Kancil Yang Baik Hati

Cerpen Karangan:
Kategori: Cerpen Anak, Cerpen Fabel (Hewan)
Lolos moderasi pada: 31 May 2017

Pada suatu siang hari yang panas. Di sebuah hutan yang sangat rindang. Ada seekor kancil yang sedang berjalan di tepi sungai. Pada saat itu kancil sedang mencari makan. Di tengah perjalanan kancil mendengar teriakan. Si kancil berkata “siapa yang berteriak minta tolong?”. Mendengar suara teriakan itu, kemudian kancil mencari di mana asal suara itu.

Kemudian kancil melihat ada seekor rusa yang badannya tertusuk kayu. Lalu si kancil pun menghampiri rusa tersebut. Dan si rusa pun berkata “Kancil tolonglah aku, tolong aku untuk mencabut kayu yang menusuk di tubuhku ini!”.
Kancil kebingungan bagaimana caranya untuk bisa mencabut kayu yang menusuk di tubuh si rusa.
“Tenanglah rusa aku akan menolongmu sebisaku”. Jawab kancil.

Beberapa jam kemudian. Tetapi kancil belum bias mencabut kayu itu dari tubuh rusa. Dan si rusa pun sudah terbaring lemah tak berdaya menahan rasa sakit yang ia rasakan.
“Bagaimana ini kancil aku sudah tidak kuat lagi menahan rasa sakit ini?”. Kata rusa
“Sabar rusa aku sedang berusaha sebisaku untuk menolongmu”. Jawab kancil
Dan si kancil pergi meninggalkan rusa untuk mencari bantuan binatang lain.

Kancil sudah mengelilingi hutan tetapi tidak ada satu pun binatang lain. Lalu si kancil kembali ke tempat rusa berada dengan tubuh lelah dan lemas.
“Bagaimana ini rusa aku sudah mencari bantuan tapi tidak ada satu pun binatang lain yang berkeliaran di hutan ini?”. Kata si kancil dengan wajah sedih
“Lalu lalu aku harus bagaimana kancil aku sudah tidak kuat lagi rasanya sakit sekali”. Saut si rusa dengan wajah kesakitan
“Tenanglah rusa aku akan mencoba lagi sekuat tenagaku untuk membantumu”.
Kemudian si kancil mencoba lagi untuk mencabut kayu yang menusuk di tubuh rusa. Kancil dengan sekuat tenaganya untuk bisa mencabut kayu itu hingga kancil kelelahan.

Dan si kancil berhasil mencabut kayu yang menusuk di tubuh rusa tersebut. Setelah berhasil mencabut si kancil pun mengobati luka di tubuh si rusa, dan setelah mengobati luka si rusa, kemudian rusa berterima kasih kepada si kancil.
“Terima kasih kancil kau sudah berusaha untuk menolongku hingga kau kelelahan, kau sangat berjasa kepadaku kancil”. Ucap si rusa
“Sama-sama rusa aku senang bias menolongmu karena kau adalah temanku”. Kata si kancil
“tanpa kau aku tidak tahu lagi kancil mungkin aku sudah tiada, sungguh kau baik hati kancil”. Ucap si rusa dengan penuh berterima kasih

Akhirnya si kancil pun mengantarkan si rusa pulang ke rumahnya. Setelah sampai mengantar si rusa pulang kemudian si kancil berpamitan kepada si rusa.
“Aku pulang dulu ya rusa”. Kata si rusa
“Iya kancil, sekali lagi terima kasih atas bantuanmu kancil”. Jawab rusa
“Iya rusa”.
Dan kancil berjalan menuju pulang ke rumahnya.

Cerpen Karangan: Khofifah Aisyah Nurandita
SMP NEGERI 1 PURI

Cerpen Kancil Yang Baik Hati merupakan cerita pendek karangan , kamu dapat mengunjungi halaman khusus penulisnya untuk membaca cerpen cerpen terbaru buatannya.

"Kamu suka cerpen ini?, Share donk ke temanmu!"

WhatsApp


" Baca Juga Cerpen Lainnya! "


The Little Author

Oleh:
Pada suatu hari… Ada seorang gadis cilik yang berusia sekitar delapan tahunan. Ia sangat kreatif dalam melakukan sesuatu. Dan Ia juga pernah ikut lomba mengarang cerpen tingkat umum. Ia

Pak Moo

Oleh:
Pak Moo, si sapi, benar-benar gundah. Tanaman di kebun mulai mengering. Warnanya coklat kusam. Hari ini hujan belum juga turun. Sementara, sungai telah kering. Tidak ada air yang tersisa!

Perpustakaan Ku

Oleh:
Siang itu, Rina sedang berjalan sambil melihat bangunan perpustakaan sekolahnya yang belum jadi. Ia sangat mengharapkan perpustakaan sekolahnya itu segera dibuka agar ia dapat membaca banyak buku di sana.

Dikejar Anjing

Oleh:
Saat itu, aku sedang menginap di rumah kakek dan nenekku di desa. Oh iya, perkenalkan, namaku Tino Anugrah dan biasa dipanggil Tino. Aku ini anak yang lumayan jahil dan

Dunia Mimpi

Oleh:
Waktu itu, ada seorang anak yang selalu berani akan segala hal. Dia bernama jono, dia senang sekali semua hal. Dia pun bermimpi bahwa dia menemui kakek misterius. Kakek misterius

“Hai!, Apa Kamu Suka Bikin Cerpen Juga?”
"Kalau iya... jangan lupa buat mengirim cerpen cerpen hasil karyamu ke kita ya!, melalui halaman yang sudah kita sediakan di sini. Puluhan ribu penulis cerpen dari seluruh Indonesia sudah ikut meramaikan cerpenmu.com loh, bagaimana dengan kamu?"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *