernah tahu tentang penyakitku ini Ayah dan Bunda

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

One response to “Arti Sebuah Kejujuran”

  1. ajengseptiani says:

    Apa hikmah dari cerita “arti sebuah kejujuran”?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *