Penyakit Ini Akhir Hidupku

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Cinta, Cerpen Keluarga, Cerpen Sedih
Lolos moderasi pada: 13 June 2013

Pagi ini aku berangkat sekolah di antar oleh kakakku karena papa tidak sempat mengantarku, ada urusan mendadak. Keluargaku sangat mengasihiku kami hidup sangat rukun dan berkecukupan, rumahku penuh canda dan tawa. Sesampai di sekolah, aku mencium tangan kakakku dan berkata “doakan belajarku hari ini ya kak”, kakakku membalas dengan senyuman lalu aku pun berjalan menuju kelasku.

Kegiatan proses belajar-mengajar pun di mulai, hingga hampir jam pulang pun tiba keadaanku masih baik-baik saja. Dan ketika bell pulang pun berbunyi aku keluar menusuri jalan tapi kali ini ada rasa aneh di kepalaku, aku merasakan sangat sakit hingga aku tidak tahan lagi dan duduk mencari tempat yang sepi.

Setelah duduk beberapa saat kepalaku sudah tidak sakit lagi dan aku pun melanjutkan jalanku ketika itu mungkin haris melihatku dan menghampiriku, lalu berkata “tumben pulangnya lama cha?, gak di jemput papanya”, “papaku lagi sibuk jadi enggak sempat jemput ntar lagi juga kakakku mungkin datang” balasku sambil senyum biasa, “ayo aku antar pulang aja, kasian kamu sendiri disini” kata haris menawarkan. Awalnya aku menolak tapi haris terus memohon sehingga membuat aku mau.

Sesampainya di depan rumah aku turun lalu berkata “gak mau masuk dulu ris”, “lain kali aja cha lagian sudah mendung nii” kata haris dengan lembut, “oh ia deh, aku masuk dulu ya” kataku lalu masuk ke dalam rumah, sesampai di rumah mama melihatku dan berkata “Kak dienya mana cha bukannya tadi dia yang jemput ya”, “cha di antar teman ma” kataku setelah itu kak die pun muncul dan melihatku lalu berkata “loo, di antar siapa cha tadi kakak jemput tapi sudah gak ada lagi di sekolah” saat kak die bicara sakit di kepalaku mulai berasa lagi lalu aku berjalan menuju kamarku sambil berkata “tadi diantar teman”.

Sampai di kamar aku meletakkan tasku dan mencari obat sakit kepala, setelah minum obat sakit kepalaku hilang aku tidak ada rasa curiga di saat itu. Mungkin karena aku tadi ujian makanya kepalaku agak sedikit pusing. Besok paginya saat aku terbangun dari tidurku aku merasakan sakit kepalaku timbul lagi tapi aku tidak menghiraukan rasa sakit itu, aku bersiap-siap menuju sekolah dan di antar kakakku lagi. Turun dari motor aku hendak menyalam tangan kakakku tapi sakit itu muncul lagi hampir membuatku jatuh tapi untung kakakku langsung menangkapku dan berkata “kamu kenapa cha?, gak lagi sakit kan”, aku menatap kakakku dan berkata “gak pa-pa kok kak mungkin ini Cuma sakit kepala biasa” lalu aku berjalan menuju kelas.

Saat PBM di mulai aku juga mulai merasakan sakit yang menjadi di kepalaku hingga membuatku jatuh pingsan. Dan saat aku terbangun aku sudah berada di dalam ruang UKS sekolah ternyata yang menggendong aku ke ruang UKS ini Haris teman sekelasku. Setelah beberapa menit kakakku pun datang menjemputku dan membawaku pulang, sampai di rumah aku melihat mama sangat khawatir dan langsung memelukku sambil berkata “kenapa Cha?, sakit kok gak bilang mama” aku melihat raut wajah mama yang sangat khawatir akan keadaanku lalu aku berkata “Cha gak pa-pa kok ma mungkin Cuma kecapean aja dan butuh istirahat” aku pun di antar mama kekamarku lalu aku tidur.

Paginya aku sudah merasakan agak baikan dan mama datang ke kamarku lalu berkata dengan raut wajah khawatir “kalo belum sanggup sekolah gak usah di paksakan ya cha” lalu aku tersenyum dan berkata kepada mama “sudah agak mendingan kok ma, lagian hari ini cha ada ujian”. Mendengar itu mama keluar dari kamar dan aku pun bergegas untuk pergi sekolah. Kakakku mengantarku ke sekolah dan hari ini aku benar-benar merasakan lebih baik.

Hari ini kami ada ujian dan saat PBM berlangsung pun aku sudah tidak merasakan sakit apa-apa lagi. Dan sepulang sekolah terlihat kak die sudah menungguku lalu kami pun pulang ke rumah, sepulang sekolah aku membantu mama masak semur kesukaanku untuk makan malam dan setelah makan malam selesai aku beranjak ke kamarku dan belajar dan aku tertidur.

Pagi ini aku merasa sakit kepalaku kambuh lagi dan saat itu keluar darah dari hidungku dan aku sangat takut saat itu tapi setelah beberapa menit darahnya pun berhenti lalu aku bergegas mandi saat sarapan aku tidak cerita apa-apa sama mama dan kak die karena aku gak mau buat mereka khawatir dan setelah sarapan aku berangkat sekolah dan di sekolah sampai istirahat pertama keadaanku baik-baik aja tapi setelah istirahat kedua darah itu mulai keluar dan teman sebangkuku melihat itu lalu berkata “kamu kenapa cha?, kok keluar darah dari hidungmu” aku mencoba menutupi hidungku dengan tissue dan berkata kepada elsa “aku gak apa-apa kok sa, ini Cuma mimisan biasa kok” lalu aku pergi ke kamar mandi dan elsa mulai curiga dan khwatir denganku.

Beberapa lama di kamar mandi aku mulai merasa pusing, darah itu tak kunjung berhenti dan ketika aku hampir pingsan elsa datang bersama haris dan saat itu juga haris menahanku agar tidak jatuh ke lantai dan mereka membawaku pulang ke rumah. Saat aku sadarkan diri aku melihat begitu banyak orang di sekelilingku yaitu mama, papa, kak die, haris dan elsa, lalu aku berkata dengan suara lemah “kapan papa pulang dari Australia?, kok gak kabarin cha, papa bawa apa untuk cha” ketika itu papa langsung memelukku dan berkata “adek cha sakit apa? kok bisa sampe pingsan, papa langsung pulang sesudah mamamu telpon papa dan bilang kamu sakit” aku sedikit mengeluarkan senyuman kepada papa agar dia tidak begitu khawatir dan berkata “cha gak pa-pa kok pa, cha cuma mimisan karena mungkin cha kecapean belajar” .
Setelah itu haris dan elsa pun pamit pulang, “om, tan, kak kami permisi pulang dulu ya kak” kata haris lalu setelah itu elsa pun berbisik ke telingaku “cepat sembuh ya cha” lalu memberikan senyuman kepadaku. Kak die pun mengantar haris dan elsa ke depan rumah, mama dan papa terus menjagaiku saat itu lalu aku pun berkata “Cha cuma butuh istirahat kok ma, pa”. Mama dan papa pun meninggalkanku tertidur lelap di kamar tapi sebenarnya aku tidak tidur melainkan hanya ingin membuat mama dan papa tidak perlu begitu menjagaiku. Di luar kamarku aku mendengar percakapan antara mama dan papa.
“Pa, Anak kita gak kenapa-napa kan pa?” kata mama dengan suara sedih
“mungkin yang dikatakan Cha benar ma, dia Cuma butuh istirahat sebentar” kata papa berusaha menenangkan mama
Saat itu aku hanya mampu menangis, aku juga takut akan terjadi sesuatu padaku karena selama ini aku gak pernah sakit seperti ini apalagi sampai mimisan. Aku cuma bisa berharap ini bukan sakit parah, aku berusaha menenangkan pikiran dan perasaanku dan akhirnya aku tertidur. beberapa jam kemudian aku tiba-tiba terbangun dari tidurku karena ada yang masuk kamarku dan ternyata itu mama, dia membawakan makan malam untukku dan menyuapiku. Rasanya cuma waktu kecil aku disuapin mama tapi kali ini dia menyuapiku lagi di tambah aku melihat begitu besar rasa ke khawatiran di matanya dan setelah selesai makan malam mama keluar dan menutup kamarku aku pun tidur kembali.

ADVERTISEMENT

Malam ini aku bermimpi bertemu nenek di sebuah tempat yang sangat indah, aku sangat suka tempat itu, tempat itu sangat indah, banyak bunga disana, udaranya juga sangat segar. Nenek terus mengajakku bercerita dan nenek juga mengajak aku untuk tinggal bersamanya di tempat itu tapi aku menolak, aku bilang “Cha masih ingin lama-lama sama mama, papa dan kak die nek” lalu nenek terdiam dan seketika itu aku terbangun karena mama datang membangunkanku. Aku merasa sangat aneh dengan mimpi itu karena sebelumnya aku gak pernah mimpi seperti itu apalagi bertemu nenek tapi aku tidak menceritakan itu pada mama karena tidak ingin membuatnya semakin khawatir.

Aku pun berusaha kuat dan tegar di depan mama dan beranjak ke kamar mandi tapi saat aku keramas aku melihat begitu banyak rambutku yang rontok dan aku semakin takut. Aku takut aku bakal benar-benar meninggalkan mama, papa dan kak die. Aku pun berusaha bersikap seperti biasa di depan mereka saat kami sarapan, aku gak akan menceritakan apapun pada mereka. Dan hari ini aku berangkat sekolah di antar papa lagi, di kelas semua teman-teman menanyakan kabarku tapi tidak dengan haris, dia hanya melihatku saja dan terlihat wajahnya sangat cemas.

Haris entah mengapa dia hadir di saat aku sakit seperti ini dan entah mengapa dia yang selalu menolongku. Hari itu di jam terakhir guru kami tidak masuk dan seperti biasa aku membawa buku dan belajar di bawah pohon di sekolahku, saat sedang asik tiba-tiba Haris muncul ke hadapanku dan menawarkan sebuah senyuman kepadaku saat itu lalu duduk di sampingku. Beberapa saat kami hanya diam-diam saja tapi saat aku hendak bicara dia juga bicara sehingga terjadilah percakapan di antara kami berdua:
Haris: Ehh, Cha aja yang ngomong duluan.
Aku: Gak usah, haris aja dulu.
Haris: Enggak Cha aja dulu soalnya kayaknya penting.
Aku: Emm, ya sudah deh, Cha Cuma mau ngucapin makasih sama haris karena sudah selalu bantuin Cha selama Cha sakit, tapi gimana ceritanya sih kok kemaren waktu aku mau pingsan di Kamar mandi, haris dan elsa bisa datang bersamaan?
Haris: Elsa yang mengajakku ke kamar mandi karena dia khawatir kamu kenapa-napa soalnya elsa kamu udah pergi begitu lama ke kamar mandi jadi dia curiga.
Aku: Oohh, aku kirain kalian gak janjian.
Haris: Oh ya Cha ada yang mau aku Tanya sama kamu, sebenarnya kamu sakit apa sih?
Aku: Aku gak kenapa-napa kok ris mungkin kemaren itu kecapean aja buktinya sekarang aku udah baik-baik aja kok.
Haris: Cha ada yang mau aku bilang sama kamu.
Aku: Apa ris? kok kayaknya penting banget, hehehe
Haris: Aku tu suka sama kamu, kamu mau gak jadi pacarku?
Aku: Maaf ya ris, aku belum bisa jawab sekarang.

Ketika itu aku langsung pergi meninggalkan haris dan bell pun berbunyi. Aku mengambil tas ke kelas dan pulang, beberapa menit kemudian papaku datang menjemputku. Di dalam mobil aku merasa penyakit itu datang lagi dan sampai di depan pintu hendak membuka pintu tanpa sadar aku jatuh pingsan. Terbangun dari pingsan ternyata aku sudah berada di rumah sakit. Mama memelukku dan berkata sambil menangis pilu “kok adek sakit gak bilang mama sih cha?, udah gak sayang lagi ya sama mama”, “enggak kok ma, adek cuman gak mau buat mama repot” kataku sambil tersenyum. Lalu dokter masuk ke ruangku dan berbisik kepada papa hingga mereka pun keluar. Saat papa masuk, mama langsung mendekati papa dan papa mengajak mama keluar lagi, aku pun semakin bingung, apa yang terjadi padaku, apakah penyakitku ini parah.

Ketika mama masuk dan mendekati tempat tidurku, aku langsung bertanya “Cha sakit apa sih ma? Kok Cha ngerasain sakit banget”, mama menangis dan memelukku lagi dan berkata dengan suara pelan “sebenarnya adek kena penyakit kanker otak stadium 5”.

Seketika itu aku merasakan bahwa aku gak akan hidup lama lagi, aku benar-benar akan meninggalkan mama, papa dan kak die. Tuhan inikah akhir dari hidupku (kataku dalam hati). Tapi aku berusaha tegar saat mendengar itu, aku masih mampu tersenyum kepada mereka. Ruang itu menjadi sangat sunyi senyap, hanya ada tangis dan air mata tapi aku berkata “look ok pada nangis sih, adek gak pa-pa kok ma, pa, kak die ntar juga bakal sembuh, hapus dong air matanya” mereka memelukku dengan sangat erat. Aku tau betapa sedihnya mereka tapi aku lebih sedih, aku yang merasakan sakit ini.

Karena keadaanku yang semakin menurun dan parah maka aku tidak mungkin lagi bersekolah, aku harus rawat inap di rumah sakit, setelah 2 hari di rawat haris, elsa, dan kawan-kawan kelasku pun datang menjengukku. Mereka semua menangis dan memelukku satu per satu setelah mengetahui penyakitku, apalagi haris sampai-sampai dia tidak sanggup berkata-kata lagi. Hari ketiga di rumah sakit aku merasakan keadaanku semakin menurun, aku hanya dapat berdoa kepada Tuhan agar penyakit ini diangkatkan. Makin hari kepalaku semakin sakit dan rambutku pun semakin rontok dan sekarang aku sudah botak. Tuhan mengapa ini terjadi padaku, apa salahku Tuhan, aku gak sanggup melihat mereka menangis lagi.

Akhirnya rumah sakit mengusulkan untuk mengobatiku di Penang, Malaysia tapi ternyata disana pun hanya sedikit harapan aku dapat sembuh, mereka tidak mampu mengobatiku hanya mampu mengurangi rasa sakit penyakitku. Mama dan papa sangat berusaha untuk mengobatiku, mereka mencari rumah sakit mana yang mampu mengobatiku tapi ketika mereka menemukan rumah sakit itu dan hendak mengajakku, aku menolak untuk di bawa kesana. Aku cuma minta di bawa pulang ke Indonesia dan berada di rumah saja karena aku merasakan waktuku gak lama lagi. Dengan terpaksa mereka menuruti keinginanku dan kami kembali ke Indonesia, di rumah ada seorang suster dari rumah sakit yang merawatku. Berada di rumah bersama mama, papa, dan kak die sudah sangat mengurangi sakitku walaupun aku sering mendengar tangis mereka di belakangku.
Mengetahui aku sudah berada di rumah, haris sangat sering mengunjungiku dan menyemangatiku. Dia sangat perhatian padaku tapi sayang kami tak mungkin bersama. Hampir satu bulan keadaanku semakin memburuk dan sekarang untuk berjalan pun aku sudah tidak mampu lagi, apalagi untuk berbicara. Mama selalu mendoakanku tapi mungkin Tuhan berkehendak lain. Malam itu aku sedang menulis 2 surat, 1 untuk keluargaku dan 1 lagi untuk Haris.

Isi suratku untuk keluargaku “Hei, mama, papa dan kak die aku udah senang lo disini, mungkin saat membaca surat ini Cha udah gak bisa lagi bicara, meluk dan melihat kalian tapi percayalah Cha udah bahagia disini, oia Cha disini bareng nenekku lo ma, pa, kak die. Dulu juga sebelum Cha sakit, Cha mimpi bertemu nenek dan nenek mengajak Cha tinggal bersamanya. Tapi Cha kemaren gak mau cerita soalnya Cha gak mau buat kalian khawatir. Kalian jangan sedih ya, Cha udah senang kok disini. Selamat tinggal ya. Salam Ananda: Richa.”

Dan isi suratku untuk Haris “Hai haris, sebelumnya Cha ucapin makasih ya, Haris selalu ada saat Cha sakit. Sebenarnya Cha juga sayang sama Haris tapi saat Haris nyatain perasaan Haris sama Cha. Cha udah ngerasa Cha itu udah sakit makanya Cha gak bisa jawab waktu itu. Haris itu pria yang baik, pasti ada banyak cewek yang lebih baik dari Cha mau sama Haris. Haris baik-baik ya. Mungkin kita gak akan bertemu. Cha bahagia disini. Salam: Richa.

Mungkin saat aku pergi dan setelah aku pergi surat itu sudah sampai di tangan mereka. Mudah-mudahan mereka dapat menerima kepergianku. Cha sayang mereka semua.

Cerpen Karangan: Ribka Sepatia
Facebook: Ribka Sepatia
Nama: Ribka Sepatia
Alamat: Berastagi

Cerpen Penyakit Ini Akhir Hidupku merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

WhatsApp


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


Magic Book

Oleh:
Randi adalah anak SMP biasa yang tinggal bersama ibu dan kakak perempuannya, sedangkan ayahnya sudah tidak ada sejak dia berumur tujuh tahun. Sejak saat itu ibunya menjadi ibu sekaligus

Petani yang Setia

Oleh:
Angin sejuk berhembus melewati celah jendela kamar sore itu. Sang fajar sudah siap untuk menutup hari lelah itu, begitu banyak yang telah kulewati hari ini, lalu kuingat kembali apa

Karir

Oleh:
Namaku ayu, manusia normal seperti perempuan pada umumnya, suka ngrumpi, mencari banyak kenalan, hangout saat sepi kerjaan, rutin setiap hari update story whatsapp, masak dan bersih-bersih sudah menjadi hobiku

Laki Laki Pemilih

Oleh:
Aku terus memandangi laki-laki yang tak pernah kutemui sebelumnya itu, tak ingin melepas pandangan kemana dia pergi. Laki-laki tampan dan menawarkan pesonanya kepada setiap perempuan. Tubuhnya yang tinggi membuatku

Tanggal 19

Oleh:
Aku perempuan bernama Diana berumur 19 tahun. Aku kuliah di universitas gajah mada dengan fakultas kedokteran. Aku mempunyai teman laki yang bernama Rajek, aku memanggilnya Jek. Kami menjalin persahabatan

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

One response to “Penyakit Ini Akhir Hidupku”

  1. sinta says:

    Apa tema dri cerpen ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *